Tips Perawatan Perkutut Lokal Agar Rajin Bunyi

Perkutut lokal

Banyak penggemar burung yang lebih senang memelihara perkutut Bangkok ketimbang lokal. 

Perbedaan kualitas suara menjadi salah satu pemicu banyak orang lebih tertarik memelihara perkutut Bangkok.

Namun, jika dirawat dengan baik perkutuk lokal pun bisa memiliki suara yang tak kalah merdunya.

Berikut tips perawatan perkutut lokal agar rajin bunyi yang dikutip dari kanal YouTube @Majalah Lovebird

Perkutut lokal, salah satu yang populer Perkutut Jawa (Geopelia striata), banyak dijual di pasar burung, umumnya berasal dari hasil tangkapan alam atau hutan, hasil pikatan.

Itu sebabnya, harga jualnya masih cenderung lebih murah daripada perkutut jenis Bangkok yang kebanyakan adalah hasil tangkaran.

Banyak peminat perkutut lokal pun tak lain adalah karena keistimewaan burung bernama ilmiah Geopelia striata ini, terutama karena budaya dan mitos yang masih masyarakat yakini.

Bagi penggemarnya, memelihara perkutut lokal dapat mendatangkan keberuntungan dan sebagai pembawa rezeki apalagi jika didukung dengan katuranggan dari burung tersebut.

     • Baca juga: Murai Batu Termahal di Indonesia, Tembus Rp 1 Miliar

Untuk kualitas suaranya, banyak yang menganggap perkutut lokal memiliki kualitas suara di bawah perkutut Bangkok.

Suaranya pun jelas dan tipis, kadang suara kung-nya pun terdengar patah-patah.

Tapi tidak semua jenis perkutut lokal memiliki kualitas suara tersebut. Karena jika dirawat dengan sangat baik kualitas suaranya akan setara dengan perkutut Bangkok.

 

Pola Rawatan Perkutut

Ada beberapa pola rawatan yang dapat diterapkan agar perkutut lokal atau Zebra dove, tambah rajin berbunyi yaitu:

1. Menjaga kebersihan bulu dan sangkarnya

Faktor utama yang bisa menjadi penentu rajin tidak hanya burung perkutut adalah kebersihan sangkar dan bulunya.

Sangkar yang terlalu kotor dan jarang dibersihkan dapat mengundang berbagai bakteri, parasit, jamur dan kutu, datang untuk berkembang biak.

Akibatnya, burung akan mudah terserang berbagai penyakit yang menyebabkan jadi jarang bunyi atau malas mengeluarkan suara kicauannya.

Setiap hari sangkar harus selalu dibersihkan dari kotoran dan sisa makanan. Selain itu, seminggu sekali usahakan juga agar burung selalu dimandikan dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bulu dan menghilangkan kutu maupun parasit yang mengganggunya.

2. Menjemur perkutut di waktu yang tepat 

Lakukan penjemuran setelah burung perkutut dimandikan. Penjemuran bisa dilakukan dengan meletakkan sangkarnya di tanah/dasar, jika menggunakan sangkar harian biasa.

Sedangkan jika menggunakan sangkar khusus, perkutuk bisa dijemur dengan menggunakan tiang atau digantung pada posisi yang tinggi.

     • Baca juga: Mitos Perkutut Katuranggan Sriwiti Dipercaya Memiliki Kekuatan Gaib

Penjemuran dilakukan mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 10 pagi. Setelah itu, burung dipindahkan ke tempat teduh lalu dipindahkan ke tempat biasa Anda menggantungkannya.

3. Dipancing dengan suara burung

Ketika burung sedang dijemur Anda bisa memutarkan suara burung perkutut yang memiliki lagu dan irama yang Anda sukai.

Selain berguna untuk memancing bunyi, siapa tahu juga suara tersebut bisa ditiru oleh burung perkutut lokal kesayangan Anda tersebut.

4. Berikan multi vitamin 

Berikan multivitamin seperti sup plus bird untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung perkutut rawatan Anda.

Selain itu sup plus bird juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan burung setiap hari sehingga burung akan selalu terpancing untuk rajin berbunyi.

5. Berikan pakan yang sesuai 

Perkutut adalah burung pemakan benih dan biji-bijian. Perawatan hariannya harus disertai dengan pemberian pakan tersebut.

Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka pengaturan pakan harus dilakukan khususnya pakan yang memiliki kandungan gizi bervariasi.

Untuk pakan biji-bijian, memberikan pakan kemasan lebih dianjurkan karena lebih terjamin kualitas, kebersihan, dan manfaatnya.

Salah satu bahan perkutut yang bisa digunakan adalah kristal perkutut yang sudah diracik dengan aneka bahan biji-bijian yang kaya manfaatnya.

Selain menjadikan burung perkutut lokal selalu aktif dan sehat, pakan kristal perkutut juga terbukti cukup ampuh jadikan burung tambah rajin bunyi dan cepat gacornya.

     • Baca juga: Ini Lima Arti Perkutut Bunyi di Malam Hari

Pemberian secara rutin juga dapat menjadikan bulu yang semakin kuat dan sehat sehingga terhindar dari kerusakan bulu yang sering terjadi. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form