Es krim, hasil olahan dari susu sapi yang gurih dan creamy ini hampir semua orang suka. Rasanya yang manis dan dingin memanjakan lidah membuat orang selalu ingin makan lagi dan lagi apalagi di saat cuaca sedang panas.

Es krim bukan lagi sajian mahal saat ini karena sudah bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang cukup terjangkau dan memiliki variasi rasa serta toping yang bermacam-macam. Es krim sendiri di dalam dunia kuliner termasuk golongan dessert atau makanan penutup. 

Inilah 5 Fakta Es Krim Yang Jarang Diketahui

Selama ini yang kita tahu es krim dijual dengan beberapa macam kemasan seperti cone atau dalam cup. Ada juga yang disajikan dengan menggunakan roti tawar mirip dengan es krim dari Singapura. 

Es krim juga bisa disajikan dengan toping seperti coklat stik, wafer dan sejenisnya. Tetapi ternyata es krim bukan hanya sebatas pada bahan pembuatnya dan juga cara penyajiannya. Ada beberapa fakta tentang es krim yang belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya.

Agar kita lebih tahu banyak hal tentang es krim, simak beberapa fakta tersembunyi es krim berikut ini.

5 Fakta Tersembunyi Dari Es Krim


Cone Pada Es Krim Hasil Kreasi Orang Siria

Cone yang sering digunakan untuk menyajikan es krim ternyata pertama kali dibuat oleh orang Italia pada tahun 1800an tetapi belum banyak dikenal dan digunakan. Baru setelah seorang imigran Amerika Serikat asal Siria bernama Ernest A. Hamwi iseng-iseng membuat wafel dengan bentuk cone kemudian menyajikannya dengan es krim sejak itulah es krim cone mulai dikenal.

Awalnya Es Krim Sundae Hanya Dijual Pada Hari Minggu

Di restoran fastfood bisa dengan mudah kita menemukan es krim sundae yaitu es krim yang biasanya terdiri dari lebih 2-3 skup dan diberi saus buah atau toping beraneka ragam seperti kacang atau coklat serut. Kata sundae ini sendiri berasal dari kata “Sunday” yang artinya hari Minggu. Sejarah sundae diawali pada tahun 1890 di Illionis, AS.

Es Krim Cone Terbesar Di Dunia Setinggi 3 Meter

Di Italia pada tahun 2015 yang lalu pernah dibuat es krim cone setinggi kurang lebih 3 meter dan merupakan es cone terbesar hingga saat ini. Dibuat oleh sebuah perusahaan es krim asal Norwegia, Hennig-Olsen. Es krim ini berhasil memecahkan rekor dunia dan dicatat di dalam Guiness World Book Of Record. Dibuat dengan menghabiskan sekitar 15 galon coklat dan 424 kg wafel.

Universitas Pennsylvania, AS Membuka Jurusan Khusus Es Krim

Agak kaget bukan bahwa ternyata cara pengolahan es krim ini sampai dijadikan sebuah jurusan di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Di sana diajarkan bagaimana cara membuat es krim dengan benar sehingga akan menghasilkan es krim yang memiliki kualitas bagus dan enak. Pengajar di dalamnya berasal dari perusahaan besar es krim seperti Baskin-Robbins.

Makan Es Krim Terlalu Cepat Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Pernahkah mengalami dan merasakan kepala mendadak terasa sakit sehabis makan es krim? Mungkin karena makan es krim terlalu cepat. Menurut seorang ahli kardiovaskuler, Dr. Jorge Serrador yang telah melakukan penelitian dengan subyek 13 orang dewasa yang sehat. 

Ditemukan fakta bahwa dengan makan es krim terlalu cepat maka otak juga dengan cepat memberikan respon terhadap perubahan suhu dalam aliran darah ke otak dan ini bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Jadi sebaiknya jangan makan es krim secara tergesa-gesa jika tidak ingin terserang pusing mendadak.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.