Pasti anda pernah kehilangan fokus, sulit berkonsentrasi ataupun sering melupakan sesuatu. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Mungkin anda kurang memperhatikan apa-apa saja yang dikonsumsi. Padahal makanan atau minuman yang anda konsumsi sangat memperngaruhi performa otak.



Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya mempengaruhi energi saja tetapi juga mampu mempengaruhi tingkat fokus atau konsentrasi anda karena makanan yang dikonsumsi juga memberikan dampak langsung pada oksigen dan darah menuju otak. Di bawah ini ada 7 makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi otak.

Kopi Mampu Membantu Anda Meningkatkan Konsentrasi Otak 

Untuk meningkatkan kinerja otak, anda tidak harus mengkonsumsi suplemen ataupun obat-obatan yang diklaim mampu meningkatkan kinerja otak anda. Kandungan bahan kimia yang terkandung dalam suplemen atau obat-obatan pendongkrak kinerja otak ternyata justru dapat menganggu kesehatan tubuh dikemudian hari.

Sebenarnya secangkir kopi saja sudah mampu memberikan energi sekaligus membantu anda untuk lebih fokus. Konsumsi kopi yang baik adalah diwaktu siang, hindari minum kopi menjelang anda tidur agar jam tidur anda tidak terganggu. Pastikan anda mendapatkan tidur yang berkualitas karena tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi otak.

Untuk anda yang memiliki masalah pada lambung, pilihlah kopi yang aman untuk lambung anda dan makanlah sesuatu sebelum meneguk secangkir kopi.

Ikan Merupakan Makanan Sumber Protein Yang Bagus Untuk Otak

Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak. Ikan merupakan sumber protein dan omega 3 yang yang mampu meningkatkan fungsi otak anda. 

Salah satu jenis ikan yang sangat bagus untuk otak anda adalah ikan salmon. Kandungan omega 3 dan DHA  (docosahexaenoic acid) yang terdapat pada ikan salmon mampu membuat otak anda menjadi lebih fokus. Maka tidak heran jika banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan ikan salmon untuk mendapatkan konsentrasi yang jauh lebih baik.

Ikan salmon juga dipercaya mampu membantu pasien yang mengalami gangguan jantung ataupun seseorang yang mengalami depresi.

Alpukat Mengadung Asam Folat Yang Mampu Mencegah Pembekuan Darah di Otak

Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak baik yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat adalah monosaturated. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin C, vitamin B dan vitamin K serta asam folta yang mampu mencegah terjadiya pembekuan darah di otak. 

Saat supplai oksigen menuju otak lancar, maka kemampuan otak untuk berkonsentrasi semakin meningkat. Tingkat konsentrasi yang tinggi tentu akan membuat kinerja anda menjadi lebih maksimal. Buah alpukat juga mampu membuat kulit menjadi lebih halus karena kandungan vitamin E di dalamnya.

Selain itu, buah alpukat dipercaya mampu mencegah penyakit kanker, panyakit jantung dan mencegah penuaan dini.

Kacang-Kacangan Kaya Akan Nutrisi Yang Sangat Baik Untuk Otak

Beberapa jenis kacang seperti kacang almond dan kacang kenari mengandung vitamin E, vitamin B6, anti oksidan dan ALA (alpha linolenic acid) yang mampu menjaga sistem syaraf otak agar bisa berkerja secara optimal. Selain itu, potensi kerusakan otak juga bisa terhindar. Kondisi otak yang mengalami kerusakan bisa berdampak pada penurunan konsentrasi.

Dark Cokelat Memiliki Manfaat Yang Tidak Jauh Berbeda Dengan Kopi

Dark cokelat memiliki kandungan layaknya kopi yang mampu membuat otak anda menjadi lebih fokus. Selain itu dark cokelat juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari sumber penyakit dan meningkatkan konsentrasi otak.

Beberapa kandungan mineral yang ada pada dark cokelat diantaranya adalah kalium, magnesium, zat besi dan seng. Secangkir coklat dengan sedikit gula akan membuat hari anda menjadi lebih berenergi.

Aroma Rosemary Mampu Meningkatkan Ingatan Hingga 75%

Rosemary memiliki manfaat yang sangat banyak sehingga sering digunakan pada pengobatan herbal maupun bumbu dapur. Sejak jaman dahulu, tanaman ini sering digunakan untuk meningkatkan kinerja otak. Tanaman ini sangat mudah tumbuh sehingga bisa ditanam di halaman rumah maupun kebun.

Menurut sebuah penelitian, difusi minyak esensial rosemary mampu meningkatkan kemampuan otak hingga 75%. Senyawa volatil seperti tarpen pada rosemary yang masuk ke aliran darah melalui hidung dengan mudah mampu melewati penghalang darah ke otak sehingga bertindak pada reseptor maupun sistem enzim. Tarpen sendiri merupakan sejenis minyak esensial yang memiliki aroma cukup kuat.

Untuk mendapatkan manfaat dari rosemary ini, gunakan tanaman ini sebagai aromaterapi sehingga kemampuan berfikir anda semakin meningkat. Jika berminat, anda bisa mendapatkan minyak esensial rosemary di toko-toko online.

Teh Hijau Mengandung Kafein Yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi Otak

Kafein alami yang terdapat pada teh hijau bisa membantu otak anda menjadi lebih fokus. Dibandingkan dengan camilan, teh hijau mampu memberikan rasa kenyang jauh lebih lama. Teh hijau juga terkenal dengan kemampuannya meurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang dalam program diet.

Agar konsentrasi anda tetap terjaga, jangan pernah melewatkan waktu sarapan karena sarapan sangat mempengaruhi ingatan jangka pendek serta tingat konsentrasi anda. Namun saat sarapan perhatikan juga jumlah kalori yang anda konsumsi karena jumlah kalori yang berlebih juga bisa menurunkan tingkat konsentrasi anda. 

Sarapan dengan oatmeal, buah atau susu rendah lemak sudah cukup memberikan energi untuk menghadapi aktivitas harian.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.