Jakarta – Kucing menjadi hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Perawatan dan perhatian diberikan oleh pemilik semaksimal mungkin untuk memastikan kucingnya dalam keadaan sehat.
 
Makanan yang dikonsumsi oleh kucing menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Terkadang tanpa memikirkan dampaknya, kita memberi apa yang kita makan kepada kucing sebagai sebuah hadiah. Padahal ternyata terdapat beberapa makanan yang dapat meracuni kucing lho. Seperti dilansir dari Hillspet, berikut ini merupakan makanan yang berbahaya atau beracun untuk kucing:
 
1. Cokelat
Dalam cokelat terdapat kandungan methylxanthines yang dapat menyebabkan kucing muntah, diare, suhu tubuh tinggi, tremor otot, detak jantung tidak normal, rasa tidak nyaman diperut, haus berlebihan, hingga kejang. Kandungan tersebut pun ditemukan di dalam minuman berkafein untuk itu pastikan kucingmu tidak mengkonsumsi hal tersebut. Perlu diingat, coklat yang pekat lebih berbahaya daripada susu ataupun coklat putih.
 
2. Susu
Meski kucing menyukai susu namun bukan berarti hal tersebut baik untuk tubuhnya. Kandungan laktosa yang ada dalam susu akan sulit dicerna oleh kucing dan dapat menyebabkan sakit perut maupun diare.
 
Sebenarnya kucing sendiri terkena laktosa saat meminum susu ibunya saat masih kecil selama beberapa minggu namun sistem pencernaannya sering kali tidak siap untuk menangani pelepasan laktosa. Maka dari itu, meskipun beberapa kucing tidak mengalami apa-apa ketika meminum susu kucing disarankan untuk tidak minum minuman lain selain susu ibunya karena kemungkinan adanya masalah pencernaan.
 
3. Bawang
Bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah kucing Anda sehingga dapat menyebabkan anemia. Makanan ini biasanya beracun saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Gejalanya yang muncul yakni lesu, lemas, nafsu makan berkurang, gusi pucat, urin berwarna jingga hingga merah tua. Jika menemukan gejala tersebut segera bawa ke dokter.
 
4. Telur dan Daging Mentah
Konsumsi telur ataupun daging mentah tentunya dapat meracuni kucing karena terkandung bakteri salmonella atau E.coli yang sama berbahayanya pada tubuh manusia. Gejala sakit yang muncul beragam biasanya muntah, diare dan kelesuan. Pastikan untuk selalu menjauhkan makanan mentah dari kucing, selain itu telur mentah pun memiliki kandungan enzim yang dapat menimbulkan masalah pada kulit dan bulu kucing.
 
5. Tulang Mentah
Mengkonsumsi tulang mentah juga sangatlah berbahaya untuk kucing karena selain dapat tersedak, merusak gigi, namun juga dapat melukai saluran pencernaan kucing.
 
6. Alkohol dan Adonan Mentah
Makanan ataupun minuman yang mengandung alkohol dapat berbahaya bagi kucing, jika tertelan dapat menyebabkan muntah, diare, tremor, disorientasi, kesulitan bernafas, koma, bahkan hingga kematian
 
Selain itu, jauhkan juga dari mengonsumsi adonan mentah karena dapat menyebabkan perut kembung atau adanya gas di perut. Jika terdapat gejala segera bawa kucing ke dokter hewan. Artikel menarik tentang kucing dapat juga dibaca di Tagar, situs berita online nasional, sila klik gambar di atas menuju ke sana.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.