Pada saat pagi hari tentu Anda sering melakukan berbagai aktivitas bukan? Jam bangun Anda dan apa yang Anda lakukan dipagi hari dapat menentukan kesehatan  badan Anda . Jam berapa Anda bangun tidur? Apa saja yang Anda lakukan setelah bangun tidur? Setiap aktivitas yang Anda lakukan pada  pagi hari  tentunya dapat menentukan proporsional atau tidaknya berat badan pada tubuh Anda.



Aktivitas dan kebiasaan yang tidak tepat tentunya dapat meningkatkan resiko kegemukan hingga bisa menyebabkan penyakit yang sering kali dimiliki oleh banyak orang yakni obesitas. Aktivitas pada pagi  hari yang tidak tepat dapat mempengaruhi perasaan dan mood Anda selama satu hari ke depan. 

Beberapa penelitian dari Institut for SustainableWeight Loss mengatakan bahwa jika ada beberapa aktivitas pagi yang salah dan kita sudah terbiasa melakukan hal tersebut secara rutin maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko kegemukan pada tubuh Anda.

Berikut 4 Kebiasaan yang Bikin Gemuk di Pagi Hari


Telat Bangun

Tahukah Anda jika pada umumnya jam tidur ideal pada seorang manusia adalah selama 6 jam sampai 8 jam dalam sehari. Tidur lebih dari ini biasanya dapat meningkatkan resiko obesitas hingga berbagai masalah yang bisa timbul pada kesehatan Anda. Apalagi jika bangun dipagi hari lebih dari jam 7 pagi dan Anda tidur malam jam 9 maka hal tersebut dapat merusak sistem kinerja tubuh. 

Bangun telat lebih dari jam 7 pagi tentunya dapat meningkatkan resiko obesitas dan menumpuknya lemak yang ada di dalam tubuh. Lebih baik Anda tentukan ritme waktu tidur Anda dan tubuh akan memiliki jam yang konsisten. Setelah beberapa waktu mengikuti pola maka tubuh akan memiliki semacam waktu tersendiri dan akan sangat mudah untuk membantu dalam mengelola tidur Anda.

Kualitas tidur tentu saja mempengaruhi kesehatan. Beberapa orang tentu saja memiliki kebiasaan untuk menggunakan kamar tidur sebagai ruangan serbaguna. Pastikan kamar tidur Anda tenang dan gelap serta sejuk sehingga tempat tidur Anda merasa nyaman. Tempat yang sejuk tentu saja memungkinkan Anda cepat tidur. Jika mengurangi akses terhadap cahaya berarti Anda sudah mengurangi penggangu tidur.

Membiarkan Kamar dalam Keadaan Gelap

Penelitian menyebutkan bahwa ketika Anda membiarkan suasana kamar selalu dalam keadaan gelap ketika pagi hari sedangkan matahari telah muncul maka hal tersebut adalah kebiasaan yang buruk dan akan meningkatkan resiko kegemukan bagi tubuh Anda. 

Beraktifitas dan bersiap-siap ketika berada dikamar gelap tidak hanya dapat meningkatkan kegemukan badan tetapi dapat juga memicu Anda untuk stress, depresi, dan bad mood. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk membuka jendela di kamar ketika pagi hari dan membiarkan matahari masuk keruang tidur Anda. 

Bermalas-Malasan Merapikan Tempat Tidur

Siapa yang malas merapikan tempat tidur? Tentu jika Anda adalah orang yang malas merapikan tempat tidur maka bersiap-siaplah untuk memiliki berat badan yang semakin bertambah. Para ahli percaya bahwa jika Anda malas untuk membersihkan serta merapikan tempat tidur maka hal tersebut sudah pasti akan meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri serta virus di tempat tidur.

Merapikan tempat tidur memang sesuatu yang sangat mudah dan ringan akan tetapi banyak sekali orang yang malas melakukannya. Padahal jika ini dilakukan dengan penuh semangat pada setiap harnya maka hal ini bisa membuat Anda membakar lemak dan  kalori tubuh dengan sangat baik.

Melewatkan Sarapan di Pagi Hari

Selama ini tentu banyak orang telah melewatkan sarapan pagi karena ingin memiliki berat badan yang ideal. Kebiasaan ini tentu sangat salah dan tidak harus Anda ikuti. Melewatkan sarapan akan dapat meningkatkan resiko kegemukan. Melewarkan sarapan juga dapat membuat pikiran jadi kurang fokus, depresi, dan dapat mendorong kebiasaan makan dalam jumlah yang sangat besar. 

Selain tidak sarapan maka akan mendorong kebiasaan makan dengan tingkat  yang tidak terkendali sehingga akan membuat sistem metabolisme dan kesehatan tubuh  menjadi menurun. Selain itu Anda juga perlu tahu bahaya dari tidak sarapan  yakni dapat mengakibatkan kolesterol dan penyakit jantung.

Dan bagi wanita Anda harus mewaspadai bahwa jika kebiasaan Anda tidak sarapan pagi maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap haid yang tidak teratur. Sarapan merupakan hal yang penting bagi para pelajar dan dapat meningkatkan memori pada otak. Selain itu, bagi para pelajar putriyang sudah mengalami masa pubertas maka sebaikanya Anda tidak boleh melewatkan sarapan pagi.

Melewatkan sarapan dipagi hari juga dapat menyebabkan maag dan dapat menurunkan kemampuan kognisi. Penelitian membuktikan bahwa jika seseorang memiliki kebiasaan sarapan dipagi hari maka dapat menurunkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah, menurunkan kemampuan mengingat, dan cenderung kurang aktif.

Itulah 4 kebiasaan di pagi hari yang dapat membuat Anda semakin gemuk. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan di atas dan mulailah hidup sehat. Kebiasaan lain juga yang bisa membuat Anda gemuk adalah malas olahraga, mengkonsumsi minuman bersoda, dan memakan junk food ketika pagi hari.

Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Istirahatlah yang cukup dan lebih baik konsumsi air putih yang cukup serta hindari stress agar kesehatan Anda dapat terjaga dengan baik. 

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.