Tentu kita sudah paham bahwa aki memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaran bermotor. Aki menjadi sumber energi saat ingin menghidupkan mesin kendaraan. Selain itu, aki juga menjadi sumber tenaga pada sistem kelistrikan mobil pada saat dijalankan. Dengan fungsinya yang sangat penting, tentu perawatan aki menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Pembahasan ini selalu menjadi salah satu tema utama dalam pembahasan masalah otomotif.

Cara Merawat Aki Mobil agar Lebih Tahan Lama


Pada dasarnya, aki memang memiliki umur penggunaan, terutama aki kering. Namun, bukan berarti perawatan aki tidak diperlukan sama sekali. Perawatan aki tetap diperlukan karena aki yang dirawat akan semakin awet dan umur penggunaannya akan cenderung lebih lama. Membahas tentang perawatan aki, ada beberapa cara perawatan aki yang cukup sederhana untuk dilakukan seperti yang tercantum di bawah ini. 

Tips Merawat Aki Mobil agar Lebih Tahan Lama


Periksa Jumlah Elektrolit Aki

Tips perawatan aki yang pertama adalah dengan memeriksa jumlah elektrolit aki mobil anda. Hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan dan bisa anda lakukan setidaknya satu bulan sekali. Lihat kemasan pada aki dan lihat jumlah elektrolitnya. Jika jumlah elektrolit aki berada pada lower level, maka elektrolit berada dalam posisi yang tidak bagus dan perlu ditambah air aki.

Perlu diketahui bahwa jumlah elektrolit aki akan berpengaruh pada performa aki secara umum. Aki akan bekerja dengan sangat baik jika elektrolit aki ada pada posisi penuh dan sebaliknya, akan sering terjadi gangguan pada kelistrikan mobil saat elektrolit aki berkurang atau habis.

Periksa Terminal Aki

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan terkait perawatan pada aki adalah memeriksa terminal aki. Lakukan pemeriksaan ini secara visual dengan memastikan terminal aki bebas dari karat, jamur atau terminal yang nampak longgar.

Bila teriminal aki terlihat berjamur atau berkarat, maka sudah seharusnya anda segera membersihkannya. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan air panas atau pelumas. Sedangkan jika terminal terlihat kendor, cobalah untuk mengencangkannya atau menggantinya dengan terminal yang baru.

Panaskan Mobil Setiap Hari

Permasalahan pada aki yang cukup sering muncul dan jarang disadari oleh pengendara adalah aki yang terlalu dingin. Kondisi ini muncul karena aki cukup sering didiamkan dan tidak dipakai. Meskipun anda termasuk jarang menggunakan mobil untuk berpergian, namun ada baiknya anda tetap memanaskan mobil setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja aki mobil agar dapat bekerja dengan baik dan tetap lancar.

Hindari Menghidupkan Beban Berat

Cara perawatan aki lainnya yang penting untuk diperhatikan adalah hindari menghidupkan beban yang berat saat mesin mobil dalam keadaan mati. Beberapa beban berat yang seharusnya dihindari adalah lampu kepala, radio, TV, dan lainnya. Selain itu, pastikan jika AC mobil mati saat anda hendak menstater mobil anda. Hal ini cukup riskan karena bisa membuat aki menjadi tekor dan kehilangan daya dengan sangat cepat.

Periksa Kualitas Aki

Memeriksa kualitas aki memang menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan, Kualitas aki yang baik tentu saja akan memberikan performa aki yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam pembelian aki mobil, anda tetap harus selektif. Usahakan membeli aki dengan kualitas original dari brand yang memang sudah terkenal. Ini merupakan pilihan yang bijak daripada anda membeli aki abal-abal hanya karena harga yang murah.

Beberapa penjelasan di atas menggambarkan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat aki mobil anda. Jika dicermati, maka cara perawatan aki tersebut cenderung mudah dan sederhana. Lakukan perawatan aki dengan cermat dan teratur agar aki dapat bertahan lebih lama
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.