Minum Air Putih 3 Liter Setiap Hari Memberikan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

 

Air Mineral

Air merupakan salah satu yang sangat vital bagi kesehatan manusia. Perlu diketahui bahwa sekitar 45 sampai 75% dari berat badan mita terdiri dari air.

Air memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan jantung, manajemen berat badan, kinerja fisik dan fungsi otak. 

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah Anda pikir Anda sudah cukup minum air putih sehari?

Dokter menyarankan agar kita setidaknya harus minum 3 liter air sehari. Dengan demikian, tubuh kita akan tetap terhidrasi dan dapat melakukan yang terbaik. 

Namun, bagi sebagian orang, mungkin sulit untuk menyelesaikan minum 3 liter air setiap hari. Dilansir dari Dr Health Benefits, ada banyak manfaat kesehatan dari minum 3 liter air sehari. 

Mari kita pahami lebih baik 9 manfaat kesehatan dari minum air putih 3 liter sehari.

1. Membersihkan Racun di Dalam Tubuh Anda

Minum 3 liter air setiap hari akan membantu mengeluarkan bakteri dan racun yang terperangkap dalam sistem tubuh Anda. 

Beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan minum lebih banyak air, ginjal akan membuang limbah dan racun yang melewati hati dengan lebih efektif.

2. Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Minum air putih 3 liter sehari, akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih baik. 

Anda bisa melakukannya dengan minum air putih sesaat sebelum makan. Melakukan hal ini akan merangsang perasaan kenyang dan akibatnya bisa mengurangi nafsu makan.

Minum air juga akan meningkatkan metabolisme Anda untuk sementara. Ketika metabolisme Anda meningkat, maka Anda dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minum air akan membantu menghidrasi penghalang kulit Anda serta membilas bakteri di bawah permukaan kulit Anda. Bakteri inilah yang menyebabkan jerawat. 

Ada beberapa faktor lain dari jerawat, seperti stres, diet dan faktor lingkungan. Ketika kulit Anda mengalami dehidrasi atau stres, maka air dapat membantu membersihkan kulit Anda.

Baca juga: Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Minum lebih banyak air dapat meningkatkan kesehatan kulit karena meningkatkan hidrasi dan elastisitas sekaligus mengurangi kekasaran dan kekeringan.

Minum air putih adalah cara untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam. Ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan kulit dari luar, seperti mengoleskan krim atau minyak esensial. 

4. Merangsang Gerakan Usus Normal

Proses pencernaan dan pembuangan limbah juga dirangsang oleh air minum. 

Jika Anda mengalami sembelit inkontinensia, maka Anda bisa menyembuhkannya dengan minum tiga liter sehari. 

Cobalah minum air putih dicampur lemon di pagi hari sebelum sarapan. Ini dapat membantu kembung dan pencernaan juga.

5. Mencegah Kram

Wanita cenderung mengalami kram, terutama saat sedang dalam siklus menstruasi. Itu karena otot lebih berkontraksi. Dengan minum tiga liter air sehari, Anda akan membantu otot Anda.

Ada beberapa kesempatan lain di mana Anda biasanya mengalami kram, seperti ketidakseimbangan elektrolit atau kekurangan mineral. Minum tiga liter air akan membantu mencegah kram tersebut.

6. Meningkatkan Kinerja Mental dan Fisik

Tahukah Anda bahwa ketika Anda tidak minum cukup air, kapasitas mental Anda juga menurun?

Ya itu. Manusia tidak dapat berfungsi atau hidup dengan baik tanpa air karena air adalah elemen terpenting dalam hidup Anda.

Tidak heran para atlet bisa menderita hipovolemia ketika mereka tidak mendapatkan cukup air. Hipovolemia adalah gangguan yang menyebabkan penurunan plasma darah.

7. Mencegah Batu Ginjal

Seperti yang Anda ketahui, batu ginjal bisa terbentuk saat Anda kurang minum air putih.

Air bermanfaat untuk membersihkan kristal yang terbentuk di ginjal Anda. Jadi, ketika Anda minum 3 liter air sehari, Anda benar-benar membersihkan ginjal Anda. Bila ginjal Anda bersih, maka kemungkinan terkena batu ginjal semakin kecil.

8. Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum.

Baca juga: Ternyata Minyak Sawit Bisa Kurangi Resiko Terkena Kanker

Namun, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minum air putih dapat membantu meredakan sakit kepala. Namun, harus ada lebih banyak penelitian berkualitas tinggi untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

9. Tingkatkan Mood

Ada ulasan yang menyatakan bahwa peningkatan asupan air akan bermanfaat untuk membantu fungsi otak dan suasana hati, terutama pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua.

Jadi, Anda telah melihat manfaat kesehatan dari minum 3 liter air sehari. Sekarang, saatnya Anda membiasakan diri dengan kebiasaan ini.

Minumlah air sebanyak yang Anda bisa sebelum seseorang dapat membatasi asupan air Anda nanti ketika Anda sakit. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form