10 Alasan Mengapa Harus Mengkonsumsi Telur Rebus

 

Telur rebus


Apakah Anda salah satu orang yang biasa sarapan pagi dengan telur ayam? Telur apa yang Anda suka, orak-arik, telur dadar, atau direbus?

Kabar baiknya, sebutir telur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu tubuh kita. 

Kita semua tahu bahwa ketika menggoreng makanan, itu mengundang selera makan kita tetapi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Jadi, mari fokus pada telur rebus karena gaya memasak ini sangat cocok untuk mereka yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh atau menurunkan berat badan.

Ada banyak manfaat kesehatan dari telur rebus, oleh karena itu kita harus mulai dengan rutin mengkonsumsi telur rebus.

Telur mengandung vitamin A, folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin D, zat besi, karotenoid, fosfor, selenium, dan seng.

Hampir tidak ada makanan yang penuh dengan begitu banyak vitamin dan mineral. Tak heran mengapa telur disebut sebagai makanan super.

Manfaat telur rebus untuk kesehatan 

Shivani Bavalekar, Senior Executive Nutritionist, Cloudnine Group of Hospitals, Navi Mumbai, Vashi menjelaskan nilai gizi dalam sebutir telur rebus mengandung 78 kilokalori, satu gram karbohidrat, 6 gram protein, 9 gram lemak, dan 187 miligram kolesterol.

Sekarang kita tahu nilai gizinya bagus. Nah berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari telur rebus yang dilansir dari Healthshots.

1. Telur rebus mengandung lemak sehat 

Telur rebus mengandung lemak sehat yang melindungi organ dan membantu menjaga tubuh tetap hangat. Telur rebus cocok untuk musim dingin.

2. Telur rebus meningkatkan kekebalan tubuh

Telur mengandung vitamin B6 dan B12 dalam jumlah yang baik bersama dengan seng.

Hal ini menurut Bavlekar membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan flu dan pilek.

3. Telur rebus membuat tulang kuat

Telur adalah sumber Vitamin D yang baik, yang tidak hanya akan meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga menjaga tulang agar tetap kuat.

4. Telur rebus membantu menurunkan berat badan

Telur mengandung sumber protein tanpa lemak yang baik serta asam amino, dengan kalori rendah yang dapat membantu menurunkan berat badan, sesuatu yang tidak mudah dilakukan selama musim dingin karena kelesuan atau cuaca dingin menjadi hambatan dalam program kebugaran.

5. Telur rebus membantu dalam memiliki otak yang sehat 

Telur mengandung asam lemak omega-3 dan kolin dalam jumlah yang baik. 

“Membangun membran sel dan berperan dalam memproduksi molekul pemberi sinyal di otak”. Kata ahli tersebut.

6. Telur rebus dapat melindungi mata 

Kuning telur atau bagian kuning telur rebus diperkaya dengan lutein dan zeaxanthin yang melindungi mata dan juga mengurangi risiko katarak, jadi untuk mendapatkan mata yang sehat, konsumsilah telur rebus.

7. Telur rebus membantu meningkatkan kecantikan kulit 

Kulit memiliki bagian penting yaitu selenium, dan telur dianggap sebagai sumber nutrisi yang sangat baik.

8. Telur rebus meningkatkan kesehatan rambut 

Telur mengandung biotin, yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan berkilau, dan siapa yang tidak menginginkannya?

9. Telur rebus untuk kesehatan jantung 

Menurut Bavalekar, telur rebus mengandung kolesterol baik yang menjaga kesehatan jantung Anda, jika dikonsumsi secukupnya.

10. Telur rebus baik untuk ibu hamil atau ibu menyusui 

Ini sangat bermanfaat dalam kedua tahap kehidupan wanita ini karena telur mengandung protein, kolin, dan selenium dalam jumlah yang baik.

Menurut ahli, banyak peneliti merekomendasikan bahwa seseorang harus membatasi konsumsi telur setiap hari, karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau diabetes.

Jumlahnya tidak boleh melebihi satu atau dua telur sehari, katanya.

Juga, penting untuk memperhatikan dalam bentuk apa Anda mengkonsumsinya. Apakah makan telur lunak, telur mentah, atau telur setengah goreng?

"Maka perlu dihindari karena mengandung bakteri seperti salmonella yang dapat membahayakan sistem pencernaan Anda," kata Bavalekar. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form