Jakarta – Susu sapi merupakan salah satu minuman yang memiliki nutrisi tinggi, itu mengapa terdapat orang yang rutin mengonsumsi susu sapi setiap harinya guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Kandungannya yang kaya akan protein tinggi, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, hingga vitamin B tentunya sangat baik dikonsumsi tubuh. Namun, ternyata ada sebagian orang yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi.

Bagi orang yang vegan atau tidak mengonsumsi sama sekali produk hewani, tidak dapat mentolerir laktosa, atau bahkan diet tentu akan menghindari susu. Sebagai penggantinya mereka mengonsumsi olahan yang sepintas terlihat seperti susu namun berbahan dasar seperti kacang, biji-bijian, atau berbahan dasar tumbuhan. Dari ragam bahan nabati tersebut, berikut minuman pengganti susu sapi yang dikutip dari hellogiggles dan dapat kamu buat sendiri di rumah:

1. Susu Kacang Kedelai
Susu yang satu ini kerap menjadi alternatif utama dan sudah populer di masyarakat yang menghindari konsumsi susu sapi. Terbuat dari biji kacang kedelai asli, kandungan nutrisi pada susu kacang kedelai ternyata hampir sama dengan susu sapi bahkan memiliki kelebihan dalam segi kesehatan.

Karena berbahan dasar nabati, susu kacang kedelai mengandung bebas kolestrol dan rendah lemak jenuh. Kelebihannya, susu ini kaya akan protein dan mengandung separuh kalori, lemak, dan karbohidrat yang ada pada susu sapi. Dikatakan pula, susu kacang kedelai memiliki kandungan kalori lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengganti susu lainnya yakni sebesar 80 kalori per gelasnya.

Cara membuatnya mudah, seperti dikutip dari kompas.com berikut bahan dan cara membuat susu kacang kedelai.

Bahan:
300 gram kacang kedelai, 100 gram gula pasir (opsional), 1 ruas jahe, 2 lembar daun pandang yang diikat
2 liter air, Sedikit garam

Cara membuat:
-    Rendam kacang kedelai ke dalam air semalaman
-    Remas-remas kacang kedelai hingga kulitnya terlepas lalu buang kulitnya
-    Rebus kacang kedelai selama 20 menit
-    Tiriskan dan blender menggunakan dua liter air
-    Saring menggunakan saringan halus atau dapat menggunakan kain
-    Masak sari kedelai yang telah disaring bersama gula, jahe, daun pandan, dan garam
-    Aduk secara berkala pastikan tidak gosong
-    Susu kacang kedelai siap dikonsumsi

Simpan susu kedelai dalam wadah yang kedap udara di lemari pendingin dan dapat bertahan selama dua hari, pastikan jangan letakkan di dalam freezer karena dapat mengubah rasa serta menyebabkan susu kedelai pecah.

2. Susu Almond
Susu almond selain memiliki rasa enak juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Meskipun almond mentah memiliki kalori serta lemak yang tinggi namun setelah diblender hanya sedikit yang tersisa.

Satu gelas susu almond tanpa gula mengandung 30-50 kalori, 1-2 gram karbohidrat, dan 28% dari asupan kalsium harian yang disarankan. Lebih lagi, susu almond mengandung vitamin E dan D serta mengandung rendah sodium. Sehingga susu almond menjadi salah satu alternatif susu yang paling menyehatkan.

Seperti dikutip dari Sehatq berikut cara mengolah susu almond sendiri di rumah:

Bahan: 280 gram almond, 1 liter air,1 sendok teh ekstrak vanilla

Cara membuat:

  • Rendam 280 gram almond semalaman
  • Tiriskan lalu blender dengan menggunakan 1 liter air dan ekstrak vanilla
  • Blender selama 1-2 menit hingga halus
  • Saring atau pisahkan susu almond dengan ampasnya
  • Pindahkan kedalam botol tertutup rapat
  • Susu almond siap dikonsumsi

Susu almond ini dapat tahan di dalam lemari pendingin selama 4-5 hari, kamu dapat mengonsumsinya secara langsung, dicampur dengan sereal, atau pun dicampur dengan kopi atau teh kesukaanmu.

3. Susu Kacang Mete
Susu kacang mete merupakan salah satu minuman alternatif pengganti susu sapi yang memiliki kalori terendah yakni 25 kalori. Di dalamnya pun tidak terkandung gula alami sehingga cocok untuk mereka yang sedang mengurangi gula atau diet.

Kemudian, susu kacang mete juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E sehingga sangat bagus untuk kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Meski begitu, saat dilakukan penyaringan pada pembuatan susu kacang mete. Susu ini kehilangan hampir semua protein, serat, vitamin maupun mineral sehingga susu ini tidak dapat melengkapi nutrisi namun susu ini cocok digunakan sebagai krimer yang lebih sehat pada kopi. Berikut bahan dan cara membuat susu kacang mete yakni:

Bahan: 250 gram kacang mete, 1 liter air, 3 sendok makan madu, 5 butir kurma, 1 sendok teh garam

Cara membuat:

  • Rendam 250 gram kacang mete kedalam air semalaman
  • Blender kacang mete bersama 1 liter air dan masukan juga madu, kurma, serta garam. Lalu, blender hingga halus 
  • Saring susu kacang mete menggunakan kain bersih
  • Masukan ke dalam wadah tertutup dan simpan dapat disimpan di dalam kulkas
  • Susu kacang mete siap untuk dikonsumsi sebagai teman makan serealmu

4. Susu Gandum

Susu ini merupakan susu yang dapat membuat kamu kenyang seharian dibandingkan dengan susu pengganti lainnya. Susu gandum ini mengandung 3-4 gram protein yang dapat memberikan energi tambahan di tubuh kamu di pagi hari.

Namun, susu ini memiliki kalori yang paling tinggi jika dibandingkan dengan susu pengganti lainnya yakni 140-170 kalori per gelasnya. Selain itu juga tinggi karbohidrat yang mana hampir dua kali lipat dari susu sapi. Sehingga jika kamu sedang mengurangi kalori dan karbohidrat susu gandum bukan pilihan yang tepat. Dikutip dari Metro.co.uk berikut bahan dan cara membuat susu gandum dengan mudah di rumah:

Bahan:
1 Gelas gandum utuh, 4 Gelas air, Pemanis sesuai selera namun madu dan maple paling cocok (Opsional)
½ sdt ekstrak vanila (Opsional), Garam

Cara membuat:

  • Gunakan gandum sesuai kebutuhan, pastikan menggunakan air 4x lebih banyak atau masukkan 1 gelas gandum utuh dan tambahkan 4 gelas air ke dalam blender
  • Tambahkan air, sejumput garam, ½ sdt ekstrak vanila, pemanis sesuai selera
  • Blender hingga halus, lalu saring menggunakan kain bersih
  • Pindahkan susu gandum ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari pendingin
  • Pastikan kamu mengocok susunya terlebih dahulu sebelum disajikan
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.