Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

 Bawang Putih


Bawang putih yang memiliki nama latin Allium sativum ternyata tidak hanya dipakai sebagai bumbu masakan. Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bawang putih adalah anggota keluarga bawang merah yang mengandung senyawa belerang kuat yang disebut allicin.  

Kandungan allicin di bawang putih ini menghasilkan antioksidan yang kuat dan memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. 

Tidak heran, bawang putih (Allium sativum) digunakan dalam berbagai macam produk, termasuk ekstrak, minyak, bubuk, dan bawang putih segar mentah atau dimasak.

Bawang putih atau Garlic juga populer untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan beberapa peneliti kanker telah memperhatikan bahan ini. 

Manfaat kesehatan dari minyak bawang putih akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang manfaat luar biasa dari bawang putih.

Pertanyaannya adalah: bisakah Anda makan bawang putih mentah? Bawang putih biasanya dimasak atau digunakan dalam bentuk bubuk. 

Dilansir dari Dr Health Benefits, bawang putih bisa juga dimakan mentah. Saat dikonsumsi mentah, ia memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih tajam sehingga dapat dikonsumsi dengan aman dan menjadi tambahan yang bagus untuk banyak hidangan.

Nah, berikut ini manfaat kesehatan dari makan bawang putih mentah yang harus Anda ketahui 

  • Meningkatkan Imunitas

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, juga membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi dan senyawa yang mengandung belerang yang disebut allicin.

Selain bawang putih, ada juga yoghurt yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh seperti yang dijabarkan dalam manfaat kesehatan yoghurt untuk sistem kekebalan tubuh .

  • Mengurangi Tekanan Darah

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, senyawa aktif dalam bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh hipertensi, seperti serangan jantung dan stroke.

Apakah Anda memiliki masalah dengan tekanan darah Anda? Teh jahe akan sangat cocok untuk Anda obati. Lihat lebih banyak manfaat kesehatan dari teh jahe untuk tekanan darah dan mulailah menyeduhnya untuk teh pagi Anda!

  • Meningkatkan Kinerja Fisik

Jika Anda sering mengalami kelelahan setelah bekerja, maka Anda bisa mengonsumsi bawang putih. Bawang putih dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja atletik serta kapasitas fisik. 

Pada zaman kuno, itu digunakan oleh buruh dan atlet Olimpiade di Yunani kuno untuk meningkatkan kinerja fisik mereka.

  • Detoksifikasi Logam Berat dalam Tubuh

Senyawa belerang dalam bawang putih, terutama bila dikonsumsi dalam dosis tinggi, telah terbukti dapat melawan toksisitas logam berat.

Ada beberapa cara lain untuk detoksifikasi tubuh Anda. Salah satunya dengan mengkonsumsi jus apel (Malus domestica) dan mentimun (Cucumis sativus). 

Anda dapat membaca beberapa manfaat kesehatan dari jus apel dan mentimun yang tidak hanya bagus untuk detoksifikasi, tetapi juga baik untuk kulit Anda!

  • Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah puasa dapat diturunkan dengan mengonsumsi bawang putih baik pada penderita diabetes maupun tanpa diabetes. 

Mengkonsumsi bawang putih mentah efektif pada pasien diabetes, terutama mereka yang mengkonsumsinya lebih dari 3 bulan.

Sifat anti-inflamasi dalam bawang putih membantu aliran darah lebih mudah ke seluruh tubuh. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tekanan darah partisipan diturunkan 10% ketika mereka mengonsumsi suplemen bawang putih.

Bayangkan itu! Itu pakai suplemen bawang putih, bagaimana kalau pakai bawang putih mentah? Manfaatnya harus lebih besar dari itu. Ambil sekitar 4 siung bawang putih sehari.

  • Mengurangi Tingkat Kolesterol

Tidak hanya kadar gula, bawang putih juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Akibatnya, itu juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Namun, menurunkan kadar kolesterol tidak bisa dilakukan hanya dengan mengonsumsi bawang putih. Anda juga butuh komitmen. Tidak instan karena butuh beberapa saat untuk merasakan manfaat bawang putih.

  • Melawan Pilek dan Flu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, faedah mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh diperkuat, maka tingkat keparahan dan lamanya gejala pilek dan flu dapat dikurangi. Bahkan jika 

Anda tidak suka mengonsumsi bawang putih mentah, Anda bisa menambahkannya ke dalam makanan Anda saat Anda merasa sedang pilek.

Jika Anda sedang flu, maka Anda juga harus membaca manfaat bawang bombay ini untuk gejala pilek dan flu . Anda dapat menggabungkannya dengan bawang putih juga!

  • Mempromosikan Tulang Lebih Kuat

Menambahkan dosis harian bawang putih sangat membantu untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis dan osteoartritis. 

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang karena meningkatkan estrogen pada wanita.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi bawang putih mentah bukanlah satu-satunya cara untuk memberikan dampak nyata pada kepadatan tulang. 

Anda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya juga, seperti produk susu, sayuran berdaun hijau, ikan dan kacang-kacangan. [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form