Tips Mudah Membedakan Baterai iPhone Asli Atau Palsu

Penetrasi produk Apple di tanah air semakin meningkat dari tahun ke tahun. Seiring dengan keluarnya iPhone 6, kini harga iPhone 4 dan iPhone 5 harganya semakin turun. Imbasnya banyak pengguna Android kini mulai beralih membeli produk Apple tersebut. Sayangnya para pengguna tersebut masih minim pengetahuan mengenai produk iPhone dan membuatnya sering membeli aksesoris dan spare part iPhone palsu yang beredar di pasar.

Salah satu spare part palsu iPhone yang banyak beredar adalah baterai. Untuk itu penulis memberikan sedikit petunjuk mengenai cara membedakan baterai iPhone yang asli dan yang palsu. Di internet sendiri banyak sekali kita jumpai toko online yang menjual berbagai baterai iPhone. Rata-rata mereka memberi klaim bahwa baterai tersebut adalah baterai ori (original atau asli). Banderol yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari yang harganya Rp.100 ribu sampai Rp 300 ribu tergantung tipe baterai apakah untuk iPhone 4, 5, 5S ataukah Apple iPhone 6 dan 6 Plus.

Lalu muncul pertanyaan yaitu: ”Apa memang benar baterai tersebut original?” Pertanyaan seperti itu muncul adalah hal yang sangat wajar mengingat uang yang akan dikeluarkan untuk membeli juga tidak sedikit. Untuk menjawab pertanyaan diatas marilah kita melihat website Apple resmi di sini
Replace the battery: The iPhone battery isn’t user replaceable; it can be replaced only by an authorized service provider.
 Dalam website tersebut menyatakan dengan jelas bahwa ternyata pihak Apple tidak pernah menjual baterai secara bebas. Pemilik iPhone baru bisa memiliki baterai baru jika membawa iPhone mereka ke Apple Authorized Service Provider resmi. Bahkan Apple menyatakan bahwa baterai iPhone tidak mudah diganti oleh pengguna atau memerlukan keahlian khusus dalam mengganti. Maka dari itu Apple menyarankan pengguna untuk datang ke gerai resmi Apple. Nah, dari sini kita bisa melogika apakah ada pihak ketiga atau dalam hal ini penjual yang bekerjasama secara resmi kepada Apple untuk menjual baterai dan sparepart yang lain? Jawabannya tentu saja tidak ada. Untuk menjadi seorang penjual resmi dari Apple butuh persyaratan yang tidak mudah dan tentu saja kalau pun ada penjual seperti itu jumlahnya tidak banyak. “Lalu bagaimana baterai yang beredar dipasar yang mengklaim bahwa baterai tersebut ori?”

Jawabannya adalah ada dua kemungkinan besar :
1.    Baterai memang benar-benar original. Biasanya penjual mengambil dari baterai iPhone bekas dan menjualnya lagi.
2.    Baterai tersebut palsu atau KW

Namun perlu diketahui bahwa baterai palsu belum tentu memiliki kualitas yang buruk. Penulis sendiri pernah menggunakan baterai palsu alias “original cina” dan masih bagus sampai sekarang ini. Tidak ada masalah sama sekali. Yang perlu diperhatikan adalah memilih penjual yang terpercaya dan menjual baterai iPhone “palsu” yang berkualitas.

Kesimpulan
Hampir semua baterai yang dijual dipasaran sekarang adalah baterai Ocin (original Cina) dan bukanlah baterai iPhone yang asli. Jika Anda ingin mendapatkan baterai iPhone yang asli Anda harus datang ke gerai service resmi Apple.

Baterai iPhone

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.