Memiliki mobil dengan sliding door atau pintu geser mungkin akan membuat anda merasa lebih bangga karena mobil dengan pintu geser bisa dikatakan memiliki desain yang lebih modern dan berkelas. Model pintu ini seringkali diaplikasikan pada beberapa mobil berkelas MPV yang memiliki daya tampung penumpang yang lebih banyak. Salah satu contoh dari MPV yang menggunakan sliding door adalah Honda Freed dan Toyota Alphard yang dapat disewa di Asynara Rental, Jakarta..

Tips Perawatan Tepat untuk Sliding Door Mobil


Namun, dibalik tampilannya yang premium, sliding door pada mobil tentu saja membutuhkan perawatan yang serius. Perawatan ini digunakan untuk memastikan bahwa fungsi dari sliding door tetap normal dan kondisi pintu secara umum tetap baik. Perlu diketahui bahwa jika sliding door ini rusak, maka penggantiannya membutuhkan biaya yang lumayan mahal. Ada beberapa tips perawatan yang tepat bagi anda untuk menjaga kondisi sliding door pada mobil anda.

Cara Merawat Sliding Door Mobil


Cek Kondisi Rel Sliding Door

Salah satu cara untuk perawatan sliding door adalah dengan mengecek kondisi rel pintu geser. Kondisi rel pintu geser akan sangat berpengaruh pada kelancaran pintu saat anda menggesernya. Masalah yang sering terjadi pada rel sliding door adalah rel yang kotor karena debu atau kotoran lain.
Dalam hal ini, penting bagi anda untuk menjaga kebersihan dari rel pintu geser tersebut. Cara membersihkannya sebenarnya cukup mudah, yakni dengan membersihkan dengan lap khusus yang lebih halus agar kotora yang kecil pun dapat terangkat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan cairan khusus berupa semprotan untuk membersihkannya.

Olesi Pelumas atau Gemuk

Setelah dibersihkan dengan beberapa cara di atas, perawatan yang tepat agar sliding door tetap bersih dan berfungsi dengan baik adalah dengan mengoleskan pelumas atau gemuk pada bagian rel. Pelumas ini akan melancarkan pintu saat digeser. Namun, dalam hal ini, hindari penggunaan pelumas atau gemuk yang mengandung oli karena oli akan menempel pada bagian rel dan menyebabkan kerak yang susah untuk dibersihkan. Untuk pilihan yang aman, cari pelumas atau gemuk yang mengandung paraffin.

Rawat Kondisi Bearing

Tips lain yang cukup penting untuk diperhatikan dalam perawatan sliding door adalah dengan melakukan pengecekan pada kondisi bearing. Bearing memiliki fungsi yang sangat penting dalam kelancaran pintu saat digeser. Jika anda menemukan pintu mobil berbunyi saat digeser, maka segera cek kondisi bearing. Olesi bearing dengan pelumas jika memang hanya kering. Namun, jika bearing dalam kondisi yang sudah rusak dan tidak layak, lebih baik anda melakukan tindakan penggantian.

Hindari Benturan

Menghindari benturan menjadi tips perawatan tepat lainnya yang cukup penting untuk diperhatikan dalam perawatan sliding door pada mobil anda. Benturan yang terjadi, entah dengan benda apapun, akan mengakibatkan kerusakan yang sebelumnya tidak pernah anda duga. Selain itu, hindari pula menggeser pintu mobil dengan paksa dan kasar. Hal ini juga harus senantiasa diperhatikan karena bisa jadi ketika anda menggeser pintu mobil dengan paksa, akan terjadi kerusakan pada rel pintu geser.

Beberapa penjelasan di atas dapat menjadi patokan dalam perawatan sliding door mobil anda. Dari beberapa penjelasan di atas, dapat kita lihat bahwa sebenarnya, perawatan pintu geser cukup sederhana untuk dilakukan. Sliding door memang merupakan salah satu inovasi yang menarik dalam dunia otomotif yang memberikan variasi pilihan pada para konsumen. Namun, tentu saja, inovasi tersebut harus disikapi dengan sebuah kesadaran pengendara untuk melakukan perawatan yang tepat dan berkala. Penting untuk diingat bahwa biaya penggantian fitur tersebut lumayan mahal. Semoga bermanfaat.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.