Jakarta – Serangan nyamuk di rumah tentu sangat mengganggu aktivitas di rumah. Terlebih di masa pandemi ini, aktivitas di rumah jadi lebih banyak, artkel ini sajikan 9 jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk secara alami.
 
Nyamuk yang biasanya datang pada pagi dan sore hari tersebut menggigit dan meninggalkan rasa gatal di kulit sehingga sangat mengganggu sekali. Untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk biasanya banyak dari kita yang menggunakan losion anti nyamuk serta pengusir nyamuk jenis lainnya yang tidak alami.
 
Namun tahukah kamu? Ternyata terdapat beberapa tanaman yang mampu mengusir nyamuk di rumah, salah satu jenis hewan pembunuh manusia ini. Caranya kamu cukup menanamnya di depan rumah atau di sekitar rumahmu maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya. Berikut 9 (sembilan) jenis tanaman yang dapat menghalau nyamuk dengan menggunakan tumbuhan.
 
1. Peppermint
Tanaman peppermint ternyata ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini sangat bagus dalam mengusir nyamuk karena sebagian serangga termasuk nyamuk cenderung membenci dari bau serta rasa dari peppermint.
 
Dikutip dari leafyplace, sebuah penelitian menunjukan bahwa peppermint efektif dalam mengusir nyamuk, nyamuk pembawa malaria, serta dapat membunuh jentik.
 
Sementara itu, daun dari peppermint sendiri pun dapat digunakan sebagai obat saat kamu terkena gigitan serangga. Caranya kamu hanya perlu menggosoknya secara perlahan pada bekas gigitan serangga tersebut.
 
2. Tanaman Serai Wangi
Tanaman ini pun disebut juga sebagai tanaman nyamuk (mosquito plant) karena terkenal mampu mengusir nyamuk. Tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masak, serai juga biasanya digunakan sebagai bahan sabun cair, lilin aromaterapi dan losion anti nyamuk.
 
Tanaman serai ini memiliki aroma lemon dan sangat mudah untuk ditanam baik di pot maupun di tanah secara langsung. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter dan tumbuh dengan subur di tempat dengan sinar matahari yang baik. Kamu dapat meletakkannya di dekat pintu maupun jendela sehingga nyamuk tidak dapat masuk ke dalam rumah.
 
3. Rosemary
Rempah yang biasa digunakan dalam masakan ini memiliki tampilan yang cantik namun ternyata tanaman satu ini merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengusir nyamuk, tawon dan juga serangga lainnya.
 
Tanaman ini dapat tumbuh baik di dalam maupun di luar rumah. Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari rosemary kamu dapat menanamnya di dekat jendela, dekat pintu yang tidak hanya dapat menghias rumah namun juga dapat memberikan wewangian di rumahmu sekaligus mengusir nyamuk.
 
4. Kemangi
Selain digunakan dalam masakkan, kemangi pun dapat digunakan sebagai penangkal nyamuk. Tidak hanya mengusir namun juga dapat digunakan sebagai obat jika terkena gigitan nyamuk. Caranya kamu cukup menghancurkannya lalu dioleskan ke kulit yang terkena gigitan nyamuk.
 
5. Catnip
Tanaman yang satu ini sangat dibenci oleh nyamuk dan merupakan tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Kandungan catnip sendiri sebenarnya terkenal dapat membuat kucing lebih aktif.
 
Menurut penelitian dari The Lowa State University menunjukan bahwa minyak esensial catnip mengandung 10 kali lebih efektif dibandingkan obat Diethyl-meta-toluamide (DEET) sebagai pengusir serangga. DEET sendiri merupakan unsur kimia yang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.
 
6. Bawang Putih
Bawang putih memiliki aroma menyengat yang tidak disenangi oleh semua orang begitu juga nyamuk dan serangga lainnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih pun dapat mengusir nyamuk. Caranya kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit.
 
7. Geranium
Bunga yang satu ini terkenal karena warnanya yang indah serta cerah, tanaman ini pun dapat tumbuh baik di dalam maupun di luar ruangan. Aroma dari geranium dapat mengusir nyamuk karena terdapat kandungan di dalamnya seperti geraniol dan sitronelol.
 
8. Bunga Lavender
Tanaman ini pasti tidak asing ditemukan dalam kandungan lotion anti nyamuk yang biasa kamu gunakan. Bunga yang berasal dari Alpen, Swiss ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang aromanya dibenci oleh nyamuk.
 
9. Bunga Krisan
Bunga hias ini merupakan bunga favorit orang-orang karena memiliki bentuk serta warna yang indah juga aromanya yang disukai. Namun ternyata nyamuk tidak menyukai aromanya. Kamu dapat menanamnya di pekarangan rumah, tidak hanya memperindah namun juga mengusir nyamuk.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.