Piaggio Group Akan Bangun Pabrik Baru di Jakarta


Piaggio


Praktik outsourcing produksi dan manufaktur ke negara lain di mana tenaga kerja dan peralatan lebih murah bukanlah hal baru.

Hal ini terutama berlaku ketika perusahaan berusaha menemukan cara yang lebih hemat biaya untuk memenuhi permintaan di negara tertentu. 

Bahkan pemain terbesar di industri sepeda motor telah melakukan ini selama beberapa dekade, seperti Ducati, KTM, dan BMW yang membangun fasilitas manufaktur di China, Indonesia, dan negara Asia lainnya.

Dilansir dari Motor1, Grup Piaggio, perusahaan induk seperti Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi, juga memiliki fasilitas produksi di Asia, yaitu Vietnam dan China.

Perusahaan diperkirakan akan membuka fasilitas lain di Asia, kali ini di ibu kota Indonesia, Jakarta.

Indonesia, seperti halnya India dan China, merupakan salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia. Faktanya, Indonesia berada di posisi ketiga, dari dua negara tersebut di atas.

Hampir sekitar lima juta sepeda motor dan skuter terjual setiap tahun di Indonesia.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika perusahaan sebesar dan mapan seperti grup Piaggio ingin melayani pasar dengan lebih efisien.

Grup Piaggio menjalani tahun 2021 yang cukup baik di pasar Indonesia. Perusahaan mencatat pertumbuhan besar-besaran 61 persen dalam hal angka penjualan.

Jika semuanya berjalan lancar, 2022 bisa menjadi tahun yang lebih baik, karena perusahaan sekarang memiliki lebih dari 50 dealer dan toko khusus yang tersebar di Jakarta, Bali, Surabaya, dan Yogjakarta.

Dari 50 gerai tersebut, empat di antaranya merupakan showroom Motoplex yang memajang berbagai sepeda motor seperti Aprilia, Moto Guzzi, Vespa, dan Piaggio.

Pabrik baru di Jakarta, Indonesia, diproyeksikan menempati ruang sekitar 55.000 meter persegi.

Piaggio berharap untuk meresmikannya pada paruh kedua tahun 2022. Mengingat beragam pilihan sepeda motor khusus untuk pasar otomotif Asia, berharap sepeda yang lebih kecil di jajaran Grup Piaggio akan diproduksi di fasilitas baru.

Kendaraan roda dua seperti Vespa, serta skuter Aprilia dan sepeda kecil seperti SR GT dan SR 160. Setelah diresmikan, fasilitas perusahaan di Jakarta akan meningkatkan hasil produksi, dan bekerja sama dengan pabrik Piaggio di Vin Puch, Vietnam dan Foshan , Cina. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form