Pele, Maradona, dan Messi, Siapa Pemain Terbaik Piala Dunia?

Lionel Messi
 


Setiap pemain sepak bola akan selalu dibandingkan dengan pemain legendaris yang pernah berjaya di masanya. Tidak terkecuali Lionel Messi yang dibandingkan dengan Maradona dan Pele.

Meski terasa tidak adil, namun begitulah dunia olahraga bola sepak itu. Seberapa hebatnya seorang pemain bola bermain di sebuah klub, pencapaian mereka akan dibandingkan dengan pemain bola legendaris sebelumnya.

Bahkan nama-nama pemain bola yang pernah berjaya seperti David Bekham, Zlatan Ibrahimović, Neymar, dan lain-lain masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Pele dan Maradona.

Saat ini pemain terbaik dunia, Lionel Messi juga dibanding-bandingkan dengan dua legendaris itu. Sayangnya, pemain bertinggi 170 cm itu juga masih kalah. 

Hal itu sangat ironis karena bersama Klub Barcelona, Messi telah meraih 34 piala, diantaranya juara La Liga 10 kali, juara Copa del Rey 7 kali, dan juara Liga Champions UEFA sebanyak 4 kali. 

Selain itu, dia juga mampu mencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola sehingga tidak salah jika dijuluki pemain terhebat sepanjang masa.

Keseluruhan gelar yang diraih Lionel Messi tersebut tidak pernah diraih oleh Pele dan Maradona. Namun Messi tetap dianggap belum bisa dijuluki pemain terbaik dari yang terbaik.

Apa Pasal? Karena dia belum pernah membawa negaranya (Argentina) sebagai juara dunia. 

Prestasi Lionel Messi tertinggi di piala dunia adalah peringkat ke-2 pada 2014. 

Untungnya, sudah ada gelar Copa America 2021 yang menjadi penghibur bagi Messi untuk Tanah Airnya.

Siapa yang Terbaik?

Pele pernah membawa negaranya (Brasil) menjadi pemenang Piala Dunia sebanyak 3 kali, yakni 1958, 1962, dan 1970. Sebuah prestasi yang sulit diraih oleh pemain lain.

Pele


Meski kariernya juga moncer di klub sepak bola Santos, namun prestasi Pele (Pelé ) di klub bola masih dianggap hanya sebatas di Amerika Selatan saja. Dia tidak pernah menyeberang klub Eropa yang menjadi barometer sepak bola dunia.

Singkatnya, Pele belum bisa menduduki singgasana sebagai pemain terbaik.

Oleh sebab itu, pemain bola yang dianggap terbaik dari yang terbaik adalah Maradona. Meski dianggap kontroversial, pemain bertinggi 165 cm itu telah menorehkan prestasi yang sulit disaingi oleh pemain lain.

Maradona

Diego Maradona membawa timnas Argentina menjadi Juara Dunia tahun 1986 dan peringkat ke-2 tahun 1990. Prestasinya dengan Klub Barcelona juga lumayan gemilang.

Lalu, kenapa pemain bernama lengkap Diego Armando Maradona ini disebut yang terbaik? Adalah karena dia secara fenomenal mampu mengangkat klub yang tidak punya nama, Napoli menjadi salah satu klub terbaik di Italia, bahkan di Eropa.

Zidane, Messi, dan Ronaldo memilih klub raksasa dan membuatnya menjadi tajir melintir. Namun Maradona berhasil menyulap klub kecil menjadi raksasa. 

Dalam sejarah sepak bola dunia, hanya Maradona yang mampu melakukan itu.

Bagaimana, apakah Anda setuju bahwa Maradona adalah pemain terbaik dalam sejarah Piala Dunia? Siapa pemain terbaik menurut Anda? [Benhil]



Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form