Pengguna Instagram Kini Bisa Unduh dan Bagikan Reel

 

Instagram


Instagram, salah satu platform media sosial terbesar di dunia telah meluncurkan sebuah fitur yang pasti akan menyenangkan para penggunanya. Setelah bertahun-tahun diminta, 

Instagram akhirnya menjawab permintaan tersebut dengan mengizinkan pengguna untuk mengunduh dan membagikan Reel yang diposting oleh orang lain di luar aplikasi. 

Langkah ini merupakan tanggapan yang jelas terhadap TikTok yang melakukan hal yang sama (dan berhasil karena watermark TikTok memberikan pemasaran lebih lanjut terhadap platform ini ketika konten dibagikan di seluruh platform).

BuMirip dengan video yang diunduh dari TikTok, Instagram Reels juga akan memiliki ikon atau watermark 

Dikutip dari Gizmochina, Adam Mosseri, kepala Instagram, menggunakan saluran siaran Instagram-nya pada hari Selasa untuk membuat pengumuman tersebut. 

Baca juga: Cara dan Langkah Baru Verifikasi Akun Instagram

Dia mengungkapkan bahwa pengguna di Amerika Serikat sekarang akan memiliki kemampuan untuk mengunduh Reels langsung ke rol kamera mereka dengan satu ketukan sederhana pada ikon bagikan dan pemilihan opsi Unduh. 

Fitur baru ini memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna atas konten yang mereka buat dan nikmati di Instagram. 

Hal ini menimbulkan pertanyaan, jika perusahaan dapat mengizinkan pengguna mengunduh video ke perangkat mereka dengan mudah, haruskah opsi tersebut hadir di semua platform?

Penting untuk dicatat bahwa kemampuan untuk mengunduh Reels terbatas pada konten yang diposting oleh akun publik. Selain itu, akun publik memiliki kekuatan untuk menonaktifkan opsi unduhan untuk Reel mereka jika mereka lebih suka mempertahankan kontrol yang lebih ketat atas distribusi konten mereka. 

Meskipun masih belum jelas apakah Reel yang diunduh akan memiliki tanda air, gambar yang menyertai Mosseri mengisyaratkan penyertaan logo Instagram di samping nama akun. 

Ini mengikuti pendekatan serupa yang dilakukan oleh TikTok dalam melampirkan tanda air ke video yang diunduh. Perlu dicatat bahwa Instagram sebelumnya telah mengizinkan pengguna untuk mengunduh Reels mereka sendiri dari draft tanpa watermark, jadi ini akan menjadi perubahan baru.

Baca juga: Jurus Rahasia Sukses Berjualan di Instagram

Pengenalan Reels telah terbukti berdampak pada Instagram, seperti yang diungkapkan Mark Zuckerberg selama panggilan pendapatan Q1 2023 bahwa waktu yang dihabiskan di platform meningkat sebesar 24% yang mengesankan. 

Ini mengikuti format yang mirip dengan TikTok, platform video viral. Keputusan Instagram untuk mengaktifkan unduhan Reels tidak diragukan lagi menandai tonggak penting dalam evolusi platform. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form