3 Lagu dan Musik Paling Bikin Sedih di Dunia

Musik

Tahukah Anda, mendengarkan lagu atau musik akan menciptakan suasana hati kita. Berbagai jenis musik juga memberikan suasana beragam.

 

Musik berirama cepat akan membuat hari riang dan menambah semangat. Musik romantis menciptakan rasa sentimental. Musik berirama pelan dan menyayat hati akan membuat pendengarnya merasakan ikut merasakan kesedihan mendalam.

Baca Juga: Serba Serbi Top Gun Maverick Hoki Tom Cruise 


Ditambah dengan syair yang penuh perasaan, musik bisa menjadi alunan yang membuai siapa saja. Lagu bisa membentuk citra dan perasaan yang muncul pada ingatan masing-masing orang. Maka dari itu, sebuah lagu sangat berpengaruh pada keadaan psikologi manusia. Hal itu terjadi pada lagu Gloomy Sunday karya Rezso Seress yang sepertinya bisa mendorong seseorang untuk semakin depresi atau bahkan bunuh diri.

 

Khusus untuk lagu yang membuat sedih, berikut ini 3 lagu yang membuat pendengarnya terbawa suasana sendu, yaitu:

1. Tears in Heaven (Eric Clapton)



Lagu ini diciptakan oleh penyanyi dan gitaris kondang Eric Clapton untuk mengenang tragedi besar dalam hidupnya, yaitu saat putranya yang baru berusia 4 tahun, Conor Clapton tewas akibat terjatuh dari lantai 53 apartemennya. Kejadian yang terjadi pada tahun 20 Maret 1991 itu dituangkannya menjadi lagu Tears in Heaven.

 

2. Everybody Hurts (REM)



Lagu yang dibawakan oleh band REM di album Automatic for The People (1992) ini diciptakan oleh sang drummer, Bill Berry. Syair dan intronya yang begitu menyedihkan membuat lembaga bantuan untuk orang-orang yang ingin bunuh diri di Inggris, The Samaritans, menggunakannya sebagai iklan pada 1995. Pada sebuah jajak pendapat yang diselenggarakan saluran TV Inggris, Channel 5 pada tahun 2006, lagu Everybody Hurts terpilih di urutan ke-4 sebagai lagu favorit untuk yang sedang patah hati.


Baca Juga: Beberapa Musisi Beken Ini Nggak Bakal Manggung di Indonesia

 

3. You’re Gonna Break My Heart Tonight (Tom Oddel)

Lagu yang terdapat di album Jubilee Road (2018) ini menceritakan perasaan seseorang yang campur aduk saat mengetahui kekasihnya tidak ada perasaan lagi padanya.

 

Mendengarkan lagu sedih saat suasana hati sedang kurang baik memang membuat selaras, namun jangan terlalu berlebihan yang membuat kita melupakan sisi baik lain dari kehidupan.  

 

Musik Paling Bikin Sedih

Musik instrumental (tanpa syair) juga bisa membuat pendengarnya hanyut dalam iramanya, baik senang, romantis, atau sedih. Dilansir dari situs gaya hidup goodhousekeeping.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Durham, Inggris menghasilkan musik yang paling membuat sedih pendengarnya, yakni Discovery of The Camp.

 

Sebanyak 102 peserta jajak pendapat yang umurnya 18 hingga 67 tahun diminta untuk mendengarkan Discovery of The Camp sebelum menjawab kuesioner yang disodorkan oleh peneliti.

 

Para peserta jajak pendapat itu merasa sangat sedih saat mendengarkan alunan musik Discovery of The Camp. Menurut mereka instrumental itu menimbulkan rasa empati yang tinggi. Sedangkan bagi peserta jajak pendapat yang mengalami kesedihan biasa, mereka cenderung memiliki skor empati yang rendah.



 

Discovery of The Camp sendiri merupakan musik pengiring untuk film seri TV Band of Brothers. Film seri berkisah tentang para serdadu Amerika Serikat pada perang dunia ke-2 itu diproduseri oleh duo kampiun Hollywood, yakni sutradara Steven Spielberg dan aktor Tom Hanks. [Benhil]

Baca Juga: Batik Semarang Semakin Dikenal Karena Kelas Menengah

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form