Tuduh Ijazah Jokowi Palsu, Ternyata Dr Tifa Tidak Lulus Doktor

Sosok dokter Tifa

Perempuan bernama dokter Tifa kembali menjadi sorotan atas tuduhannya bahwa ijazah sarjana Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah palsu. Ternyata Tifa sendiri tidak lulus doktor. 

Untuk menampik tuduhan dari pemilik nama asli Tifauzia Tyassuma itu, Universitas Gajah Mada (UGM) sampai melakukan konferensi pers dan menyatakan kalau ijazah Jokowi adalah asli, pada Selasa, 11 Oktober 2022.

“Atas data dan informasi yang kami miliki dan yang terdokumentasi dengan baik kami meyakini keaslian ijazah sarjana S1 Insinyur Joko Widodo. Yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada,” kata Rektor UGM Ova Emilia.

Meskipun begitu, dokter Tifa dan beberapa netizen menyatakan kalau pernyataan Ova selaku pihak UGM tersebut bukan menjadi bukti kuat keaslian ijazah Jokowi.

Baca Juga: Amien Rais Curiga Operasi Intelijen Poles Jokowi dari Tukang Kayu Jadi Presiden, Netizen: Ga Capek Urus Politik?

Oleh karena itu, dokter ahli epidemologi, aktivis sosial, dan lulusan doktor filsafat itu mengusulkan agar pihak UGM bisa hadir pada persidangan gugatan dugaan ijazah palsu Presiden Joko Widodo yang akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2022.

“Usul saya lebih baik Rektor UGM hadir di Persidangan saja tgl 18 Oktober 2022. Karena press release, video, atau apapun bukan bukti yg cukup utk menunjukkan keabsahan suatu materi hukum,” ujar dr Tifa lewat akun Twitter, Selasa, 11 Oktober 2022.

Baca Juga: Dukung Dr Tifa, Amien Rais Pamer Ijazah Asli, Netizen: Siapa yang Nanya?

Menurut Tifa, usulnya itu bisa membuat kasus itu segera selesai, sehingga tidak menjadi kontroversi di masyarakat.

Sebelumnya, tuduhan Jokowi menggunakan ijazah palsu saat mendaftarkan diri dalam Pilpres (pemilihan presiden) 2019 digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. 

Pihak yang melayangkan gugatan itu adalah Bambang Tri Mulyono. 

Selain Jokowi, pihak lain yang digugat adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU); Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR); dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti). 

Baca Juga: Dokter Tifa Punya Daya Benci Besar, Netizen: Energi Negatif

Dr Tifa Ternyata Tidak Lulus Doktor

Dokter Tifa yang mengaku lulus kedokteran dari UGM dan lulus doktor filsafat dari STF (Sekolah Tinggi Filsafat) Driyarkara, ternyata tidak pernah mendapat gelar doktor dari STF tersebut.

Cuitan Dokter Tifa Tidak Lulus Doktor


Hal itu disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni STF Driyarkara (IKAD) Prastowo Yustinus.Prastowo menyatakan fakta itu lewat cuitan di Twitter:

'Saya sebagai Ketua Ikatan Alumni STF Driyarkara (IKAD) meneruskan pengumuman pengurus STF Driyarkara. Saudari @DokterTifa bukan lulusan Program Doktor STF Driyarkara sebagaimana diberitakan beberapa media. Ybs pernah ikut Program Matrikulasi dan tidak selesai. Tks.'

Hingga artikel ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari Tifa atas cuitan dari pihak STF Driyarkara tersebut.[Benhil]

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Dr Tifa Bebas Bicara

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form