http://www.galaseo.com/

Layanan profesional jasa manajemen reputasi perusahaan oleh GALASEO di Jakarta memadukan Digital Cyber PR dengan SEO oleh Master SEO Indonesia.


Dinamika bisnis perusahaan saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komunikasi yang demikian pesat yang memungkinkan informasi menyebar dengan cepat. Informasi yang tersedia dimana saja dan kapan saja itu bisa diakses oleh masyarakat dengan kualitas pendidikan yang lebih baik dan wawasan publik yang semakin dewasa. Jasa manajemen reputasi perusahaan ini diulas untuk memberikan gambaran peran dan fungsi yang bisa dijalankan oleh para pakar media online yang paham SEO (Search Engine Optimization).

Komunikasi informasi saat ini dikemas dalam beragam tampilan yang dibuat semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian yang terbesar dari publik, dalam hal ini bisa menjadi viral, maupun aktivitas lain yang merupakan respon dari publik sebagai reaksi.

Perusahaan yang sudah berjalan dalam skala yang kompleks membutuhkan elemen-elemen komunikasi korporat yang lebih baik untuk menjangkau semua kalangan publik. Secara strategi, komunikasi korporat bisa juga merujuk pada istilah yang saling bersinggungan dengan komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran dan sebagainya, yang memiliki jangkauan ke depan untuk mencapai sasaran kerja dan kinerja perusahaan. Strategi komunikasi korporat atau perusahaan bergerak dalam lingkup pengelolaan reputasi, citra dan identitas perusahaan.
Reputasi, citra dan identitas perusahaan itu merupakan suatu persepsi yang terbangun oleh karena peran aktif dari perusahaan sebagai organisasi dalam interaksi dengan anggota-anggota masyarakat dan simbol-simbol yang ditampilkan ke publik secara visual maupun pernyataan yang disampaikan oleh divisi atau departemen tertentu dari perusahaan dan berbagai slogan (tagline), warna dominan dan sebagainya.

Reputasi menduduki posisi penting sebagai keunggulan karena bisnis akan selalu dihadapkan dengan persaingan dari bisnis sejenis, inovasi baru, isu sosial, kampanye negatif dan sebagainya. Karena dengan reputasi yang baik atau positif, perusahaan akan mendapatkan umpan balik yang positif ketika membutuhkan daya ungkit pertumbuhan bisnis di masa-masa sulit. Misalnya ketika perlu bernegosiasi dengan para distributor dan pemasok untuk mendapatkan harga yang kompetitif, rekrutmen tenaga profesional dengan kualitas unggul, kenaikan harga produk atau jasa yang lebih baik, mengurangi resistensi ketika akan memasuki pangsa pasar baru. Yang lebih bermakna lagi, menarik dukungan ketika menghadapi situasi yang kontroversial.

Bagi perusahaan-perusahaan yang sudah masuk masuk bursa saham (go public), reputasi merupakan aset yang sangat berharga. Ketika perusahaan diterpa sentimen negatif, nilai saham yang anjlok diharapkan hanya bersifat sementara karena ditopang oleh reputasi yang lebih dibangun sejak awal, antara lain praktik good corporate governance, gaya manajemen yang dikenal inovatif namun tegas dalam pengelolaan keuangan dan loyalitas staf yang tinggi.

Manajemen reputasi perusahaan menggunakan sarana teknologi merupakan terobosan abad ini yang semakin dibutuhkan oleh perusahaan skala besar, menengah sampai UKM. Sampai saat ini, beberapa media utama yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola dan meningkatkan reputasi perusahaan adalah media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube. Penggunaan media sosial ini sangat bergantung pada target audiens yang dicapai dan kemasan konten yang disiapkan. Ke depan konten video akan menjadi sarana penyampaian pesan yang semakin diminati oleh publik, seperti infografis, liputan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat membangun reputasi perusahaan, wawancara dengan manajemen atau tokoh yang berkaitan dengan perusahaan.

Penyampaian di media sosial tersebut akan menjadi semakin efektif apabila dilakukan dengan tindakan yang terukur dengan fasilitas dan parameter yang disediakan oleh platform media sosial masing-masing dan software pihak ketiga. Penentuan kalender atau penjadwalan untuk publikasi sehingga ada sinkronisasi dan alur yang rapi antara berbagai konten tersebut. Pesan-pesan tersebut akan disampaikan dengan menggunakan strategi online corporate branding yang dilakukan secara konsisten dengan visi dan misi perusahaan dan tidak meninggalkan celah yang lebar antara persepsi yang diterima publik dengan kenyataan yang sebenarnya, salah satunya dengan jasa manajemen reputasi perusahaan.

Pada saat yang bersamaan, perusahaan harus dapat mengetahui berbagai isu yang berkembang yang berkaitan dengan reputasi perusahaan, sehingga dapat mengetahui sentimen yang berkembang dan respon yang tepat setelah melakukan analisa dan audit terhadap data-data yang masuk. Kegiatan ini masuk dalam kategori media monitoring. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kompetitor dapat menjadi pembanding sehingga perusahaan dapat membangun reputasi yang unik dibanding dengan pesaingnya.

Selain memiliki akun-akun resmi di media sosial yang tepat dan sesuai dengan strategi dan gaya komunikasi perusahaan dan demografi penggunanya, perusahaan sudah lazim memiliki website resmi sebagai satu kanal yang  dapat menjadi acuan dan referensi informasi yang terkait perusahaan. Website ini dapat menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk membangun reputasi perusahaan ketika Website itu sendiri memiliki berbagai konten yang dapat ditemukan dan terlihat dalam berbagai pencarian yang relevan di mesin pencari terbesar di dunia dan di Indonesia, yaitu Google, dengan memakai strategi SEO atau optimasi di mesin pencari dengan menggunakan teknik-teknik yang etis dari sisi algoritma Google dan konten yang berkualitas dari sisi PR (Public Relation). Dengan SEO konten PR ditempatkan pada halaman pertama situs pencari hingga menenggelamkan berita negatif.

Dengan berbagai data masukan yang diterima oleh perusahaan, perusahaan juga dapat membangun reputasi yang ideal dari berbagai segi, ketika audiens daring melihat dan memakai produk atu jasa, sosok profesional dan figur kepemimpinan dan simbol dan budaya korporasi yang ditonjolkan.

Charlie M. Sianipar adalah digital marketer di Jakarta yang sudah dikenal di dunia SEO sebagai Master SEO Indonesia, dengan segudang pengalaman yang akan mendukung kegiatan-kegiatan untuk mendongkrak reputasi perusahaan di daring (online) ini dengan mengedepankan strategi Cyber PR Services. Dengan membawa bendera GALASEO untuk jasa manajemen reputasi perusahaan, Charlie, dengan didukung oleh tim yang profesional bersama dengan Tandil Wijaya, SEO expert ninja, siap untuk menjalin kerja sama dengan divisi PR, Marketing, Sales dan dewan manajemen dalam mengoptimalkan berbagai kanal digital yang ada untuk reputasi perusahaan yang lebih baik dan semakin dikenal.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.