Laptop Lenovo

Tips penting dua belas cara merawat laptop Lenovo dengan benar agar tidak cepat rusak. Disajikan oleh teknisi komputer senior di VERSACOM, pusat perbaikan Laptop, Ultrabook, ChromeBook tablet di Mal Ambasador, Jakarta Selatan.

Lenovo Group Ltd. atau Lenovo PC International adalah perusahaan IT didirikan di Beijing, China pada 1984, mereka juga memiliki kantor di  Morrisville, North Carolina, United States. Pada tahun 2005 mengakuisisi IBM, perusahaan IT ternama Amerika, pemilik IBM ThinkPad yang sangat tangguh. Termasuk membeli Motorola pada tahun 2014. Dengan menghimpun kekuatan yang ada dan penguasaan teknologi serta pangsa pasar, membuat Lenovo menjadi salah satu perusahaan komputer terkemuka dunia saat ini. Pada 22 Oktober 2018, hanya sehari, berganti nama dengan Love on, saat perayaan Lenovo Foundation.

Salah satu dari produk yang mereka produksi, kemungkinan milik Anda, baru beli dan ingin tau cara merawat laptop Lenovo dengan baik. Sikap yang benar bagi mereka yang telaten, bahkan banyak penggila gawai (gadget) membaca manual book hingga tuntas. Membaca tips dan trik yang disajikan sang vendor, seperti tindakan yang selalu dilakukan para teknisi komputer profesional.

Beberapa seri laptop Lenovo yang saat ini ada di pasar, terdiri dari beragam design, teknologi dan karaktersistik  dapur pacu yang membedakannya dengan yang lain. Lenovo IdeaPad Series, Lenovo ThinkPad X1 Carbon, Lenovo ThinkPad X1 Yoga, Lenovo ThinkPad X1 Tablet, Lenovo Skylight, Lenovo Legion Gaming  Laptop.

Hampir semua dibekali dan diperuntukkan menggunakan sistim operasi Microsoft Windows,  kecuali ChromeBook, cloud computing. Sebagian pengguna melakukan instalasi Linux. Processor hanya ada dua pilihan Intel atau AMD, dilengkapi dengan HDD (Hard-Disk-Drive) atau SSD (Solid Stade Drive) media penyimpan file, tempat aplikasi dan data. Ada RAM (memory), kartu grafis, layar LCD atau LED, Keyboard, Interface WiFi, Bluetooth dan lain-lain.

Berikut ini akan kami sajikan tips terpenting dan valid cara merawat notebook Lenovo dengan tepat yang juga dapat diterapkan pada komputer laptop merek lain, seperti HP, Asus, MSI, Dell, Acer termasuk Apple computer.

Kiat Merawat Laptop Lenovo Dengan Benar Agar Awet 

  • Jaga agar komputer selalu bersih, sisi luar, cover, palm rest, layar LCD dan keyboard. Lakukan tanpa menggunakan zat kimia, cukup dengan kanebo yang dapat dipersiapkan hanya untuk itu. Pastikan tidak ada serpihan remah-remah yang mengandung gula.

  • Jangan pernah menggunakan komputer diatas media yang tidak datar, terutama saat bekerja di luar ruangan, meletakkannya di atas tembok, gelondongan kayu, batu bata dan lain-lain. Bila itu sering dilakukan, baret-baret akan semakin banyak.

  • Jangan jejali tas laptop dengan benda keras, mnumpuknya dengan charger. Berdampingan dengan korek api, kunci mobil, eksternal HDD, ponsel, kamera, obeng, cutter, gunting, lipstik,  dan lain-lain. Jika bergesekan, akan terjadi baret. Selain itu, bila tas laptop terjatuh, resiko layar LCD laptop pecah dapat terjadi.

  • Hindari bekerja di ruangan berdebu, di gudang, di atas karpet, sofa maupun kasur. Semua laptop memiliki kipas untuk menjaga suhu komputer stabil dan konsisten. Ada udara masuk dan keluar yang diatur oleh kipas kecil. Debu disekitar dapat dipastikan tersedot dengan baik dan numpuk pada fan, tinggal di dalam komputer. Dampaknya, si laptop akan kepanasan, over heated karena sirkulasi udara tidak bekerja dengan sempurna.

  • Jangan pernah meletakkan benda apapun diatas cover saat notebook tertutup, baik ponsel, apalagi kunci kendaraan.

  • Jangan letakkan benda apapun diatas palm rest atau keyboard, termasuk dokumen apalagi dengan paper clip, pensil, coin atau pena. Bisa saja Anda silap, menutup laptop dan membenturkan layar LCD dengan benda tersebut, saat itu juga layar LCD bisa retak. Jika layar pecah, Anda membutuhkan tempat service notebook, penyedia layanan penggantian layar LCD laptop  Lenovo di sini. Mereka ahlinya di Jakarta Selatan, ada di Mal Ambasador

  • Saat bekerja atau melakukan presentasi, jangan seret si notebook, angkatlah. Bila ini sering dilakukan, karet pada cover bawah, bisa copot dan hilang.

  • Hindari menyimpan laptop di tempat panas, ditinggal di mobil atau terpanggang matahari. Tidak semua komponen kecil yang ada di dalam komputer tersebut, nyaman dengan suhu tertentu terutama jika dilakukan berulang. Selain itu kalau ditinggal di dalam mobil, resiko diambil maling dengan memecahkan kaca, sangat sering terjadi.

  • Jangan tinggalkan laptop berhari-hari dicolokin ke listrik. Adaptor komputer sangat sensitif, gangguan listirik terjadi, tegangan listrik yang berubah ekstrim atau pengaruh petir yang menyengat aliran listrik, seketika dapat merusak charger dan menyengat chip yang ada pada motherboard, termasuk HDD dan processor.

  • Hindari tempat yang rawan dengan tetesan air, ruangan yang sistim pendingin ruangan terganggu, atau tempias saat bekerja di ruang terbuka.

  • Jauhkan minuman dari dekat komputer, kopi, juice, kemasan minuman, terutama saat laptop terbuka dan menyala. Laptop kesiram air adalah salah satu malapetaka yang sering terjadi. Termasuk saat naik sepeda motor, laptop yang dibawa dalam tas, maupun backpack bisa dihadiahi tetesan air hujan, sangat berbahaya. Bila itu terjadi, copot baterai, jangan nyalakan, segera keringkan. Bila basah kuyup, segeralah berkunjung ke tempat service Lonovo. Anda membutuhkan bantuan teknisi yang mahir.

  • Kiat terakhir, jangan begitu mudah meminjamkan laptop pada orang lain, mereka belum tentu setelaten Anda, hingga tiba pada posting ini dan ingin memahami dengan baik cara menjagai laptop dengan benar, agar awet dan siap digunakan kapan saja diperlukan.



Artikel yang sangat penting tips merawat laptop Lonovo, bagian dari tulisan berseri cara merawat laptop dengan baik dan benar. Disajikan berdasarkan pengalaman panjang dan paham cara memperbaiki notebook Lenovo yang rusak. Sesuai dengan keahlian dan bisnis yang digeluti oleh VERSACOM. Mohon dibagikan agar warganet dapat membacanya dari sumber yang tepat.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.