50.000 Rumah Murah Bagi Ojol, Driver Gojek-Grab: Banyakin Order

Gojek Dapat Rumah

Kabar gembira bagi driver ojol (ojek online) terutama Gojek dan Grab akan mendapat penawaran rumah murah. Salah satu driver ojol berharap order semakin banyak agar bisa mencicil rumah tersebut

Program tersebut dilaksanakan oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) yang fokus pada beberapa pekerja mandiri seperti driver Gojek, Grab, Shopee serta Tokopedia. Sektor tersebut mendapat penawaran rumah melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Skema FLPP memungkinkan masyarakat bisa membeli rumah dengan bunga rendah, bebas PPN, dan beberapa kemudahan lain.

Tahun 2023 ini sekitar 50.000 unit FLPP diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berpenghasilan tidak tetap. Selain driver ojol, sektor lain yang ditawari adalah pekerja dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan honorer.

"Ada dua yang [selama ini] belum tersentuh oleh kita. Satu penghasilan tidak tetap, termasuk Grab, Gojek. Satu lagi status tidak tetap, PKWT, honorer yang berbasis misalnya insentif," ujar Komisioner BP Tapera Adi Setianto pada acara Forum Group Discussion (FGD) Mendorong K/L dan Pemda dalam Pemenuhan Perumahan bagi ASN dan MBR, Rabu, 21 Juni 2023.

Sektor MBR lain adalah agen bank BUMN, anggota organisasi masyarakat (ormas), pedagang pasar, hingga nelayan. Tentu saja calon penerima FLPP perlu memenuhi beberapa persyaratan agar bisa memiliki rumah murah tersebut.

Adi Setianto menerangkan status peminjaman calon penerima harus bersih atau tidak punya tunggakan di bank mana saja, apalagi masuk daftar hitam kredit macet.

Selanjutnya, orang tersebut perlu lolos dari pemeriksaan seperti memiliki rekening sehingga layak mendapat FLPP. Namun, apabila tidak lolos, masih ada harapan bagi ojol dan yang lainnya tersebut untuk memiliki rumah. 

"Tapi kalau tidak (lolos), masuk ke kami lewat tabungan Rumah Tapera. Jadi menabung dulu 3 bulan, 3 bulan dia runtut, baru dia ngasih FLPP," kata Adi.

Berani dan Tidak

Kabar penawaran rumah murah bagi driver ojol khusunya Gojek-Grab itu ditanggapi secara beragam.

Mulyono (30 tahun) mengaku senang dengan kabar tersebut.

"Saya sudah menunggu kabar ini, kalau nanti ada yang nawari, saya akan ambil," ucap driver Grab itu dengan antusias.

Driver yang sudah menjadi ojol selama 3 tahun itu mengaku sudah menabung agar bisa membeli rumah.

Lain hanya dengan Dedi (44 tahun) yang kurang optimis dengan penawaran itu.

"Memang penawaran yang menarik, tapi kalau order yang kita terima setiap hari sedikit, takutnya nggak bisa mengangsur rumah itu," ujar pria yang telah bergabung dengan Gojek sejak tahun 2017 itu.

Dedi berharap order bisa lebih banyak sehingga berani mengambil rumah murah itu. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form