7 Takjil Paling Diminati Puasa Ramadan 2023

Takjil

Takjil masih menjadi incaran untuk berbuka puasa bagi para muslim. Berikut ini 7 takjil yang banyak diburu pada Ramadan 2023 atau 1444 Hijriah.

Aneka makanan ringan yang disantap saat berbuka itu selalu tersedia di meja makan menjelang waktu Maghrib. Berbagai jenis takjil tersebut didominasi dengan rasa manis.

Muslim yang melaksanakan ibadah puasa lebih suka menyantap takjil lebih dahulu untuk membatalkan puasa, untuk kemudian dilanjut dengan salat Maghrib. Sedangkan makan besar biasanya dilakukan setelah salat Maghrib.

Alasannya, karena setelah seharian perut tidak terisi, menurut mereka, saat berbuka, perut belum siap makan besar. Cukup makanan ringan agar pencernaan tidak 'kaget'.

Oleh karena itu, aneka makanan ringan selalu laris manis menjadi incaran saat puasa Ramadan. Pantauan situs berita Benhil, berikut ini 7 takjil yang paling diburu pasa Puasa Ramadan 2023, yaitu:  

1. Aneka Gorengan

Gorengan yang rasanya bermacam-macam (manis dan gurih) masih menjadi makanan favorit, di antaranya adalah pisang goreng, mendoan, bakwan, tahu petis, dan lain-lain. Bahkan baru-baru ini pisang goreng telah dinobatkan sebagai teman minum kopi yang paling nikmat di dunia.

Meski sudah banyak ahli kesehatan yang memperingatkan untuk mengurangi gorengan (karena tidak baik bagi kesehatan), namun konsumsi makanan jenis ini masih besar. 

2. Kolak

Kolak manis yang isiannya bermacam-macam, dari pisang, kolang-kaling, ketela, waluh, dan lain-lain, sangat nikmat diminum saat berbuka.

3. Es Kelapa Muda

Minuman jenis ini sangat menyegarkan tenggorokan saat diminum untuk berbuka. Daging kelapa juga pas untuk menunda rasa lapar. Saat menahan rasa lapar pada cuaca siang sangat panas, segarnya es kelapa muda begitu menggoda.

4. Aneka Bubur

Bubur yang teksturnya lembut sangat mudah dan cepat saat dikonsumsi. Beberapa jenis bubur yang tersedia pada bulan puasa adalah bubur candil, mutiara, sumsum, ketan hitam, dan masih banyak lagi.

5. Sup Buah

Buah-buahan yang disiram air (sup buah) juga menjadi santapan nikmat sebagai modifikasi dari makan buah saja. 

6. Arem-arem

Menikmati arem-arem yang sering disebut lontong isi (oncom) itu juga menjadi alternatif menghilangkan rasa lapar untuk sementara. 

7. Kue Lupis

Kue yang terbuat dari ketan dengan ditaburi parutan kelapa dan gula jawa itu merupakan hidangan nikmat untuk berbuka.

Selain 7 makanan ringan di atas, masih banyak jenis kudapan yang bisa disantap untuk takjil, di antaranya adalah kue lapis, martabak, kue kering, kurma, dan lain-lain. 

Selamat menjalankan puasa Ramadan 2023. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form