Kisah Indiana Jones Labrak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Harrison Ford

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mendadak sering diperbincangkan setelah terpilih menjadi Menteri Perdagangan. Tak pelak, video tahun 2013 yang menampilkan aktor Harrison Ford tengah melabrak Zulkifli Hasan juga kembali viral.

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangkat pria yang akrab disapa Zulhas itu sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi dalam reshuffle kabinet pada Rabu, 15 Juni 2022. Pengangkatan itu menuai pro dan kontra di masyarakat.

 

Yang kontra dengan pengangkatan itu mengingatkan ketidakmampuan Zulhas mengemban tugas dengan video tahun 2013. Dalam video tersebut, tampak aktor yang terkenal lewat perannya sebagai jagoan Indiana Jones itu datang dan marah pada Zulhas.


Baca Juga: Energi Negatif Nyinyir Roy Suryo

 

 

Kemarahan Harrison Ford yang juga seorang aktivis lingkungan hidup itu merupakan adegan film dokumenter “Years of Leaving Dangerously”. Zulhas yang saat itu menjadi Menteri Kehutanan pada Kabinet Indonesia Bersatu II SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) menjadi narasumber di film itu.

 

Kemarahan Harrison Ford pada Zulhas sebenarnya sudah viral di media sosial sembilan bulan sebelum film tersebut rilis, yaitu pada September 2013. Baru pada Juni 2014, keseluruhan isi cerita dalam video berjudul “This is what happens when Harrison Ford meet Indonesian Minister of Forestry” itu baru terungkap.

 

Video dengan durasi 4 menit 5 detik, diawali dengan adegan kerusakan Taman Nasional Tesso Nilo di Riau. Aktor Hollywood itu melihat sendiri kerusakan itu dari helikopter. Sebagian dari taman nasional seluas 38,5 ribu hektare itu tampak gundul. Respon Ford saat itu sangat geram. Dia mengatakan ingin bertemu pihak pemerintah Indonesia.

 

“Saya tidak sabar bertemu Menteri Kehutanan. Saya tidak sabar,” ujar Ford dengan gaya khasnya menahan amarah seperti di film-film terkenalnya, seperti Star Wars, The Fugitive, Air Force One, dan tentu saja Indiana Jones.

 

Harrison Ford kemudian bertemu Menteri Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Kehutanan di Jakarta. Aktor yang mendapat nominasi Oscar lewat film Witness itu membuka percakapan dengan berterima kasih kepada Zulhas karena bersedia meluangkan waktunya.

 

Ford menyatakan, dalam 15 tahun terakhir sekitar 80 persen hutan tereksploitasi.

 

“Paling banyak [kerusakan hutan itu] di Indonesia. Ada dua kekuatan di antara bisnis dan politik di negara ini,” ujarnya menceritakan narasi saat wawancara.

 

Baca Juga: Potensi Formula E Jadi Ajang Promo 2024

 

Emosi Ford naik saat menceritakan pengalamannya mengunjungi Tesso Nilo di Riau. Mendengar, penjelasan Ford, Zulkifli Hasan justru tertawa. Hal ini yang memicu Ford menjadi tambah emosional. Dengan wajah tegang, aktor berusia 79 tahun itu mengatakan, “Ini tidak lucu.” Ford lalu melanjutkan, hanya 18 persen kawasan hutan nasional yang tersisa. “Kami melihat hutan terbakar, jalur penebangan liar, pohon yang ditebang, sungguh menghancurkan. Sangat menyayat hati,” ujarnya.

 

 

Zulhas menjelaskan, pihak Kementrian Kehutanan setiap hari berusaha keras menyelesaikan persoalan tersebut. “Kita sedang surplus demografi. Kami berprogram untuk memindahkan mereka dengan mencari lahan pengganti,” ujarnya.

 

Tak puas dengan komentar Zulkifli, Ford bertanya dengan nada geram. “Berarti, Anda siap kalah dalam pertarungan?” ucapnya. Zulhas menjawabnya dengan singkat, “Ya.”

 

Mendengar jawaban kurang memuaskan itu membuat Ford tidak bisa berlama-lama. Dia langsung merapikan berkas dan meninggalkan ruangan.

 

Setelah wawancara, Zulkifli Hasan sendiri mengklarifikasi kalau Harrison Ford memang sempat terlihat emosi dalam menyikapi kondisi hutan Indonesia. Ford, kata pria kelahiran Lampung itu, meminta pemerintah harus lebih tegas dalam menindak pelaku perusakan hutan.

 

Meskipun begitu, Zulhas menyatakan, kemarahan Ford masih dalam batas wajar. “Ini bukan wawancara seperti biasa, tapi buat film. Saya tidak terlatih akting. Dia emosinya tinggi. Saya kagok juga didandani macam-macam,” ujarnya kala itu.

 

Indiana Jones 5

Harrison Ford saat ini tengah sibuk paskaproduksi dari film sukses yang melambungkan namanya, yakni Indiana Jones ke-5. Film itu lahir dari duo sutradara jenius, Steven Spielberg dan George Lucas setelah ide Spielberg ditolak oleh produser film James Bond.

 

Indiana Jones terbaru akan rilis tahun depan. Meski sudah tergolong gaek, Ford masih dipercaya memerankan jagoan yang bersenjata cambuk itu. Sedangkan Spielberg yang telah menyutradarai 4 film sebelumnya, mempercayakan seri ke-5 itu pada sutradara James Mangold untuk membesutnya.

 

Keseluruhan film Indiana Jones telah meraup untung sebesar US$ 1,96 Miliar di seluruh dunia. [Benhil]


Baca Juga: Elon Musk Pilih Thailand, Indonesia Darurat Introspeksi

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form