Panduan Cara Beli Nama Domain dan Hosting

Beli Hosting

 

Artikel ini kami sajikan bagi kamu yang sedang mencari informasi cara membeli nama domain dan hosting. Penulis sajikan konten ini untuk mempermudah proses pemesanan domain name serta hosting sampai website kamu berhasil dibuat sampai selesai pembayaranya juga loh. 

Provider penyedia nama domai dan server yang diulas adalah di Niagahoster. Nah untuk step pertama beli domain dan hosting, kamu masuk dulu  ke halaman utama situs resminya, bisa meluncur melalui banner di bawah.

Pada menu utama ada Hosting dengan sub menu Unlimited Hosting. Ada empat pilihan paket hosting yang bisa kamu pilih nih yaitu paket bayi, belajar, personal dan bisnis.

Pilih paket bayi jika kamu masih pemula dan ingin mencoba menggunakan web hosting untuk keperluan website pribadi jadi kamu bisa upload file html yang sudah dibuat dari awal ataupun kamu mau buat meggunakan WordPress untuk tampilan dan juga plug-in yang lebih banyak.

Untuk paket hemat selanjutnya kamu bisa pakai paket pelajar contohnya kalau kamu mau bikin website untuk keperluan bisnis atau UMKM, komunitas dan juga organisasi kamu bisa pilih paket personal dengan kualitas server ukuran dan juga kecepatan yang lebih baik. 

Paket ini juga bisa digunakan untuk pembuatan landing page, hanya perlu beberapa halaman untuk keperluan tertentu. Bisa diiklankan dengan menjalankan Google Ads atau dibagikan melalui medsos untuk mendapatkan traffic (pengunjung).

Nah kalau kamu butuh hosting untuk Website bisnis toko online ataupun portal berita dengan detail kebutuhan yang lebih luas kamu bisa pilih hosing paket bisnis di Niagahoster. Pilihan paket ini, pembeli juga bisa dapat gratis domain dari paket-paket tadi sangat worth it bukan, untuk ekstensi domain yang didapat juga sangat beragam sesuai dengan kebutuhan yang kamu mau.

Jika sudah menentukan nama domain dan paket yang mau dibeli silahkan pilih sekarang untuk melanjutkan proses pembelian, jangan lupa juga untuk pilih durasi paket yang mau diaktifkan. Tapi minimal 1 tahun ya biar kamu bisa dapat domain gratis dari Niagahoster biar tampilan dan nama domain kamu makin kece dan juga terlihat lebih profesional pastinya. 


Atur Nama Domain

Untuk langkah pertama saat mau mengatur nama domain, kalian bisa pilih menu domain baru. Jika belum pernah mempunyai domain sebelumnya dengan layanan hosting lain, tapi kalau kamu sudah pernah punya domain sebelumnya dan mau menggunakan domain lama mu, kamu bisa pilih sudah punya domain tapi pastikan juga nama domain yang kamu beli itu durasinya masih aktif. 

Langkah berikutny, masukkan nama domain lalu klik check domain untuk memastikan domain yang kamu pilih tersedia.

Tambahkan ke cart untuk melanjutkan ke proses pembayaran. Kalau pilihannya sudah punya domain name, hanya tinggal masukkan nama domain tersebut. Lalu klik gunakan domain, selanjutnya domain yang kamu punya akan terhubung dengan paket hosting yang kamu pilih kemudian klik lanjutkan.

Fitur Tambahan Niagahoster

Pada halaman rekomendasi fitur, kamu bisa pilih beberapa fitur seperti auto install website menggunakan platform WordPress. Wajib dipilih agar kamu tidak perlu install WordPress lagi secara terpisah saat hosting dan domain sudah berhasil dibeli.

Kedua pilih fungis pengatur keamanan SSL (Secure Sockets Layer) dan sertifikat atau penggunaan https, gunanya mengamankan pertukaran data dan mencegah penyadapan website. 

Ada juga perlindungan privasi Whois yang bisa kamu aktifkan untuk melindungi nama alamat dan identitas pemilik domain, guna mencegah aktivitas pembajakan dan tindakan spam oleh robot (bot).

Kalau  sudah punya domain sendiri hanya akan ada dua rekomendasi fitur yaitu auto install website WordPress dan keamanan SSL certificate atau https. Berikutnya, klik lanjutkan untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

Metode Pembayaran di Hostinger

Terdapat dua opsi pembayaran yang bisa dipilih, yaitu pembayaran otomatis dengan virtual account atau pembayaran manual melalui transfer bank. Jika pilihannya adalah opsi pembayaran otomatis melalui virtual account, pembelian akan diproses lebih cepat, tanpa perlu mengunggah bukti pembayaran. 

Tapi kalau pilihannya pembayaran manual melalui transfer bank, kamu harus menyiapkan bukti transfer untuk diunggah pada member area Niagahoster.

Kalau kamu sudah pernah bikin akun sebelumnya pilih masuk lalu masukkan email dan password, tapi kalau belum punya akun Niagahoster, pilih daftar untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. 

Kalau data diri sudah selesai diisi klik daftar  untuk memproses pembayaran. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi pembayaran di member area, jangan lupa cek email untuk melihat tagihan pembayaran. 

Setelah seluruh proses beli nama domain dan hosting di Niagahoster selesai, higga ke tahapan terakhir, selamat website kamu sudah berhasil dibuat, siap dibangun, tinggal isi konten. Cek juga layanan lainya dari Niagahoster, penyedia layanan hosting terbaik Indonesia, kalau masih perlu tambahan fitur ataupun kebutuhan lainya.

Previous Post Next Post

Contact Form