Dukung Dr Tifa, Amien Rais Pamer Ijazah Asli, Netizen: Siapa yang Nanya?

Amien Rais Pamer Ijazah

Belum kelar dr Tifa menuduh Ijazah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) palsu, Mantan Ketua MPR Amien Rais memberi dukungan pada Tifa dengan memamerkan ijazah-nya dari SD hingga S3. Netizen berkomentar, siapa yang nanya?  

Amien Rais meminta Jokowi agar bisa hadir pada sidang perkara gugatan ijazah palsu itu di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan membawa ijazah aslinya. Dia mencontohkan dengan memamerkan ijazah-ijazah-nya. 

"Jadi ini misalnya Pak Jokowi, ada orang menuduh Amien Rais ternyata ijazah SD, SMP, SMA-nya itu palsu, maka saya tinggal menunjukkan di pengadilan. Saya akan datang kemudian tunjukkan 'ini loh ijazah saya': SD Muhammadiyah, ini SMP Muhammadiyah dan SMP Negeri ini resmi di samping itu ijazah Muhammadiyah. Kemudian ijazah SMA Negeri di samping ijazah sekolah Muhammadiyah. Jadi SD 17 Juli 1956, SMP 14 Juli 1959, SMA 10 Juli 1962 dan S1 UGM ya itu saya lulus S1 pada tanggal 25 April 1968, ini resmi: asli ya! pakai asli!" ujar pria berusia 78 tahun itu.

Amien melanjutkan keterangannya dengan ijazah-nya dari luar negeri.

"Setelah itu saya mengambil S2 dan mendapatkan Master of Arts (MA) dari University of Notre Dame pada 10 Januari 1974, tanpa foto memang, di Amerika tidak ada foto setiap ijazah hanya nama tanggal lahir dan sertifikasi yang autentik. Kemudian saya punya PhD degree (tingkat S3 program Doktoral-red) yaitu dari University of Chicago ini tanggal 20 Maret 1981. Jadi kalau saya dituduh macam-macam misalnya saya datang ke pengadilan 'ini loh'. Sehingga yang menuduh saya akan mati kutu," ujarnya.

Cara Amien Rais tersebut sontak memancing banyak komentar dari netizen yang umumnya bernada seragam.

Seorang influencer media sosial (medsos) berpengaruh membuat dialog yang menggelitik. 

Amin: "Ini ijazah saya dari SD hingga S3 di Chicago. Ini resmi ya! Asli ya!"

Paijo: "Ini siapa ya?"

Amin: "Ini ijazah saya, asli!"

Paijo: "Maksud saya siapa yg nanya?"

Beberapa netizen menanggapi dialog tersebut.

'S3... Tapi bisa d tipu Sarumpaet oplas,' komentar dari seorang warganet.

'Kata Gus Dur,,,, A+ aja sulit jadi presiden, apalagi A-', tulis yang lain.

Banyak juga yang menganggap kasus ijazah palsu ini konyol, karena sebelumnya, Jokowi telah menjabat sebagai walikota Solo 2 periode, Gubernur DKI Jakarta 1 periode, dan Presiden 2 periode. Jika ijazahnya bermasalah, pasti sudah ditolak saat mendaftar sebagai walikota. 

Jokowi Gelar Reuni Akrab

Jokowi Reunian


Guna menepis kontroversi ijazah palsu tersebut, Presiden Jokowi mengunggah foto reunian dengan kawan-kawan dan juga memamerkan foto-fotonya semasa wisuda sarjana (S1) di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja. 

Beberapa foto kenangan tersebut diunggah pada akun medsos resmi.

Jokowi Wisuda


"Di antara teman-teman kuliah semasa di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada," cuitannya sebagai caption pada Minggu, 16 Oktober 2022. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form