Ternyata Makan Ikan Nila Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan Nila

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang dibudidayakan. Spesies ikan ini berasal dari Timur Tengah dan Afrika, tetapi sekarang kita dapat menemukan ikan ini di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Ikan yang memiliki nama ilmiah (Oreochromis niloticus) ini terkenal karena memiliki daging yang ringan, bersisik dan keras.

Tak hanya itu, ikan ini juga sarat dengan nutrisi. Anda dapat menikmati nila dengan menggorengnya untuk taco, memasukkannya ke dalam rebusan atau menyajikannya di atas roti.

Nila populer karena harganya lebih terjangkau daripada selebriti seafood lainnya, seperti udang dan salmon. Dalam fillet ikan nila 3 ons, Anda bisa mendapatkan 111 kalori, 23 gram protein, 2 gram lemak, dan 0 gram karbohidrat.

Baca juga: Minum Air Putih 3 Liter Setiap Hari Memberikan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

Tilapia tidak hanya rasanya yang enak, tetapi juga kaya akan nutrisi. Tak heran, ada banyak manfaat kesehatan dari mengkonsumsi atau memakan ikan ini.

Mari kita terus mengeksplorasi masing-masing manfaat kesehatan dari makan ikan nila seperti yang dilansir dari Dr Health Benefits.

1. Kaya akan Protein dan Nutrisi

Ikan nila kaya akan nutrisi dan sumber protein yang cukup mengesankan. Tak hanya itu, ikan nila juga kaya akan niasin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium.

Kalium adalah elektrolit yang membantu tubuh Anda menjaga keseimbangan cairan yang sehat. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi ini agar saraf dan otot Anda dapat berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Memasukkan ikan nila ke dalam menu adalah pilihan yang cerdas, terutama jika Anda khawatir dengan hati Anda.

Mengkonsumsi ikan nila telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke dan aterosklerosis karena kaya akan asam lemak omega-3.

Asam lemak esensial ini telah dikaitkan dengan kadar trigliserida yang lebih rendah dalam sistem kardiovaskular dan kolesterol.

3. Tingkatkan Otak Anda

Asam lemak omega-3 pada ikan nila bermanfaat untuk otak. Ada hubungan mengonsumsi ikan nila dengan peningkatan fungsi neurologis dan mungkin berperan dalam melindungi pikiran Anda dari demensia dan kondisi mental degeneratif lainnya.

4. Bantu Kelola Berat Badan Anda

Makan ikan nila akan membuat Anda kenyang tanpa menambah berat badan atau menambah lingkar pinggang Anda. Itu sebabnya baik untuk menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan. Ini tinggi protein tetapi rendah kalori dan lemak.

Baca juga: Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, maka habiskan untuk berjalan lebih banyak. Dapatkan semua ide tentang manfaat kesehatan jalan kaki untuk menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan nila merupakan sumber fosfor yang baik yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Ini memang jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Gigi dan kuku Anda membutuhkannya agar kuat dan tahan lama. Osteoporosis juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi ikan nila.

6. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Ikan nila kaya akan protein karena memenuhi lebih dari 15% kebutuhan harian kita hanya dalam satu porsi Protein secara langsung berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran, sel, dan bahkan otot yang tepat.

Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup untuk memastikan bahwa mereka berkembang dengan baik. Hal ini juga diperlukan untuk pertumbuhan otot, aktivitas metabolisme sistem organ serta perbaikan sel.

6. Mencegah Penuaan Dini

Siapa tahu mengonsumsi ikan nila bisa mencegah Anda dari penuaan dini? Hal ini memang. Selenium, antioksidan dalam ikan nila, mampu meremajakan dan merangsang vitamin C dan E.

Kedua vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit Anda. Pengurangan kerutan, bintik-bintik penuaan dan tanda-tanda penuaan lainnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi ikan nila.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selenium dalam ikan nila juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih. Hasilnya, sel darah putih mampu melindungi tubuh dari racun dan benda asing lainnya.

Mengkonsumsi ikan nila memberi Anda banyak manfaat kesehatan. Namun, ada beberapa peringatan yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi.

Pastikan Anda membeli nila yang dibudidayakan dari perikanan di mana regulasi ketat kualitas perikanan dikontrol dan diikuti.

Karena kaya akan asam lemak omega-6, orang yang memiliki kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya harus berhati-hati untuk makan ikan nila terlalu banyak.

Anda bisa mengonsumsi beberapa alternatif, seperti salmon, cod atau sarden. Dapatkan beberapa ide dari manfaat kesehatan ikan cod asin dan manfaat kesehatan ikan salmon untuk anak-anak. 

Ada beberapa risiko mengkonsumsi ikan nila, seperti risiko peningkatan peradangan, keracunan merkuri, pestisida dan lain-lain. Karena itu pastikan Anda membelinya dari peternak ikan terpercaya. Ikan nila dapat dinikmati dalam beberapa masakan, seperti ikan nila bakar, ikan nila taco, dan lain-lain. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form