Malaguti Produksi Sepeda Motor Bebek Spectre GP 125 untuk Pasar Eropa

Spectre GP 125


Bagi Anda yang pernah berada di negara Asia mana pun pasti akrab dengan sepeda motor komuter aneh yang ada di sana. 

Mesin yang disebut sepeda motor bebek ini pada dasarnya merupakan persilangan antara skuter dan sepeda motor standar. Artinya, mereka menyediakan fasilitas praktis yang serupa dengan skuter, sekaligus dioperasikan dengan cara yang sama seperti sepeda motor.

Di luar Asia dan Amerika Latin, sepeda motor bebek hampir tidak ada. Namun di Eropa, beberapa pabrik otomotif di Italia tampaknya tertarik dengan platform underbone populer di Asia, dan telah meluncurkan versinya sendiri untuk pasar Eropa.

Pabrikan itu tidak lain adalah Malaguti, sebuah perusahaan yang terkenal dengan kendaraan roda dua komuter yang terjangkau dan praktis, lebih khusus lagi, skuternya.

Dikutip dari Rideapart, sepeda motor ini disebut Spectre GP 125, dan dengan cara yang mirip dengan Yamaha Xciter dan Honda RS150, memberikan sentuhan sporty pada mesin underbone tradisional.

      • Baca juga: Pabrik Otomotif Malaysia, Aveta Hadirkan Sepeda Motor Sport VZR250

Secara ergonomis, Spectre sama seperti model underbone lainnya yang mendapatkan stang lurus, sadel dua bagian, dan pijakan kaki yang relatif sedang untuk posisi berkendara yang netral.

Tangki bahan bakar terletak di bawah sadel, sehingga pengendara bebas menaruh tas atau barang belanjaannya di depan di antara kedua kakinya.

Memang, Malaguti Spectre GP 125 sepertinya dicomot langsung dari Indonesia. Di sisi performa, Malaguti Spectre GP 125 ditenagai oleh mesin 125cc, berpendingin udara, injeksi bahan bakar, satu silinder yang belum sempurna.

Dengan output maksimal hanya 10 tenaga kuda dan torsi 6 lb-ft, Spectre memenuhi undang-undang Eropa untuk pengendara pertama kali, atau pemegang lisensi A1 di negara tertentu.

Fitur lain di Spectre cukup umum untuk segmen yang berfokus pada pemula. Ini menggelinding di depan dan belakang roda 17 inci, dengan rem cakram di kedua ujungnya.

     • Baca juga: Produsen Motor Italia, SWM Merilis Varez 125 di Eropa

Tidak ditentukan apakah motor ini akan mendapatkan ABS, tetapi biasanya model perpindahan ini menggunakan Combined Braking System (CBS). 

Perangkat keras suspensi sama-sama mendasar, dengan garpu teleskopik standar di depan dan monoshock di belakang. 

Motor ini juga menggunakan lampu LED di sekelilingnya dan kluster instrumen semi-digital dengan tachometer analog. Dan yang tak kalah pentingya, bodywork edgy dan bersudut, memberikan estetika sporty. 

Hingga berita ini ditayangkan, Malaguti belum mengumumkan ketersediaan Spectre GP 125 baru di pasar Eropa.

Namun, pihaknya telah mematok harga kendaraan roda dua ramah pemula tersebut sebesar 2.499 Euro, atau sekitar $2.700 (Rp45 juta 500 ribu). [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form