10 Kebiasaan Merusak Harimu, Nomor 2 dan 6 Sering Dilakukan

Kebiasaan

Setiap orang punya masalah yang harus dihadapi, namun jangan sampai masalah tersebut merusak aktivitas kita atau kebahagiaan yang bisa kita nikmati pada hari ini.

Suka atau tidak suka, masalah pasti datang yang seringkali dari sisi yang tidak kita antisipasi. Yang bisa kita lakukan adalah menerima dan mencari solusi yang terbaik.

Namun, masalah bisa menjadi semakin besar apabila kebiasaan kita membuatnya seperti itu, bahkan meski itu adalah masalah kecil. 

Dilansir dari media gaya hidup Hack Spirit, berikut ini 10 kebiasaan yang membuat masalah semakin menjadi-jadi dan merusak kebahagian kita, yaitu:

1. Terlalu Khawatir Banyak Hal

Terlalu khawatir dengan banyak hal, bahkan hal yang belum terjadi, bakal membuat masalah yang kita hadapi semakin bertambah runyam. Itu akan berdampak pada aktivitas kita setiap hari. 

2. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Selain melelahkan, membandingkan diri Anda dengan orang lain akan membuat kita selalu kalah karena seseorang di luar sana selalu memiliki kelebihan. Kebiasaan itu akan merampas kebahagiaan dan membuat Anda tidak fokus pada diri sendiri.

3. Terlalu Lama di zona Nyaman

Kebiasaan ini diam-diam akan mengurangi kebahagiaan Anda dan menghambat diri Anda untuk berkembang.

Manfaat berani mengambil risiko untuk keluar dari zona nyaman, yaitu:

- Membangun karakter, kepercayaan diri, dan kreativitas.

- Mendapatkan hal-hal baru dalam hidup.

- Membangun harga diri untuk mencapai tujuan hidup.

4. Tidak Pernah Puas dengan Pencapaian

Selain kehilangan kebahagiaan, sikap tidak pernah puas dengan pencapaian juga mengakibatkan krisis harga diri dan percaya diri. Salah satu hal yang membuat kita bahagia adalah merasa yakin dengan keputusan sendiri.

5. Penundaan

Selain membuang-buang waktu, penundaan yang dilakukan terus menerus akan memengaruhi tingkat kebahagiaan. Hal itu dikarenakan, semakin sedikit yang diselesaikan akan semakin membuat frustrasi.

6. Menyimpan Dendam

Kebiasaan menyimpan dendam sama sekali tidak bermanfaat dan justru merusak kebahagiaan kita, selain tidak berpengaruh pada orang yang berbuat salah. Memaafkan akan membuat jiwa menjadi lebih baik dan merasa nyaman. 

7. Lupa Merawat Diri

Perlunya merawat diri adalah karena kesadaran kalau kebahagiaan itu datangnya dari sana. Saat merawat diri dan memprioritaskan kesehatan mental dan fisik akan membuat suasana hati menjadi baik secara alami. Jika kita melupakan hal itu, maka yang terjadi adalah sebaliknya.

8. Perfeksionis

Sikap selalu harus sempurna dan menerapkan standar sangat tinggi pada setiap aktivitas sebenarnya adalah musuh terburuk bagi kita. Jika selalu bersikap seperti itu, pasti kita akan merasa sedih ketika tidak dapat mencapainya.

9. Enggan Bertindak

Seseorang perlu bertindak jika mengalami hubungan toxic, pekerjaan yang tidak memuaskan, atau kota yang tidak mendukung untuk berkembang. Jika itu tidak dilakukan, maka akan merusak kebahagiaan.

10. Menyendiri Saat Mendapat Masalah

Menyendiri saat mendapat masalah akan membuat kita merasa kesepian, sedangkan kesepian saat sedang berjuang menghadapi masalah itu sangat buruk bagi kesehatan mental. 

Berbagi perasaan dengan seseorang yang dipercaya akan membantu kita meringankan beban.

Jika memiliki beberapa kebiasaan di atas, Anda perlu menghilangkannya atau melupakannya dengan cepat. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form