Ini Manfaat Kesehatan dari Membaca Buku

 

Membaca buku

Membaca buku telah dipercaya memberikan banyak manfaat bagi otak Anda. Meningkatkan kosakata, menghilangkan stres dan memperlambat gangguan mental adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan membaca buku. 

Dilansir dari Dr Health Benefits, membaca buku bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik Anda dan manfaat tersebut dapat bertahan seumur hidup.

Manfaat Kesehatan Membaca Buku

Mari kita bahas masing-masing manfaat membaca buku bagi kesehatan  Anda berikut ini yang mungkin belum diketahui.

Penghilang Stres

Manfaat kesehatan pertama yang bisa Anda dapatkan ketika membaca buku adalah bisa menghilangkan stres. Tidak peduli apa yang Anda baca, novel, koran, atau cerita hebat, itu akan mengalihkan perhatian Anda dari tugas dan masalah sehari-hari.

Ketika Anda membaca sebuah cerita, misalnya, pikiran Anda akan dibawa ke alam lain, sementara sebuah artikel akan membuat Anda tetap fokus pada masa kini.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Sussex pada tahun 2009. Ditemukan bahwa ada 68% pengurangan tingkat stres hanya dengan membaca selama 6 menit.

Menghilangkan stres juga bisa dilakukan dengan beberapa cara lain, seperti mendongeng. Anda bisa mendapatkan semua manfaat kesehatan dari mendongeng ini untuk pereda stres kesehatan mental. 

Ada beberapa cara lain untuk menghilangkan stres juga, seperti berkebun, menonton film dan banyak lagi. Lakukan apa yang Anda suka dan biarkan stres hilang!

 

Kuatkan Otakmu

Membaca buku akan paling memengaruhi otak Anda, dengan cara yang positif. Membaca dapat mengubah pikiran Anda. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang menunjukkan efek membaca novel pada otak.

Para peserta disuruh membaca novel “Pompeii” selama 9 hari. Pemindaian MRT menunjukkan bahwa lebih banyak bagian otak yang menyala dengan aktivitas saat ketegangan meningkat.

Tak hanya itu, korteks somatosensori, bagian yang merespon sensasi fisik seperti gerakan dan nyeri, juga meningkat.

Tidur Lebih Baik

Membaca dianggap sebagai salah satu bagian dari rutinitas tidur yang teratur. Anda bisa membuktikannya. Cobalah membaca buku sebelum Anda tidur. Hindari membaca dari ponsel atau laptop Anda karena cahaya yang dipancarkan oleh perangkat Anda dapat membuat Anda tetap terjaga dan akan menyebabkan hasil kesehatan yang tidak diinginkan lainnya.

Beberapa dokter bahkan merekomendasikan orang untuk membaca di tempat lain selain kamar tidur mereka, terutama jika mereka sulit tidur.

Tidur adalah bagian dari rutinitas yang sehat. Pastikan Anda cukup tidur setiap hari, minimal 7 hingga 8 jam sehari.

Meningkatkan Harapan Hidup

Ada penelitian yang melibatkan sekitar 3.600 peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembaca buku hidup sekitar dua tahun lebih lama daripada orang yang tidak membaca. 

Perbedaan umur panjang secara signifikan lebih besar daripada yang diamati saat membaca majalah atau koran.

Jadi, jika Anda ingin hidup lebih lama, ambillah sebuah buku dan mulailah, jadikan ini sebagai kebiasaan positif yang dapat dilakukan secara rutin, konsisten, boleh menjadi gaya hidup yang menguntungkan.

Tingkatkan Keterampilan Kognitif

Membaca buku mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan memperlambat penurunan kognitif pada lansia. National Institute on Aging bahkan merekomendasikan membaca sebagai salah satu cara untuk membuat pikiran Anda tetap aktif dan aktif. Oleh karena itu, membantu menjaga kesehatan otak secara keseluruhan.

Tidak hanya berguna bagi kaum muda, manfaat membaca buku juga dapat berfaedah bagi para lansia. Seperti yang kita ketahui, lansia cenderung mengalami penurunan dan gangguan kognitif. Untungnya, membaca merangsang dan meningkatkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak.

Jadi, membaca dipercaya memberikan fungsi kognitif yang lebih baik. Selain itu, disebutkan juga bahwa membaca dapat membantu mencegah berkembangnya deposit beta-amiloid di otak, yang merupakan ciri-ciri penyakit Alzheimer.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang penyakit Alzheimer, Anda bisa mencoba cara- cara mencegah Alzheimer dan mencegah demensia ini.

Bagaimana Menjadikan Membaca sebagai Kebiasaan

Memulai kebiasaan baru mungkin tidak mudah. Untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan, Anda bisa mengikuti strategi ini, seperti memilih topik yang Anda minati.

Jangan pernah memaksakan diri untuk terus membacanya, pilihlah buku lain sebagai gantinya. Jika Anda merasa tidak ingin membaca buku, Anda bisa mulai dengan membaca cerita pendek, lalu melanjutkan ke novel fiksi yang lebih panjang.

Membaca buku adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan Anda. Manfaat membaca ragam buku membawa banyak dampak pada kesehatan mental dan fisik Anda. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form