Suzuki Stop Produksi GSX-R1000 untuk Jepang dan Eropa

 

GSX-R1000

Kabar menyedihkan bagi para pecinta sportbike dan balap, karena Suzuki secara resmi telah mengumumkan penghentian produksi GSX-R1000 di pasar Jepang dan Eropa.

Disukai oleh banyak penggemar di seluruh dunia, GSX-R1000 yang ikonik dapat dianggap sebagai ciri khas budaya dalam industri sepeda motor, sejajar dengan yang hebat seperti Honda Fireblade, Kawasaki Ninja, dan Yamaha R1.

Akhir dari GSX-R1000 bertepatan dengan keputusan Suzuki untuk meninggalkan inisiatif balapnya sama sekali, dan menandakan dengan kekuatan penuh bahwa perusahaan memiliki niat untuk mengejar upaya berorientasi non-kinerja lainnya untuk saat ini.

     • Baca juga: Kawasaki Tarik Ribuan Produknya dari Pasaran

Namun, supersport kelas liter Suzuki akan terus tersedia dalam wujudnya saat ini di pasar yang sangat sedikit seperti Amerika Utara dan Filipina, tetapi diharapkan hari-hari sepeda juga akan dihitung di sini.

Dilansir dari Rideapart, alasan terbesar dihentikannya GSX-R1000 adalah karena pengetatan standar emisi di Jepang. Dengan regulasi emisi Reiwa yang direvisi untuk tahun kedua, mungkin Suzuki merasa tidak cocok untuk memperbarui GSX-R1000.

Saat ini, rangkaian model GSX-S1000, yang terdiri dari GSX-S1000, GSX-S1000GT, dan Katana, serta Hayabusa dan V-Strom 1050, telah memenuhi peraturan emisi terbaru. Jadi, apakah aman untuk mengatakan bahwa semua harapan hilang untuk GSX-R1000 generasi berikutnya?

     • Baca juga: Desain Futuristik Yamaha Skuter Augur yang Dipasarkan di Taiwan

Nah, publikasi otomotif Jepang Young Machine, yang tampaknya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan empat besar, tampaknya memberikan secercah optimisme pada masa depan GSX-R1000.

Soalnya, pada Agustus 2022, Suzuki merilis informasi tentang mesin baru yang sedang dikembangkan yang berspekulasi untuk menggerakkan GSX-R generasi berikutnya. Lebih khusus lagi, mesin ini tampaknya sangat berorientasi pada kinerja, dan bahkan dilengkapi dengan poros engkol yang berputar mundur, teknologi yang ditemukan pada motor balap MotoGP-nya, GSX-RR.

Singkatnya, ini memungkinkan gaya rotasi dibatalkan, sehingga meningkatkan stabilitas dan penanganan.

     • Baca juga: Ulang Tahun Satu Abad, BMW Luncurkan Dua Sepeda Motor Edisi Khusus

Tak perlu dikatakan, ada harapan bahwa mesin ini akan segera memulai debutnya di pasar, bersama dengan rangkaian model GSX-R yang telah direvitalisasi dan banyak ditunggu.

Dari semua motor sport di era modern, cukup jelas bahwa GSX-R1000 adalah yang paling membutuhkan pembaruan.

Mungkinkah Suzuki sedang bersiap untuk memberikan kejutan seumur hidup, atau apakah GSX-R1000 yang terkenal baik dan benar-benar akan keluar? [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form