Tak Lagi Wajib Berhijab, Wanita Saudi Demam Gaya Rambut Demi Moore


Pemerintah Aran Saudi mencabut aturan wajib memakai hijab bagi kaum perempuan. Aturan tersebut disambut kaum hawa di sana dengan memotong pendek rambut mereka model Demi Moore.

 

Arab Saudi tidak lagi mewajibkan berhijab bagi para wanita. Aturan itu tentu saja cukup mengagetkan dunia karena negara ini dikenal memiliki aturan sangat ketat bagi kaum wanita sejak dulu.

 

Dilansir dari situs berita Newsdeliver, pencabutan aturan tersebut diambil setelah pihak pemerintah melakukan beberapa kali diskusi. Justru putra mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS) memberi dukungan penuh pada pencabutan aturan wajib hijab itu.


Baca Juga: Kisah Indiana Jones Labrak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

 

Tentu saja dukungan dari MBS itu menjadi salah satu dukungan terbesar sehingga menjadikan aturan baru tersebut resmi dijalankan. Oleh sebab itu, mulai saat ini, para wanita di Arab Saudi sudah bisa memakai pakaian model apa saja yang mereka sukai.

 

Dampak dari aturan itu menjadikan hampir semua wanita di sana tampil dengan tidak mengenakan hijab, baik untuk tampil di masyarakat umum atau untuk keperluan bekerja. Kelonggaran itu juga memberi kesempatan besar bagi wanita di sana untuk meraih lapangan kerja secara lebih luas.

 

Ketersediaan lebih banyak lapangan kerja sebagai dampak pelonggaran berhijab itu disambut dengan sangat gembira para wanita di sana. Itu memberikan semangat hidup baru baik saat ini dan masa yang akan datang.

 

Selain itu, para perempuan Arab Saudi juga merasakan kebebasan dari gaya berpakaian sangat kaku yang sejatinya diperuntukan bagi kaum mereka saja dan juga mengekang di perusahaan. Ditambah lagi, kini gaya potongan rambut wanita Saudi juga tidak diatur dan dibebaskan oleh banyak perusahaan.

 

Para wanita di sana mendatangi salon-salon untuk memangkas rambut mereka dengan model yang sederhana atau model lebih pendek. Banyak salon di ibu kota, Riyadh yang tiba-tiba menjadi sangat sibuk karena antusiasme yang ingin potong rambut.

 

Baca Juga: Serba Serbi Top Gun Maverick Hoki Tom Cruise 


Salah satu wanita karier di Riyadh bernama Sifa mengaku kalau dirinya ingin memotong rambutnya dengan model baru paska aturan berhijab itu ditiadakan.

 

"Saya memutuskan untuk memotong rambut. Saya memotong dengan model pendek dan ternyata banyak [wanita] yang juga melakukannya," ujar Sifa.

 

 

Tingginya pemintaan para wanita di sana untuk berganti model rambut membuat peningkatan konsumen salon hampir 5 kali lipat dalam sehari.

 

"Biasanya hanya ada delapan orang. Kini satu hari, kami bisa melayani 30 wanita untuk potong rambut dengan model pendek," kata salah satu pemilik salon.

 

Model Demi Moore

Potong rambut model pendek yang digandrungi para wanita Arab itu langsung mengingatkan dengan gaya rambut trend pada tahun 1990’an.

 

“Gaya rambut mereka [wanita Arab Saudi] mirip dengan Demi Moore. Keren,” ucap Teguh (47 tahun) pria asal Semarang yang bekerja di Jakarta Timur.

 

Bintang Hollywood Demi Moore memakai gaya potongan rambut pendek saat berperan di film Ghost (1990). Kesuksesan film drama romantis tentang hantu pria yang mencoba kembali ke kekasihnya itu diikuti dengan demam gaya rambut pendek seperti pemeran cewek di film itu. Tidak tanggung-tanggung, demam gaya rambut itu menjalar pada banyak wanita di seluruh dunia.

 

“Bisa jadi demam rambut pendek di Arab Saudi itu akan menjalar ke seluruh dunia, termasuk di sini,” kata Teguh sembari tersenyum. [Benhil]


Baca Juga: Lagu dan Musik Paling Bikin Sedih di Dunia

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form