Cara Menambah Penghasilan Paling Gampang dan Cepat


Saat ini adalah era kemakmuran tersebar, di mana siapa saja yang ingin hidup makmur dan layak bisa mendapatkannya. Syaratnya cuma satu, usaha.

Era kemakmuran tersebar ini tidak terjadi sebelum kemunculan telepon pintar. Dulu orang harus berpikir keras untuk menambah penghasilan. Saat itu, kebanyakan cara untuk menambah isi dompet adalah dengan usaha kuliner, salah satunya adalah buka warung angkringan (yang tidak membutuhkan keahlian memasak).

Kenapa telepon pintar membawa kemakmuran? Karena adanya aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengguna, baik untuk pesan makanan, transportasi, pengiriman, jasa kebersihan, dan masih banyak lagi.

Mitra yang melayani pengguna yang memesan lewat telepon pintar juga mendapakan pembayaran lumayan. Semakin rajin seorang mitra, maka semakin banyak pendapatan yang bisa dikumpulkan olehnya.

Pendapatan itu bisa dipakai untuk membeli kebutuhan hidup dan membeli kemewahan yang tersedia di mall. Dua puluh tahun lalu hanya orang menegah ke atas yang bisa makan di resto franchise, seperti Mc Donald dan Piza Hut. Namun sekarang semua juga bisa membawa keluarganya ke resto-resto sekelas itu, termasuk mereka yang berprofesi sebagai pengemudi ojol (ojek online).

Jadi tidak ada alasan bagi seseorang yang merasa hidupnya susah. Asalkan dia mau berusaha menambah penghasilan, maka kehidupan layak pasti lambat laun akan dia dapat.  

 

Lima Cara Menambah Penghasilan

Saat ini banyak cara untuk menambah penghasilan paling gampang dan cepat. Pada tulisan ini penulis mengulas lima cara saja, yaitu:

 

1. Bergabung Menjadi Ojol

Sejak muncul pada tahun 2015, keberadaan ojol yang digawangi Gojek dan Grab semakin dominan dalam melayani masyarakat. Fitur yang tersedia di aplikasi ojol yaitu, transportasi, kirim makanan, kirim barang, dan lain-lain.  

Seiring waktu, trend ojol semakin naik sebagai sumber penambah penghasilan, apalagi pemain baru juga terus bertambah. Dengan hanya bermodal motor, seorang ojol bisa langsung bekerja mencari pesanan. Oleh sebab itu, banyak pekerja formal yang menjadikan ojol sebagai pekerjaan sambilan.

 

2. Memanfaatkan Kemampuan

Saat ini banyak website yang merekrut freelancer (pekerja lepas), seperti Freelancer, Upwork, Fiverr, dan lain-lain. Situs itu mempertemukan mereka yang membutuhkan pekerja lepas dan pencari kerja. Bahkan, untuk website pencari kerja dari luar negeri akan membayar dengan dolar (yang tentu saja jauh lebih besar daripada bayaran lokal).

Keahlian yang dicari antara lain; penulis konten, design grafis, translator, dan lain-lain. Jadi buat kalian yang merasa memiliki kemampuan yang dicari di situs tersebut bisa langsung daftar.

 

3. Usaha Kuliner

Seperi telah disebutkan sebelumnya, usaha kuliner juga bisa menjadi sarana untuk menambah penghasilan. Banyak usaha makanan yang bisa dipilih, yaitu angkringan, nasi goreng, penyetan, gorengan, dan lain-lain.  

Namun saat ini usaha kuliner kurang menguntungkan. Apa pasal? Dampak pandemi Covid 19 mengakibatkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan memilih terjun ke usaha makanan. Bisa kita lihat sejak pandemi banyak orang mencoba menjajal peruntungan usaha makanan di pinggir jalan. Banyak yang berguguran, hanya sedikit yang masih bisa bertahan.

 

4. Kerja Nonformal

Banyak pekerja nonformal yang bisa dilakukan setelah pekerjaan formal, salah satunya adalah tukang parkir. Tidak banyak yang tahu kalau kerja sebagai tukang parkir itu memberikan penghasilan yang lumayan. 

Selain tukang parkir, kerja nonformal lain adalah petugas pengatur jalan, penyeberang jalan, makelar, dan masih banyak lagi.

 

5. Mengajar Les

Mengajar les mata pelajaran, les mengaji, les olahraga, dan les lainnya masih selalu dibutuhkan di masyarakat. Banyak orang tua yang membutuhkan guru les karena mereka sudah angkat tangan dengan kesulitan pelajaran di sekolah. Apalagi bagi orang tua yang keduanya bekerja, tentu sampai rumah sudah sangat payah. Oleh karena itu, mengajar les masih merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Waktu mengajar biasanya fleksibel, jadi bisa dilaksanakan setelah seorang guru selesai bekerja formal.

Salah satu dari lima cara itu bisa dipilih sebagai sarana untuk menambah penghasilan. Jika kita rajin, maka kemakmuran dan kehidupan layak bisa kira rasakan meski profesi kita adalah pekerja biasa. Ingat, saat ini kemakmuran bukan hanya monopoli kalangan menengah ke atas saja. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form