Lada hitam, anda pasti sering sekali mendengar nama tersebut sebagai salah satu tanaman. Salah satu tanaman kecil berwarna hitam yang memiliki nama latin Piper Albi Linn ini juga sering disebut sebagai merica. Lada hitam banyak sekali memiliki kandungan kimia seperti minyak lada, minyak lemak, dan juga pati. Lada hitam memiliki rasa yang sedikit pahit dan juga pedas.

Kebanyakan dari kita pasti menggunakan lada hitam sebagai rempah dan bumbu dapur. Namun siapa sangka lada hitam bukan hanya berfungsi sebagai bumbu dapur saja. Kandungan yang terdapat didalam lada hitam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Lada Hitam Yang Berfungsi Bagi Tubuh Kita


Mencegah kanker

Kandungan piperine yang ada di dalam lada hitam ternyata dapat berfungsi sebagai zat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker. Terutama jika lada hitam tersebut dikombinasikan dengan kunyit, efek yang dihasilkan oleh keduanya dapat sangat berguna untuk mencegah timbulnya penyakit kanker tersebut.

Memiliki banyak kandungan vitamin

Lada hitam memiliki banyak sekali kandungan vitamin bagi tubuh, seperti vitamin A dan C, flavonoid, karote, dll. Kandungan yang ada di dalam lada hitam tersebut berguna sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh kita. Selain itu lada hitam juga memiliki kandungan protein, zat besi, mineral, dan sebagainya yang berguna bagi tubuh.

Melancarkan proses pencernaan

Kandungan piperin yang ada di dalam lada hitam bukan hanya sebagai zat untuk mencegah kanker. Tetapi juga dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan lambung. Kadar gas yang tinggi yang menjadi penyebab perut kembung di dalam perut kita juga dapat berkurang jika kita mengkonsumsi lada hitam.

Mengurangi serangan flu dan batuk

Sifat hangat yang dimiliki oleh lada hitam jika kita mengkonsumsinya dapat mengurangi serangan flu dan batuk. Selain itu lada hitam juga mengandung anti bakteri dan anti oksidan yang sangat berguna untuk menangkal bakteri yang masuk ke tubuh.

Sebagai anti depresan

Piperin yang ada di dalam lada hitam bukan hanya berfungsi untuk mencegah kanker dan melancarkan proses pencernaan, tetapi juga dapat digunakan sebagai anti depresan. Menurut The Journal of Food and Chemical Toxicology piperin yang ada di dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat menurunkan depresi.  Dengan mengkonsumsi lada hitam yang di tambahkan ke dalam makanan kinerja otak akan lebih meningkat dan dapat mengurangi stress.

Menambah Nutrisi yang ada pada tubuh

Berbagai macam kandungan yang ada di dalam lada hitam dapat berfungsi untuk menambah nutrisi pada tubuh kita, seperti halnya kandungan Vitamin A dan C yang berguna untuk mencegah penyakit yang masuk ke dalam tubuh kita. 

Dapat Digunakan Untuk Menurunkan Berat Badan

Lapisan fitronutrien yang terletak di luar lada hitam dapat membantu proses asimilasi makanan, sehingga dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh kita. Hal tersebut membantu proses pengeluaran keringat dan urin, dimana hal tersebut sangat baik untuk menghilangkan kelebihan racun dan air yang ada di dalam tubuh kita.

Beberapa manfaat lada hitam dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsi lada hitam tersebut. Namun jangan berlebihan untuk menkonsumsi lada hitam berlebihan, karena mengkonsumsi lada hitam secara berlebih dapat memiliki efek negatif yang akan ditimbulkan. Konsumsilah lada hitam secukupnya untuk mendapatkan manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.