Artikel ini kami sajikan untuk membantu pemilik notebook, cara merawat laptop dengan baik dan benar. Agar tidak menimbulkan kerusakan pada perangkat keras yang jika diperbaiki tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Tips penting ini disajikan bukan urusan software atau membasmi virus, itu pekerjaan mudah, install ulang selesai persoalan.

Artikel ini disajikan oleh teknisi laptop senior dari VERSACOM, pengelola service center laptop dan Apple computer di Jakarta Selatan, Mall Ambasador yang telah berpengalaman, sebagai pemilik toko komputer dan tempat service notebook di Indonesia.

Tips Penting Cara Merawat Laptop Dengan Tepat Agar Awet

Hardware atau perangkat keras pada notebook dapat dikatakan ringkih, terutama model teranyar yang sangat tipis, disebut dengan Ultrabook atau MacBook Air milik Apple, komputer jinjing ultraportable. Ini beberapa tips yang paling penting, cara merawat laptop dengan baik dan benar.

  • Jangan pernah meletakkan benda apapun diantara laptop dengan layar. Kejadian yang sering dialami penggunan notebook, meletakkan pena, kertas dengan paper clip dan pemantik oleh perokok, termasuk eksternal HDD. Sangat sering terjadi, tak sadar laptop di tutup dan ahaaaa .... layar LCD pecah, harus diganti di sini.
  • Jangan pernah meletakkan benda apapun diatas laptop saat sedang tertutup. Lama-lama baret akan semakin banyak, penampilan tak mulus lagi, cukup memalukan bila harus tampil melakukan presentasi atau bekerja di ruang publik, seperti warung kopi modern di kota-kota besar. Anda terkesan jorok, tidak rapi dan semberono.
  • Jangan jejali tas laptop dengan benda keras lainnya, mulai dari lipstik, pemantik, kunci mobil, cutter atau pisau lipat. Bayangkan jika bergesekan atau terjadi benturan.
  • Jangan sembarangan meletakkan, gelas minuman atau botol saat bekerja, posisi komputer terbuka, apalagi gelas panjang wadah juice. Kesenggol, komputer mandi dan air merembet kemana-mana saat komputer menyala. Bisa-bisa sayonara yang terjadi, sementara data penting ada dalam hard-disk. Jika itu laptop pinjaman atau milik kantor, malapetaka beruntun yang dihadapi.
  • Jangan bolak balik ngecas (charging), setiap mau menggunakan komputer, cari colokan. Dirumah, dikantor atau duduk di cafe harus nyari meja dekat saklar listrik. Colok apator notebook dan ponsel sekaligus. Mungkin juga Anda selalu bawa bekal colokan listrik bercabang. Semua battre gadget ada umurnya, akan soak ketika hitungan cycle count tercapai. Katakan 5000 kali, artinya setelah melakukan charging sebanyak itu, umur battre tamat, harus diganti dengan yang baru. Sering ditandai dengan bentuk battre berubah, menggelumbung. Saatnya untuk ganti. Coloklah laptop ke listrik ketika, sisa power sekitar 10%, jangan tunggu sampai kosong.
  • Hindari laptop dari tetesan air, bisa dibawah AC (Air Conditioning) atau laptop dibiarkan sendiri di teras, dekat titisan air hujan yang bisa menetes ke motherboard komputer, bayangkan apa yang terjadi, terutama saat komputer sedang on.
  • Hindari mengisi batere ponsel dari notebook tanpa tesambung dengan listrik, cepat soak batere mu.
  • Hindari bekerja di atas kasur, bantal atau sofa. Peruntukannya berbeda, itu bukan meja komputer, termasuk ruangan berdebu. Didalam laptop ada kipas kecil, untuk mengatur sirkulasi udar masuk dan  keluar, agar komputer tidak panas. Jika debu atau serat tersedot dan numpuk di dalam, lama-kelamaan akan terjadi gangguan, debu nyangkut, kipas rusak dan komputer panas (over heated)
Tips diatas sangat penting diperhatikan pengguna komputer, cara merawat laptop dengan baik dan benar. Jika terjadi kerusakan yang diakibatkan kelalaian diatas, tentu Anda membutuhkan bantuan teknisi atau service center laptop, bisa juga bantuan penyelamatan data dari HDD, jika hard-disk tidak dapat diakses lagi.

Kiat terakhir, sering-seringlah melakukan back-up data, bisa dilakukan di clouds seperti Google Drive, Dropbox, IDrive, Zoolz, Jottacloud dan lain-lain. Buat akun disana, lakukan sinkronisasi back-up file penting dan jangan lupakan password. Jika datanya sangat besar, sebaiknya simpan pada eksternal hard-disk, tempatkan di lokasi yang aman. Jangan pernah meninggalkan laptop sendirian dalam mobil, bisa melayang dengan kaca pecah, komputer dan benda berharga lainnya digondol maling.

Apapun merek komputer yang digunakan, sebaiknya tau cara merawat laptop dengan baik dan tepat agar awet dan siap digunakan setiap saat. Apakah itu Apple Computer (MacBook, MacBook Air, MacBook Pro). Laptop buatan Taiwan, Acer, Asus dan lain-lain. Atau komputer jinjing besutan Jepang yang service centernya telah mundur dari Indonesia, Toshiba, NEC dan Sony. Serta merek-merek notebook terkenal lainnya, Compaq, HP, Lenovo yang sekarang dimiliki China setelah dilepas oleh IBM dan lain-lain.

Bagi Anda yang tiba pada laman ini dan warga Jabodetabek, jika membutuhkan bantuan teknisi posting bertajuk Tempat Service Laptop di Jakarta Selatan memperkenalkan VERSACOM boleh dikunjungi untuk mengatasi gangguan pada perangkat komputer.

Semoga artikel ini berguna dan notebook yang digunakan lebih awet, setelah memahami cara merawat notebook dengan baik dan benar. Menghindari kerusakan karena lalai dan membutuhkan biaya yang tidak murah jika harus diperbaiki.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.