10 Jenis Daun Herbal Ini Bikin Burung Lovebird Sehat dan Gacor

Pakan Lovebird

Banyak orang yang belum mengetahui ternyata ada banyak jenis daun herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk burung peliharaan. Salah satunya untuk burung Lovebird.

Selain diberikan pakan umum berupa biji-bijian, burung Lovebird (Agapornis) juga membutuhkan daun herbal khusus untuk meningkatkan performa dan juga menjaga kesehatannya.

Tetapi perlu diketahui, tidak semua jenis daun herbal bisa diberikan untuk kesehatan burung yang memiliki nama ilmiah Agapornis ini. Hanya ada beberapa jenis daun yang bisa diberikan dan aman untuk burung ini.

Tanaman herbal ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan menjaga daya tahan serta bisa menjadi obat dari berbagai jenis penyakit yang menyerang burung yang delapan dari spesies asli berasal dari Benua Afrika, dan satu spesies burung cinta kepala abu-abu berasal dari Kepulauan Madagaskar.

Berikut ini 10 jenis daun herbal yang bermanfaat untuk burung Lovebird yang dilansir dari kanal YouTube @Majalah Lovebird


1. Daun Pepaya (Carica papaya L)

Kandungan nutrisi berupa vitamin A, B,C, protein, kalori, karosida, dan kalsium yang terkandung di selembar daun pepaya muda, membuatnya menjadi salah satu daun herbal yang sangat bermanfaat tidak saja bagi manusia tetapi juga untuk berbagai jenis hewan termasuk Lovebird.

Daun pepaya bisa meningkatkan nafsu makan, mengobati Tetelodan dan cacingan pada burung Lovebird.

2. Daun Salam (Syzygium Polyanthum)

Daun yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap dalam berbagai masakan ini ternyata memiliki khasiat kesehatan untuk Lovebird.

Rebusan air daun salam dapat membersihkan paru-paru dari berbagai macam radikal bebas. Hal ini bermanfaat untuk memperlancar pernafasan Lovebird dan membuat burung ini menjadi gacor dan bunyi yang panjang.

Baca juga: Daftar 10 Burung Termahal di Dunia Bikin Tajir Pemiliknya

3. Daun Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Selain buahnya, daun mengkudu terbukti aman dan berkhasiat untuk asupan gizi untuk burung Lovebird.

Dalam sebuah penelitian, daun ini mengandung senyawa kimia berupa Alkaloid, Antrakuinon, Flafanoid, Saponin, dan Terpenoid yang berperan sebagai anti bakteri pencegah macam-macam jenis penyakit.

4. Daun Binahong (Anredera Cordifolia)

Daun Binahong ternyata mampu mendongkrak suara dari berbagai jenis burung kicau termasuk Lovebird.

Daun Binahong sering diberikan untuk kepada burung Lovebird dewasa agar cepat gacor dan berkicau panjang.

Caranya, rebus beberapa lembar daun binahong selanjutnya air hasil rebusanya diberikan kepada burung Lovebird selama masa terapi. 

Selain itu daun binahong juga dapat diberikan secara langsung sebagai makanan tambahan kepada Lovebird.

5. Daun Krokot (Portulaca)

Tanaman yang biasa tumbuh di lapangan dan tanah berpasir ini ternyata memiliki khasiat untuk burung Lovebird.

Jika Anda berniat mengikuti suatu lomba atau kontes kicau burung, ramuan khusus dari daun krokot bisa membuat performa burung Anda bisa maksimal.

Tidak hanya itu, daun krokot juga bisa membuat suara burung Lovebird keras dan jernih.

Baca juga: Lima Makanan Ini Bikin Burung Jalak Hitam Cepat Gacor

Anda bisa memberikan daun krokot ini secara langsung sebagai makanan atau bisa juga dengan cara fermentasi yaitu daun krokot dikeringkan di bawah sinar matahari lalu diblender hingga menjadi tepung kemudian diberika sebagai makanan Lovebird Anda.

6. Daun Parsley/Peterseli (Petroselinum Crispum) 

Sekilas, daun Parsley ini mirip dengan daun seledri, namun bentuknya agak berbeda. Manfaat atau khasiat dari daun parsley sangat banyak terlebih lagi untuk burung Lovebird dalam masa produksi atau proses kawin.

Jadi tak heran daun ini sering digunakan oleh peternak Lovebird kebanyakan. Daun parsley mengandung zat racun yang konon berbahaya untuk burung. 

Meski begitu zat racun yang terkandung di daun parsley hanya sedikit. Jadi apabila diberikan dalam jumlah yang sesuai tidak akan berpengaruh terhadap burung Lovebird.

7. Daun Dewa (Gynura Divaricata)

Daun dewa terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit manusia seperti kanker, stroke, diabetes, rematik, masalah jantung, hipertensi dan lain-lain.

Pada kenyataannya selain bermanfaat untuk manusia nyatanya daun dewa juga mempunyai khasiat untuk burung Lovebird.

Manfaat daun dewa untuk burung Lovebird antara lain meningkatkan stamina burung dan membuat burung tersebut akan lebih aktif berkicau.

Selain itu, daun dewa juga dapat memaksimalkan volume suara Lovebird, anti stres, anti peradangan, mempercantik bulu dan masih banyak lagi.

8. Daun Kemangi (Ocimum Basilicum)

Daun yang sering dijadikan lalapan ini ternyata berkhasiat untuk mengatasi beragam masalah burung Lovebird seperti mengatasi over birahi, menyembuhkan masuk angin, dan membantu indukan lovebird yang kurang produktif bertelur.

Daun kemangi juga dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan kaki burung Lovebird yang terluka atau bengkak. Caranya adalah dengan menghaluskan daun kemangi setelah itu tempelkan ke kaki Lovebird yang sakit atau bengkak.

9. Daun Sirih (Piper Betle)

Daun sirih di kalangan penghobi burung terkenal bisa menyembuhkan penyakit mata atau snot yang sering menyerang burung Lovebird.

Ramuan daun sirih Ini sudah diwariskan turun-temurun dan terbukti efektif dapat menyembuhkan penyakit snot pada Lovebird. Terdapat manfaat lain seperti pembasmi kutu, mencegah infeksi pada luka hingga membersihkan bakteri pada kandang Lovebird.

10. Daun Ginseng (Talinum Paniculatum Gaertn)

Salah satu jenis daun yang jarang diketahui memiliki khasiat untuk burung Lovebird adalah daun ginseng. Asupan pakan ginseng khususnya jenis ginseng Jawa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh lovebird.

Tak hanya itu saja, daun ginseng Jawa ini juga berguna untuk memancing birahi dan mengeraskan volume kicauan burung Lovebird. Cara pemberianbya bisa dilakukan dengan merebus daun ginseng Jawa lalu air rebusannya diberikan pada waktu peliharaan Anda. [Benhil Online]

 

Previous Post Next Post

Contact Form