5 Cara Menciptakan Gaji Ke-13 untuk Pegawai Swasta

Uang

Sengaja saya ulas tentang gaji ke-13 ini beberapa hari setelah pendapatan tersebut diserahkan kepada masing-masing penerima. Kabar tentang pendapatan tambahan dari pemerintah itu sudah pasti menimbulkan perasaan iri bagi yang tidak menerima. Tapi tidak perlu berkecil hati, kita bisa mendapatkannya dari sumber lain. 

Seperti telah disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bahwa gaji ke-13 bagi ASN (aparatur sipil negara), TNI, Polri, dan pensiunan dimulai pembayarannya pada 1 Juli 2022. Pembayaran gaji ke-13 sebagai wujud penghargaan pada kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan para pensiunan saat menangani pandemi yang diwujudkan dalam berbagai pelayanan masyarakat dan tugas-tugas yang tetap dijalankan apapun risikonya.

Baca Juga: Gelar Wayang Kulit Sukses Setiap Kelurahan di Banyumanik Semarang

“Kita mengharapkan dengan adanya THR dan gaji ke-13, percepatan pemulihan ekonomi nasional akan semakin didorong dengan menambah daya beli masyarakat, khususnya pada saat menjelang tahun ajaran baru,” kata Menkeu pada konferensi pers, Selasa, 28 Juni 2022.

Perempuan kelahiran Semarang itu menambahkan pembayaran gaji ke-13 (sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2022 dan aturan perundangan yang menyangkut ASN daerah) diberikan sebesar gaji atau pensiunan pokok ditambah dengan tunjangan melekat pada gaji atau pada pensiunan pokok. Tunjangan melekat itu terdiri dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural/fungsional atau tunjangan jabatan secara umum, dan ditambah 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi ASN yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Menkeu juga berterima kasih kepada seluruh penerima gaji ke-13 yang telah melaksanakan tugas selama masa pandemi dengan terus menjaga pelayanan, serta mengawal proses pemulihan ekonomi nasional.

“Sehingga Indonesia mampu untuk menjaga dan terus memulihkan kembali perekonomian dan sosial akibat pandemi dan saat ini juga menyiapkan diri terhadap guncangan-guncangan baru yang berasal dari situasi geopolitik,” ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: Tailor Indonesia Manjakan Pelanggan dengan Busana Berkelas

Kabar seperti itu tentu sangat menyenangkan bagi para penerima, namun bagi pekerja yang tidak memperoleh gaji tambahan itu tentu bikin pilu. Pekerja sektor swasta, baik itu buruh, pegawai swasta, termasuk tenaga lepas dan sektor nonformal juga tetap berkontribusi dan mengabdi pada perekonomian nasional saat Pandemi Covid.

Konyol kalau para pegawai swasta menuntut gaji ke-13 pada para pemberi kerja, apalagi yang usahanya kurang mendatangkan profit atau keuntungan, seperti kuliner, penginapan, dan transportasi. Mereka sudah diberi pekerjaan saja sudah merupakan anugerah besar. Mereka juga tidak bisa menuntut pada pemerintah karena bukan digaji oleh negara.

Lalu dari mana para pegawai swasta tersebut mendapat gaji ke-13?

Baca Juga: APBN Surplus Rp 73,6 T, Tokoh Ini: Ekonomi Indonesia Hanya Bertahan 20 Tahun

5 Cara Mencari Penghasilan Tambahan

Tenang sobat, tidak usah pilu atau iri melihat pegawai pemerinta mendapat gaji ke-13, kita bisa mendapatkannya dari keringat dan kemampuan kita sendiri. Saat ini banyak cara untuk menambah penghasilan dengan gampang dan cepat. Pada tulisan ini penulis mengulas lima cara saja, yaitu:

 

1. Bergabung Menjadi Ojol

Sejak muncul pada tahun 2015, keberadaan ojol (ojek online)yang digawangi Gojek dan Grab semakin dominan dalam melayani masyarakat. Fitur yang tersedia di aplikasi ojol yaitu, transportasi, kirim makanan, kirim barang, dan lain-lain.

Seiring waktu, trend ojol semakin naik sebagai sumber penambah penghasilan, apalagi pemain baru juga terus bertambah. Dengan hanya bermodal motor, seorang ojol bisa langsung bekerja mencari pesanan. Oleh sebab itu, banyak pekerja formal yang menjadikan ojol sebagai pekerjaan sambilan.

Baca juga: Batik Semarang Semakin Dikenal Karena Kelas Menengah

2. Memanfaatkan Kemampuan

Saat ini banyak website yang merekrut freelancer (pekerja lepas), seperti Freelancer, Upwork, Fiverr, dan lain-lain. Situs itu mempertemukan mereka yang membutuhkan pekerja lepas dan pencari kerja. Bahkan, untuk website pencari kerja dari luar negeri akan membayar dengan dolar (yang tentu saja jauh lebih besar daripada bayaran lokal).

Keahlian yang dicari antara lain; penulis konten, design grafis, translator, penggiat internet marketing dan lain-lain. Jadi buat kalian yang merasa memiliki kemampuan yang dicari di situs tersebut bisa langsung daftar.

3. Usaha Kuliner

Usaha kuliner juga bisa menjadi sarana untuk menambah penghasilan. Banyak ragam bisnis makanan yang bisa dipilih, yaitu angkringan, nasi goreng, penyetan, gorengan, dan lain-lain.  

4. Kerja Nonformal

Banyak pekerja nonformal yang bisa dilakukan setelah pekerjaan formal, salah satunya adalah tukang parkir. Tidak banyak yang tahu kalau kerja sebagai tukang parkir itu memberikan penghasilan yang lumayan.

Selain tukang parkir, kerja nonformal lain adalah petugas pengatur jalan, penyeberang jalan, makelar, dan masih banyak lagi.

5. Mengajar Les

Mengajar les mata pelajaran, les mengaji, les olahraga, dan les lainnya masih selalu dibutuhkan di masyarakat. Banyak orang tua yang membutuhkan guru les karena mereka tidak punya waktu dan tidak mampu dengan pelajaran di sekolah. Dukungan orang tua, untuk medorong pendidikan anak yang lebih baik adalah ceruk pasar yang baik bagi guru privat.

Oleh karena itu, mengajar les masih merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Waktu mengajar biasanya fleksibel, jadi bisa dilaksanakan setelah seorang guru selesai bekerja formal.

Salah satu dari lima cara itu bisa dipilih sebagai sarana untuk menambah penghasilan sebagai ganti gaji ke-13. Bahkan nominalnya bisa jauh lebih besar. [Benhil]


Baca Juga: Cara Gampang Menambah Penghasilan


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form