Kenapa Dianjurkan Makan Gorengan Pas Masih Panas?

Aneka Gorengan

Aneka gorengan, seperti pisang, mendoan, dan tahu petis masih menjadi makanan favorit masyarakat, meski efek buruknya sering diterangkan. Namun, makan gorengan selagi masih panas bisa mengurangi efek buruknya.

Gorengan memang nikmat, apalagi jika dinikmati sore hari sembari minum teh atau kopi hangat. Ditambah lagi, harga kudapan ini relatif murah, sehingga semua kalangan bisa menikmatinya.

Tentu sudah sering diterangkan kalau makanan ringan jenis ini punya efek buruk bagi kesehatan karena mengandung lemak jenuh tinggi sehingga bisa mengakibatkan penyakit fatal, seperti stroke, dan jantung. Jadi disarankan jika ingin mengkonsumsi gorengan, sebaiknya seminimal mungkin, cukup satu atau dua saja.

Itu pun masih ada syarat lain, yakni sebaiknya makan gorengan pas masih panas. Kenapa begitu? karena makanan panas atau hangat lebih mudah dicerna oleh perut sehingga tidak akan menjadi sampah bagi tubuh kita.

Menetralisir Efek Negatif Gorengan

Ikhtiar untuk mengurangi efek buruk gorengan bagi tubuh kita sebenarnya tidak cukup hanya dikonsumsi saat masih panas saja. Masih ada beberapa cara agar tubuh kita terhindar dari penyakit akibat makanan favorit tersebut.

Berikut ini beberapa cara untuk menetralisir efek negatif gorengan yang dikumpulkan dari berbagai sumber, yaitu:

1. Minum air hangat

Setelah makan kudapan yang digoreng, sebaiknya kita perlu minum air hangat karena itu bisa melancarkan kerja sistem pencernaan kita. Air hangat mampu mengurai nutrisi menjadi mudah dicerna bagi pencernaan dan membawa limbah keluar tubuh lewat pembuangan.

2. Minuman Sehat

Mengonsumsi minuman sehat atau detoks, seperti jus sirsak dan jus lemon bisa membantu membuang racun di sistem pencernaan setelah makan berbagai masakan yang mengandung minyak.

3. Aktivitas Fisik

Beraktivitas fisik selama 30 menit setelah makan bisa membantu motilitas perut, meningkatkan fungsi pencernaan, dan juga menyeimbangkan berat badan. Aktivitas fisik bisa berupa jalan kaki, berkebun, mencuci mobil, dan masih banyak lagi.

4. Mengatur Pola Makan

Kita perlu mengatur pola makan lebih disiplin seusai mengkonsumsi gorengan. Makanan siap saji dan masakan berminyak sebaiknya dihindari, dan menggantinya dengan makanan sehat, semacam sayuran dan buah-buahan segar.

5. Minum Yoghurt

Yoghurt adalah asupan yang mampu menyeimbangkan kesehatan pencernaan secara efektif dengan cara mendukung fungsi bakteri baik pada usus dan juga meningkatkan kekebalan.

6. Jauhi Minuman Dingin

Makan gorengan ditemani segelas es teh memang tampak nikmat, tapi sebaiknya hal itu dihindari. Makanan dan minuman dingin akan menyebabkan makanan berminyak menjadi semakin sulit dicerna. Itulah sebabnya, saat makan gorengan ditemani minuman dingin akan menyebabkan perut kita menjadi kembung dan pencernaan terganggu.

Lima cara di atas hanya sebagai upaya semata. Upaya yang paling ampuh adalah mengurangi makan gorengan agar kesehatan kita selalu terjaga, karena mencegah penyakit selalu lebih baik daripada mengobatinya. [Benhil Online]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form