Untuk menjaga kesehatan jantung banyak sekali hal yang dapat anda lakukan. Karena jantung merupakan salah satu organ yang paling penting, kesehatan andapun harus dijaga setiap saat. Pastikan jantung anda selalu dalam keadaan sehat, karena jika kecepatan jantung meningkat maka akan terjadi penyakit kardiovaskular.



Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung yang terjadi saat adanya penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah yang akan menyebabkan nyeri dada, serangan jantung bahkan stroke. Nyeri yang terjadi mendadak dan sakit ini akan membuat kinerja jantung menjadi tidak efisien, membuat pasokan darah menuju otot jantung semakin berkurang.

Gejala awal dari penyakit jantung biasanya terjadi dengan adanya sesak nafas, tubuh yang mudah lelah atau mengantuk, nafsu makan yang hilang, mual, perasaan gelisah yang berlebihan, jantung yang berdenyut terlalu cepat atau lambat, sakit pada bagian bahu, mudah terkejut, nyeri pada tangan kanan dan kiri.

Gejala lainnya seperti sakit kepala yang timbul secara tiba-tiba karena paparan sinar matahari, nyeri pada bagian dada, pembengkakan pada bagian kaki dan keringat yang keluar secara berlebihan walaupun dalam keadaan santai atau tidak melakukan aktifitas.

10 Cara Merawat Kesehatan Jantung


Cara merawat jantung banyak sekali, tapi 10 cara yang dapat anda lakukan seperti melakukan olahraga dengan teratur. Olahraga akan membantu anda dalam mengurangi resiko adanya penyakit jantung, membantu menjaga berat badan yang sehat, membuat kerja pompa jantung lebih efisien.

Menghindari rokok

Hindari rokok karena kebiasaan merokok dapat membuat kesehatan anda dan orang lain jauh lebih buruk. Rokok ini memiliki pengaruh buruk pada jantung dan pembuluh darah anda, maka dari itu sebaiknya hindari merokok atau berhenti merokok.

Mengkonsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan yang sehat setiap hari, pilih makanan rendah kolestrol, rendah garam dan rendah lemak untuk mempertahankan kesehatan jantung. Makan juga sayuran, biji-bijian, susu dan buah-buahan. Anda diperbolehkan makan makanan sesuai dengan yang anda inginkan tapi tetap mengutamakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan jantung anda.

Makan sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan jantung anda. sayur brokoli dapat membantu memenuhi asupan zat antioksidan dalam tubuh, karena karena radikal bebas akan membuat endapan pada pembuluh darah dan membuat aliran darah mengalami penyumbatan. Zat antioksidan tersebut akan mengambil dan mengeluarkan radikan bebas yang ada dalam tubuh anda.

Anda dapat membuat makanan sendiri daripada menyantap makanan siap saji, karena anda juga harus mengontrol makanan yang msuk dalam tubuh anda selagi anda memasak sendiri anda juga dapat memastikan bahan-bahan yang akan anda konsumsi tersebut.

Melakukan pemeriksaan kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan jantung anda secara teratur dengan mengunjungi dokter spesialis. Hal ini cukup penting karena dapat membantu anda mengetahui kinerja jantung setiap kali melakukan pemeriksaan dan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat langsung mengambil tindakan.

Kadar kolesterol dan tekanan darah sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan dengan teratur, kadar kolesterol yang rendah akan menjaga jantung anda tetap sehat.

Mengindari minuman beralkohol

Hilangkan kebiasaan anda dalam mengkonsumsi alkohol, tidak hanya rokok saja yang membahayakan jantung anda tapi juga alkohol. Minuman yang memiliki kandungan alkohol dapat merusak otot pada jantung anda.

Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula dan madu murni

Anda dapat mengkonsumsi teh hijau tanpa gula sebelum pergi ke kantor dan mengkonsumsi madu murni untuk menguatkan otot jantung. Teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan anda dan dapat mecegah kerusakan pada pembuluh darah.

Sedangkan pada madu murni yang memiliki zat gula alami, mineral dan garam akan membantu otot jantung lebih kuat dan kinerja jantung lebih maksimal.

Istirahat dengan teratur

Lakukan tidur malam secara teratur karena jika anda kurang tidur malam hari, dapat menyebabkan kerusakan jantung. Tidur malam minimal 8 jam sehari untuk mempertahankan kesehatan jantung, tidak sedikit dari orang-orang yang memiliki kesibukan dan memiliki jam tidur yang kurang dari 8 jam lebih memungkinkan memiliki penyakit jantung.

Olahraga fisik

Dalam merawat kesehatan jantung anda juga dapat melakukan berbagai rutinitas olahraga fisik untuk menjaga stamina tubuh anda. olahraga secara teratur akan membantu anda menguatkan otot jantung dan melancarkan peredaran darah. Tapi jika anda sudah menderita penyakit jantung ini anda dapat melakukan olahraga ringan seperti joging, senam, yoga dan jalan kaki.

Hindari stress berlebihan

Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil hindari stres yang berlebihan, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi ini akan membuat dinding arteri pada jantung menjadi terluka. Adanya hipertensi menjadi pemicu munculnya penyakit kolesterol LDL dan meningkatkan penumpukan plak.

Obat herbal alami dan buah-buahan untuk kesehatan jantung

Tidak hanya obat-obatan yang diberikan dokter saja yang dapat anda konsumsi dalam proses penyembuhan penyakit jantung, tapi juga ramuan alami yang dapat anda buat sendiri dirumah. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki manfaat baik dalam menyembuhkan.

Sedangkan untuk penyembuhan penyakit jantung anda dapat mengkonsumsi ramuan dengan bahan-bahan alami seperti buah alpukat dan ubi jalar. Buah alpukat ini akan memperlambat penyerapan karotenoid seperti betakaroten dan likopen. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol buruk, menaikkan kadar HDL dalam tubuh.

Ubi jalar yang memiliki kandungan zat fitonutrien dapat membantu melancarkan sel tubuh yang sedang mengalami kerusakan, melancarkan sel pada tubuh yang mengalami kerusakan, melamcarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Zat fitonutrien juga dapat menekan gula darah supaya tetap dalam keadaan normal dan kinerja lebih efektif untuk berada jauh dari penyakit jantung.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.