Manfaat Kesehatan yang Tak Terduga dari Bermain Ludo

Ludo Board Game



Ya, Ludo. Sebuah permainan papan ada di hampir setiap bagian dunia dan dimainkan oleh miliaran pemain.

Karena banyak peneliti telah membuktikan bahwa ada banyak manfaat. Dalam beberapa hal, terdengar tidak begitu konyol ketika orang mengatakan permainan ini memiliki beberapa manfaat kesehatan positif yang 'tak terduga' bagi mereka yang memainkannya.

Jadi, apa faktanya?

Ludo adalah permainan papan yang berasal dari India kuno. Diyakini bahwa permainan tersebut berevolusi dari yang disebut 'Pachisi'.

Bukti tertua, yang menunjukkan pola papan serupa, ditemukan dalam bentuk penggambaran di dinding gua Ellora di kompleks candi Maharashtra kuno.

Kerajaan Inggris, pada tahun 1896, adalah salah satu yang membuatnya menjadi sorotan peradaban manusia dan mematenkan nama yang kita kenal sekarang.

Berangkat dari itu, kita akan membahas lebih lanjut mengenai topik tersebut.

Berikut adalah lima manfaat kesehatan yang tidak terduga dari bermain Ludo board game untuk semua orang yang dikutip dari Dr Health Benefits:

1. Mengembangkan fungsi otak.

Ludo dan permainan papan lainnya sangat menarik. Mereka merangkul gelombang kompetitif pada pemain mereka. Selain itu orang juga akan menganggapnya menyenangkan, menyenangkan, dan menarik.

Permainan semacam ini 'menyalakan' bagian otak yang berhubungan dengan kognisi yang rumit dan ingatan yang berkepanjangan – mendorong kemampuan perseptif yang penting seperti pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

Dari penelitian terbaru, aktivitas yang menahan komponen otak tersebut dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit Alzheimer (AD).

Selain itu, juga dapat meningkatkan kinerja sistem saraf otak yang bertanggung jawab dengan stroke.

Sehingga dengan bermain Ludo dapat menjaga kondisi otak tetap prima dan tetap sehat.

2. Memberikan kesenangan dan menghilangkan stres

Karena ini adalah permainan, itu lebih menyenangkan. Banyak orang memainkan Ludo sebagai media hiburan, acara pesta, ice breaker, 'q-time' keluarga, dll.

Selain itu, juga dapat membawa tawa, keakraban dengan orang lain, dan berbagai aspek afektif. Oleh karena itu, dapat meredakan saraf.

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa tertawa dapat menurunkan tingkat stres. Tidak hanya itu, bersenang-senang dengan orang yang paling kita sayangi, juga melakukan hal-hal tersebut. Jadi, Ludo membuatnya juga.

Dari survei yang dilakukan oleh RealNetworks, Inc., 53% peserta percaya bahwa bermain papan permainan, yang juga merupakan bagian dari Ludo, dapat mengurangi stres.

3. Menurunkan tekanan darah

Selama proses tertawa yang Anda lakukan saat bermain Ludo, banyak hal yang terjadi di dalam tubuh Anda. Bukan hanya semburan kebahagiaan yang terjadi saat itu, tapi juga banyak proses kimiawi.

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa tertawa dapat menurunkan tingkat stres. Tidak hanya itu, bersenang-senang dengan orang-orang yang paling kita sayangi juga melakukan banyak hal.

Jadi, Ludo membuatnya juga. Dari survei yang dilakukan oleh RealNetworks, Inc., 53% peserta percaya bahwa bermain papan permainan, yang juga merupakan bagian dari Ludo, dapat mengurangi stres.

4. Terhindar dari penyakit serius

Berdasarkan poin di atas, sangat yakin bahwa Ludo juga dapat menghindari pemainnya dari penyakit serius yang dipicu oleh emosi.

Tidak hanya stroke dan alzheimer yang sudah disebutkan di poin nomor dua, tapi masih banyak lagi.

Tekanan darah tinggi dapat dikaitkan dengan penyakit serius lainnya seperti kerusakan arteri atau serangan jantung.

Karena dengan bermain ludo dapat menurunkan tekanan darah, sehingga juga dapat mencegah penyakit-penyakit yang mengerikan tersebut. Ini akan membantu mereka menjadi lebih nyaman dan bernapas dengan mudah.

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Beberapa studi percaya bahwa sistem kekebalan tubuh manusia sangat berkorelasi dengan kondisi psikologis dan kondisi mental.

Dari hasil penelitian tersebut, terlihat jelas bahwa orang dengan kondisi mental yang rendah seperti depresi atau pesimis, cenderung memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Oleh karena itu, hal itu juga terjadi dengan cara yang berlawanan.

Sesuai dengan poin nomor dua bahwa Ludo dan permainan papan lainnya dapat menurunkan tingkat stres dan memberikan kesenangan, ternyata mereka juga mampu menghibur kondisi pikiran orang. Dengan begitu, Ludo memperkuat sistem imun tubuh.

Lalu jika anda belum mengetahui aturan dan cara bermain permainan Ludo ini, berikut aturan dan cara memainkannya:

  • Ludo dapat dimainkan untuk minimal dua pemain dan maksimal empat pemain.
  • Masing-masing pemain berdiri sendiri dan tidak dapat saling membantu.
  • Setiap pemain memiliki empat 'pion'. Pemain pertama yang dapat mengirimkan semua bidaknya di tempat yang ditunjuk (tengah papan permainan) adalah pemenangnya.
  • Jika pemain terdiri dari tiga atau empat, setelah pemenang pertama selesai, permainan masih berlanjut untuk menentukan posisi kedua, ketiga dan keempat.
  • Para pemain bergerak searah jarum jam semua pion mereka sesuai dengan pola ubin mereka sendiri sampai menang.

Dan itulah manfaat kesehatan yang tidak terduga dari bermain permainan papan Ludo untuk semua orang, yang dapat menambah wawasan bagi Anda.

Siapa tahu board game bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Jadi ingat, mainkan banyak! [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form