8 Manfaat Kopi untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

 

Manffat Ngopi

Ketika seseorang didiagnosa menderita diabetes, banyak hal yang berubah seperti gaya hidup, kebiasaan sehari-hari dan khususnya, pola makan.

Beberapa jenis diabetes dianggap sebagai kondisi yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya tetapi diabetes dapat dikelola, dikendalikan dan dicegah selama di penderita mau mengubah gaya hidup, kebiasaan sehari-hari dan pola makan.

Namun, tahukah Anda bahwa meskipun kopi mungkin buruk bagi kita, tetapi tidak boleh menyerah untuk menikmati kopi pagi?

Hal ini karena ada banyak manfaat kesehatan dari kopi untuk diabetes yang belum diketahui banyak orang.

Kopi versus Diabetes

Sebelum membahas tentang manfaat kesehatan kopi untuk diabetes, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu tentang keterkaitan kopi dan diabetes.

Ada banyak diskusi yang menekankan kopi buruk bagi kesehatan. Namun, meskipun mungkin manfaat kesehatan dari berhenti minum kopi lebih dari kopi yang bisa memberikan manfaat kesehatan masih beberapa orang mungkin menempatkan diri dalam risiko hanya untuk secangkir kopi pagi yang bahagia.

Nah, jangan salahkan kopi untuk semua masalah kesehatan yang Anda miliki karena beberapa penelitian terbaru tentang kopi menunjukkan dampak positif dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dikutip dari Dr Health Benefits, selama 20 tahun terakhir, Universitas Harvard telah melakukan penelitian mengenai kemungkinan kopi dalam mencegah diabetes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang meningkatkan konsumsi kopi dapat menurunkan risiko diabetes hingga 11 persen, sedangkan mereka yang mengurangi konsumsi kopi memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes hingga 17 persen.

Nutrisi Kopi

Dari hasil tersebut di atas Anda dapat melihat bahwa kopi adalah pencegahan yang mungkin terhadap diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Namun, penelitian yang sama menunjukkan bahwa bukan kafein yang menyebabkannya, sebaliknya kafein mungkin menjadi penyebab utama penurunan kopi. 

Di satu sisi, kopi mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes, namun di sisi lain, kopi memiliki dampak tersendiri bagi penderita diabetes. 

Itu sebabnya mempelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan kopi untuk diabetes dapat membantu Anda memahami peran kopi dalam mencegah diabetes.

Kopi Meningkatkan Resistensi Insulin

Semua penelitian terkait tentang kopi dan diabetes mungkin menunjukkan hasil yang sama bahwa kopi mampu meningkatkan resistensi insulin. 

Namun, pada saat yang sama, kopi juga menyebabkan gula darah pasca makan lebih tinggi. Dengan kata lain, kopi dapat mengoptimalkan fungsi insulin tetapi kopi dapat berbahaya bagi penderita diabetes tipe 2.

Kopi Meningkatkan Toleransi Tubuh

Salah satu manfaat kesehatan kopi yang berhubungan dengan diabetes adalah konsumsi kopi dalam jangka panjang dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap diabetes karena kopi mengandung zat yang dapat mempengaruhi glukosa dan insulin.

Klaim ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Kopi Mencegah Diabetes Tipe 2

Ada beberapa jenis diabetes tetapi diabetes tipe 2 merupakan kasus yang umum terjadi karena berkaitan erat dengan pola makan yang tidak sehat.

Mereka yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 merespon tubuh mereka secara berbeda terhadap insulin.

Namun, dalam kondisi normal, kopi dapat menyebabkan jumlah insulin yang lebih tinggi, oleh karena itu kopi dapat digunakan untuk mencegah diabetes tipe 2.

Kopi Penguat Energi Luar Biasa

Beberapa gejala diabetes seperti lesu dan mengantuk. Kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah penambahan berat badan dan perkembangan diabetes tipe 2.

Kopi adalah penambah energi yang sangat baik, sehingga Anda selalu memiliki energi untuk melakukan aktivitas dan membakar lebih banyak kalori.

Kopi Mengandung Polifenol

Ketika berbicara tentang kopi, hal pertama yang terlintas di benak orang adalah kandungan kafeinnya. 

Faktanya kopi juga mengandung nutrisi lain dan senyawa organik seperti polifenol yang menurut beberapa penelitian sangat baik dalam mencegah diabetes dan penyakit kronis lainnya seperti kardiovaskular dan kanker.

Mineral yang Ditemukan dalam Kopi Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, kafein bukanlah satu-satunya zat yang ditemukan dalam kopi. Kopi juga merupakan sumber mineral tertentu yang sangat baik seperti potasium dan magnesium.

Manfaat kesehatan utama dari kalium adalah menyingkirkan natrium yang berlebihan dalam aliran darah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah.

Kopi Menurunkan Risiko Stroke

Stroke dan serangan jantung merupakan komplikasi lain yang sering dialami oleh pasien diabetes atau sebaliknya, kondisi tersebut dapat menyebabkan kondisi diabetes. Itu karena kadar gula darah dalam aliran darah Anda juga mempengaruhi kinerja sistem kardiovaskular. 

Jika kopi bisa membantu menurunkan risiko stroke, tentunya Anda juga bisa menurunkan risiko diabetes.

Kopi Sumber Antioksidan yang Sangat Baik

Antioksidan adalah zat kuat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan kopi merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik.

Radikal bebas bukanlah sesuatu yang dapat Anda tangani hanya dengan menghindarinya, tetapi memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup antioksidan adalah cara terbaik untuk melawan efek terburuk dari radikal bebas.

Mungkin, tidak ada cara yang lebih baik atau lebih enak untuk melawan radikal bebas selain secangkir kopi yang nikmat.

Perhatian Kopi

Ketika berbicara tentang kopi dan diabetes, ada lebih banyak penelitian yang mendukung fakta bahwa kopi dapat menurunkan risiko diabetes.

Namun, jangan jadikan kabar baik itu sebagai alasan untuk menikmatinya tanpa pertimbangan.

Seperti disebutkan di atas, kopi mungkin baik untuk mencegah diabetes tetapi karena kemampuannya dalam mempengaruhi insulin, kopi bisa berbahaya bagi mereka yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Ada satu lagi jenis diabetes, diabetes gestasional yang terjadi selama kehamilan. Jangan jadikan kabar baik tersebut di atas sebagai alasan ibu hamil untuk minum kopi karena kafein dalam kopi bisa menjadi kabar buruk bagi janin.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda tambahkan ke kopi Anda seperti gula, sirup, atau produk susu yang dapat meningkatkan risiko diabetes alih-alih menguranginya karena jumlah kalori dan karbohidrat.

Jika Anda mengkhawatirkan kebiasaan minum kopi pagi Anda meskipun delapan poin tentang manfaat kesehatan kopi untuk diabetes seperti yang disebutkan di atas telah didukung oleh studi penelitian yang andal, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk minum kopi tanpa kafein daripada biasa.

Satu lagi, ada banyak sekali jenis kopi yang bisa Anda coba, masing-masing memiliki manfaat tersendiri seperti manfaat kopi ganoderma untuk kesehatan, kombinasi kopi dan ganoderma mungkin memberikan manfaat lebih dari yang biasa. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form