5 Manfaat Kesehatan Mentimun yang Penting untuk Rambut

Mentimun


Jika ada yang bertanya apa manfaat mentimun untuk kecantikan, memang kebanyakan orang akan menyebutkan manfaat mentimun untuk kulit wajah, seperti mengatasi mata lelah, mata panda, menenangkan kulit wajah yang terbakar sinar matahari, mengecilkan pori-pori, dan mengatasi kemerahan pada kulit.

Meskipun mentimun memiliki banyak manfaat berharga lainnya untuk berbagai bagian tubuh, mentimun (Cucumis sativus) memiliki manfaat utama untuk rambut Anda. 

Baca juga: Manfaat Tepung Beras untuk Payudara Wanita yang Belum Pernah Anda Ketahui

Sebelum membahas manfaat makan timun untuk kesehatan, ada baiknya mengetahui apa saja kandungan timun. Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa mentimun memiliki kandungan air yang tinggi.

Mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang cocok untuk kesehatan tubuh.

Mentimun mengandung Vitamin A, Silika, Kalium, Mineral, Molibdenum, Vitamin C, Mangan, Triptofan, Magnesium, dan Klorofil. Kandungan dalam mentimun yang bermanfaat untuk rambut adalah silika.

Coba saja cek bahan-bahan dari beberapa shampo populer di pasaran, kebanyakan mengandung silika sebagai salah satu bahan utamanya. Dalam sampo, silika digunakan untuk melapisi dan melindungi rambut, sehingga rambut menjadi sehat dan indah.

Selain itu, wanita juga dapat menikmati nutrisinya untuk merawat rambut mereka. Berikut manfaat yang bisa Anda peroleh:

Manfaat mentimun untuk rambut yang dilansir dari Dr Health Benefits

Mentimun Merawat Rambut Rusak

Salah satu manfaat kesehatan dari makan mentimun adalah untuk merawat rambut patah Anda. Salah satu jenis kerusakan rambut yang dialami kebanyakan orang adalah rambut rontok.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Kunyit untuk Kulit

Masalah ini memang sangat menjengkelkan dan terkadang membuat sebagian orang merasa frustasi. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan mentimun. 

Ya, khasiat mentimun untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala memang sudah sangat terkenal.

Kandungan vitamin B2, B3, B5, B6, C, dan biotin dalam mentimun memiliki peran penting dalam mempercepat proses pertumbuhan rambut. Dengan begitu, rambut yang rontok akan cepat tergantikan oleh rambut baru.

Menciptakan Rambut Sehat dan Berkilau

Rambut indah berkilau adalah dambaan semua wanita. Inilah manfaat yang banyak dikampanyekan oleh iklan sampo yang mengandung silika. Silika dalam mentimun dapat melapisi batang rambut sehingga rambut terlindungi dari sinar matahari dan radikal bebas sehingga kilau tetap terlihat sempurna.

Secara tradisional, manfaat ini dapat diperoleh dengan mencuci rambut dengan jus mentimun agar terlihat lembut dan berkilau.

Berfungsi Sebagai Kondisioner

Rambut acak-acakan tentu menjadi penampilan yang meresahkan karena menimbulkan kesan tidak rapi. Mentimun dapat digunakan sebagai kondisioner rambut yang berfungsi untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi.

Cara menggunakannya sangat sederhana. Oleskan sedikit jus mentimun pada bagian rambut yang ingin diatur, tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air dingin. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan rambut yang indah dan rapi dalam sekejap. 

Namun, Anda juga dapat menggunakan manfaat kesehatan pisang untuk hasil yang serupa; hanya cara pemakaiannya saja yang berbeda.

Obat Rambut Alami

Perawatan rambut dalam diperlukan jika Anda mengharapkan rambut yang sehat, indah, dan terawat. Anda dapat meluangkan waktu seminggu sekali untuk melakukan perawatan mendalam pada rambut Anda. Banyak salon kecantikan biasanya menawarkan perawatan rambut dalam semacam ini dengan harga tinggi. Dengan memanfaatkan mentimun, Anda bisa melakukan perawatan rambut dalam ini di rumah dengan bahan yang sederhana.

Siapkan 1/2 mentimun, satu sendok makan Extra Virgin Olive Oil, satu sendok makan minyak biji anggur, 1/4 cangkir santan, dan 1/4 cangkir kondisioner. Conditioner yang digunakan disini bisa berupa conditioner sesuai merk yang biasa kamu pakai di rumah.

Sekarang, campurkan mentimun sampai membentuk pasta. Masukkan santan dan kondisioner ke dalam pasta mentimun sampai tercampur rata. Setelah itu, masukkan bahan lainnya berupa minyak.

Jika semua bahan sudah tercampur rata, Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskan campuran pasta mentimun ke bagian bawah rambut lalu menutupinya dengan topi kondisioner. Biarkan selama 1 jam.

Setelah 1 jam, bersihkan dan bilas menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap minggu, dan rambut Anda akan semakin indah dan terawat.

Membuat Rambut Anda Beraroma Segar

Mentimun selalu berbau sangat menyegarkan. Mengoleskan atau mengoleskan mentimun segar ke rambut Anda dapat menciptakan aroma yang menyenangkan sekaligus membuat kepala Anda terasa segar. 

Cara ini juga bisa dilakukan sebagai cara bersantai. Lakukan ini setiap hari atau minggu; pastikan Anda merasa nyaman dengan keteraturan tersebut.

Baik sayuran maupun kayu manis ini memiliki aroma unik yang bisa mencerahkan hari Anda. Plus, kayu manis memiliki segudang manfaat kesehatan kayu manis yang sulit untuk dilewatkan.

Efek Samping yang Diketahui

Banyaknya manfaat yang diberikan mentimun mungkin membuat Anda ingin segera mengkonsumsinya. Namun hati-hati, jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Alih-alih mendapatkan segudang manfaat, Anda justru mendapatkan efek samping yang akan membahayakan kesehatan tubuh.

Memangnya apa sajakah efek samping yang akan timbul jika Anda mengonsumsi mentimun secara berlebihan?

  • Perut menjadi kembung.
  • Sakit di usus.
  • Alih-alih membuat tubuh lebih terhidrasi, Anda akan kehilangan banyak cairan karena mentimun memiliki sifat diuretik.
  • Kadar vitamin C yang berlebihan.
  • Gangguan kesehatan jantung.
  • Sering bersendawa.
  • Cairan dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Dan lainnya.

Semua efek samping mengkonsumsi mentimun dengan over dosis, bisa menimpa siapa saja, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan pola konsumsi mentimun agar tidak berlebihan, untuk mencegah kemungkinan efek samping. 

Karena jika Anda sudah terkena salah satu efek samping tersebut, Anda perlu mengonsumsi obat untuk mengobatinya. Tak hanya itu, dalam kondisi terburuk pun, Anda perlu menjalani perawatan khusus dari dokter. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form