Setiap orang pasti mendambakan akan kulit yang indah dan pastinya sehat. Akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan akan pentingnya makanan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan indah. Menjaga kulit sehat bisa diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengkonsumsi bahan makanan yang menyehatkan kulit. Terdapat berbagai jenis makanan yang diketahui sangat baik pengaruhnya bagi kulit, seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. 

Berikut adalah  jenis makanan yang dapat menjaga kulit tetap sehat:


Ikan

Ikan merupakan sumber yang kaya akan minyak Omega-3, komponen ini seperti yang sudah kita ketahui dapat memberikan peran yang sangat penting dalam meningkatkan elastisitas kulit dan dapat mengurangi keriput di wajah. Karenanya Tubuh kita ini tidak memproduksi Asam lemak Omega-3 oleh karena itu  kita harus mengasupnya dari makanan supaya tubuh kita tetap sehat. Jenis ikan yang baik untuk kulit seperti salmon, ikan kembung, herring, sarden dan masih banyak yang lainnya karena pada dasarnya jenis-jenis ikan memang sangat cocok untuk kesehatan kita, dengan tubuh kita sehat otomatis kulit kita pun akan menjadi sehat.




Serealia utuh

Serealia utuh ini yang biasa kita ketahui mengandung antioksidan saja tetapi perlu diketahui bahwa Serealia utuh ini tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga mengandung sumber yang kaya akan vitamin, mineral, protein, dan serat. Serelia juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol darah dan dapat membantu mencegah penyakit jantung. Serelia utuh seperti gandum dan beras merah.

Minyak zaitun dan lemak sehat lainnya

Minyak zaitun sangat dikenal akan dapat membantu dalam kesehatan kulit  tetapi minyak zaitun ini juga dapat digunakan untuk kesehatan tubuh lainnya seperti kuku, rambut dan dapat menghilangkan bekas jerawat. Seperti alpukat, minyak zaitun terdapat lemak baik, kaya akan vitamin A, dan vitamin E, yang berfungsi membuat kulit halus, lembut dan awet muda. 

Teh

Kandungan teh memang sangat baik untuk kulit, misalnya kantong teh yang sudah sisa dicelupkan dalam minuman dapat menghilangkan lingkar hitam pada mata. Selain itu minum teh hijau yang kaya akan kandungan EGCG-antioksidan super juga memiliki kemampuan untuk membalikkan oksidasi dan peradangan kulit yang muncul seperti keriput, kerusakan kulit, atau luka. 

Melon

Buah Melon kaya akan kandungan air selain itu juga dapat meningkatkan antioksidan pada tubuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap radikal bebas yang pada gilirannya akan mengurangi masalah kulit. 

Tomat

Tomat sudah tidak asing lagi bagi kita karena tomat ini sering kita jumpai didalam masakan kita sehari – hari. Kandungan nutrisi untuk satu porsi tomat mentah (150 gram) mengandung vitamin A, C, K, folat dan kalium. Selain itu tomat juga mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Sebagian besar orang tidak menyadari dengan asupan mineral kita sudah cukup atau belum oleh karenanya tomat memberikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, vitamin B6, magnesium, niacin, fosvor dan tembaga.

Pepaya 

Buah pepaya ini sudah sangat terkenal didalam memperlancar BAB. Buah pepaya mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya mengandung 5 gram serat serta 18 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya juga kaya akan manfaat vitamin C karena  satu buah pepaya mampu memberikan 224% dari kebutuhan harian. 

Buah beri

Stroberi, blueberry, blackberry dan jenis berry sangat banyak mengandung akan antioksidan. Makan buah berry secara langsung dapat meningkatkan kesehatan kulit anda sepanjang hari. Buah jenis berry mengandung kolagen yang membuat kulit kenyal, halus, dan kencang.

Anggur

Buah Anggur kaya akan vitamin C, yang sangat bagus untuk mengurangi masalah penuaan dini dan pengeriputan kulit. 

Jeruk
Jeruk sangat bagus untuk kulit karena kaya akan kandungan vitamin C.

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kulit. Daging buahnya kaya akan vitamin A, B, dan C, sedangkan bijinya mengandung selenium, lemak baik, zinc, dan vitamin E. 

Alpukat 

Tidak semua lemak buruk untuk tubuh. Terkadang tubuh kita juga memerlukan lemak, Lemak yang ada di alpukat justru adalah lemak yang membantu menetralisir lemak buruk. Alpukat adalah sumber vitamin E, yang berfungsi untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. 

Brokoli
Brokoli sepertinya merupakan sayuran wajib untuk memelihara kesehatan kulit. Salah satu alasannya adalah kandungan vitamin A, yang bagus untuk meningkatkan pergantian sel-sel di kulit. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.