Alasan Ilmiah Ibu Hamil Sering Malas Melakukan Aktivitas

Sudah menjadi hal biasa jika ibu hamil malas untuk beraktivitas, karena berat badan yang bertambah sehingga berat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini faktanya tidak sepenuhnya benar, karena salah satu penyebab malasnya ibu hamil karena banyaknya perubahan secara fisik dan non fisik. Bukan hanya karena bertambahnya berat badan karena kandungan semakin besar. Pada usia kehamilan tujuh bulan, biasanya rasa lelah yang sering dirasakan oleh setiap ibu hamil sangat berpengaruh pada kesehatan, terutama mereka yang mengalami masa kehamilan pertamanya.



Berikut Beberapa Alasan Ilmiah yang Menyebabkan Ibu Menjadi Pemalas


Penyebab pertama karena bertambahnya produksi hormon progesteron yang dapat menyebabkan rasa kantuk, hal ini terjadi karena produksi darah yang bertambah dan penurunan tekanan darah ditambah berkurangnya kadar gula dalam darah. Ha ini memicu rasa lemas dan kantuk yang sering membuat para ibu hamil merasakan badan lemas dan malas beraktifitas.

Ditambah mayoritas ibu hamil yang sudah mengalami rasa kantuk sepanjang hari itu, sering mengalami sudah tidur pada malam harinya karena sering ingin buang air kecil.

Sering mual dan muntah
Hali ini sering disebut morning sickness, padahal sebenarnya hal ini bisa terjadi kapan saja meskipun paling sering dialami para ibu hamil pada pagi pagi. Mual dan muntah sangat menguras energi sang ibu, karena banyaknya cairan yang terbuang dan kondisi badan yang bertambah berat seiring berkembanganya bayi dalam janin yang terus semakin besar.

Sering merasa cemas
Kondisi emosi yang tidak stabil, sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik si ibu itu sendiri. Banyak hal yang sering dicemaskan oleh ibu hamil misal kondisi si bayi, persiapan untuk menjadi seorang ibu, atau perasaan saat merasakan kehamilan itu sendiri. Hal ini akan sangat menguras kondisi fisik si ibu, untuk anda yang sedang mengalami kehamilan harus bisa mengatasi rasa cemas itu dengan selalu berfikir positif dan melakukan hal terbaik untuk menjaga kondisi diri dan bayinya.

Mengalami anemia
Alasan penyebab malasnya si ibu hamil, bisa jadi karena mengalami anemia. Hal ini akan membuat ibu hamil sering merasa lemas dan malas untuk beraktifitas. Untuk memastikannya bisa anda cek darah di dokter, kondisi ini sering terjadi antara trimester pertama sampai trimester ketiga. Konsumsi makanan yang mampu menambah zat besi agar kandungan darah bertambah dan mengurangi rasa lemas dan malas disebabkan anemia.

Bertambahnya berat badan
Ini yang sering dikambing hitamkan salah satu penyebab pemalasnya seorang ibu yang mengandung bayi, hal ini bisa menjadi salah satu faktor mulai trimester pertama, semakin hari dan bulan akan semakin berat. Penyebab lainnya karena kurangnya tidur si ibu, karena posisi tidur yang kurang nyaman dan seringnya buang air kecil menjadi salah satu sebab lainnya si ibu akan sering merasakan lelah / capek.

Tips agar saat hami tetap semangat beraktifitas

  • Istirahatlah ketika merasakan lelah, namun jika banyak kerjaan yang harus dikerjakan. Anda bisa menyiasati dengan tidur lebih awal
  • Kurangi minum terlalu banyak menjelang tidur, agar tidak buang air kecil terlalu sering ketika tidur
  • Atur pola  makan sehat dengan teratur, kurangi porsi makan namun menambah intensitas makannya, misal dengan makan roti gandum atau sireal 
  • Kurangi atau hindari makanan siap saji, perbanyak makan sayur dan buah-buahan
  • Jangan terlalu sering konsumsi kafein, perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Jika sudah tau penyebabnya, hal di atas menjadi alasan mengapa ibu sering malas dibanding sebelum hamil. Tidak hanya bertambahnya berat badan namun faktor lainnya yang paling sering terjadi. 

Previous Post Next Post

Contact Form