Lidah Mertua
 

Jakarta – Lidah mertua atau Sansevieria merupakan tanaman hias dengan ujung daunnya yang runcing dan terkesan tajam. Tanaman ini memiliki jenis yang beragam dan sangat cocok diletakan di dalam rumah, hanya perlu diletakkan dalam pot yang sesuai tanaman ini bisa beri kesan estetik di rumahmu lho.

Tanaman ini berasal dari berbagai daerah seperti Arab, India, Indonesia, Afrika, dan Afrika Selatan. Dia datang dari daerah alam yang panas dan tak miliki suhu beku, beberapa manfaatnya untuk lingkungan disajikan pada blog Benhil ini.

Perawatan dari lidah mertua pun mudah, sehingga tidak hanya penampilannya saja yang membuat orang-orang tertarik untuk memeliharanya. Namun, ternyata tidak hanya itu lidah mertua pun mampu membersihkan udara lho, tanaman ini bisa menyerap racun maupun polusi sehingga memberikan udara yang segar. Untuk itu baik sekali jika tanaman ini diletakkan di tiap ruangan di rumahmu.

Berikut 5 jenis lidah mertua yang dapat membuat ruanganmu lebih terlihat estetik yang dilansir dari leafyplace:

1. Sansevieria Trifasciata - Black Gold
Jenis yang satu ini pasti kamu sering melihatnya, tanaman ini memiliki karakteristik daun berbentuk pipih berwarna hijau tua dengan pinggiran berwarna kuning. Lidah mertua yang satu ini memiliki daun kaku yang tumbuh ke atas sehingga memberikan kesan ramping. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 90 cm dan daunnya dan melebar hingga 6 cm serta dapat hidup dalam cahaya redup dan penyiraman yang jarang.

2. Sansevieria Trifasciata - Futura Robusta
Lidah mertua ini memiliki ciri daun berbentuk pedang berwarna hijau keabu-abuan dengan pola garis-garis. Tanaman yang satu ini hanya dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm dan dapat tumbuh meskipun jarang dilakukan penyiraman.

3. Sansevieria Ehrenbergii - Banana
Jenis satu ini diberi nama banana karena bentuk daunnya seperti pisang. Namun juga digambarkan seperti bentuk perahu karena bagian dasar bulat dan bagian atas melengkung ke dalam. Warnanya hijau muda dengan garis samar yang memanjang.

Ciri khasnya yakni terdapat satu daun lurus yang tumbuh di tengah, sementara daun lainnya melengkung keluar dari kedua sisi daun di bagian tengah. Untuk jenis lain yang tidak biasa terdapat jenis di mana warna bagian atas hijau keabu-abuan dan sisi bawah berwarna kuning cerah seperti warna pisang.

4. Sansevieria Kirkii
Lidah mertua yang satu ini terbilang unik, karena berbeda dengan jenis lainnya Sansevieria Kirkii memiliki aroma. Aroma ini cocok sekali kamu jadikan pengharum di dalam ruangan. Ukurannya yang kecil dan berbentuk menyerupai bintang cocok kamu letakkan di atas meja ruang tamu atau meja kerja.

5. Sansevieria Stuckyi
Jenis yang satu ini sangat terlihat berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya, Sansevieria Stuckyi memiliki daun berbentuk bulat dan panjang. Warnanya yang mendekati hijau tua ini cocok kamu letakkan di dekat tembok berwarna cerah, perlu kamu ketahui juga tanaman lidah mertua jenis ini bisa tumbuh hingga dua meter.

Itulah ke-5 jenis lidah mertua yang cocok kamu letakkan di dalam rumah baik di kamar, ruang tamu, atau pun ruang kerja. Kamu bisa mengkreasikannya dengan pot cantik sehingga mendukung ruanganmu terlihat lebih estetik. Selamat mencoba!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

- Arti Gacor di Kalangan Pencinta Burung atau Kicau Mania

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.