Teknologi saat ini berkembang dengan begitu pesatnya, berbagai penemuan baru telah berhasil diciptakan dan diproduksi secara masal untuk membantu meringankan segala pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang sangat akrab dengan manusia modern adalah komputer atau laptop, namun tanpa disadari kebiasaan menggunakan teknologi ini jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat bisa menganggu kesehatan anda.



Komputer atau laptop merupakan teknologi yang diperuntukkan mempermudah segala kebutuhan komunikasi ataupun membantu menyelesaikan segala pekerjaan bahkan hiburan. Agar kesehatan anda tidak terganggu akibat dari penggunaan komputer atau laptop perlu sekali mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Berikut hal-hal yang harus dilakukan agar kesehatan tetep terjaga walaupun selalu menggunakan teknologi komputer.

Atur Posisi Tubuh Anda Saat Di Depan Komputer

Posisi duduk yang salah bisa menyebabkan rasa pegal yang berlebihan terutama pada bagian pinggang dan juga punggung. Posisi duduk yang benar saat berada di depan komputer adalah leher dan badan dalam keadaan sejajar bukan membungkuk ataupun miring. Jarak antara komputer dengan mata juga perlu diperhatikan, jangan terlalu dekat karena akan menyebabkan mata menjadi cepat lelah.

Sebaiknya monitor diletakkan sejajar dengan mata sehingga akan mempermudah anda untuk berhadapan secara langsung.

Lakukanlah Istirahat Atau Jeda Secara Berkala

Perlu sekali melakukan istirahat atau jeda secara berkala saat anda di depan komputer dalam waktu lama. Misalnya saja istirahatkan tubuh setelah penggunaan komputer setelah 45 menit selama 15 menit.

Gunakan Keyboard Dan Mouse Eksternal

Jika anda sering menggunakan komputer dalam durasi yang cukup lama sebaiknya gunakan meja yang didesain khusus untuk menyambungkan keyboard dan mouse eksternal. Hal ini perlu dilakukan agar posisi tangan anda bisa diatur sedemikan rupa agar tetap nyaman.

Alihkan Pandangan Mata Ke Tempat Lain Setiap Beberapa Saat

Saat menggunakan komputer dalam waktu lama sebaiknya alihkan pandangan mata ke tempat lain untuk memberikan kesempatan pada mata agar tidak tegang. Mengedipkan kelopak mata dengan lebih sering juga perlu dilakukan agar bola mata tidak kering dan menghindari berbagai penyakit mata yang mungkin saja muncul karena terlalu lama berada di depan komputer.

Jaga Pola Makan Dan Penuhi Nutrisi Harian

Penuhi asupan nutrisi harian anda dengan makan makanan yang tinggi serat. Biasanya orang yang sehari-harinya berada di depan komputer dalam waktu lama mengalami penambahan berat badan secara drastis. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur, protein dan buah agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Selain itu pancaran radiasi dari layar komputer juga bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk itu konsumsi minuman dengan kadar oksigen tinggi agar suplai oksigen ke otak tetap terpenuhi.

Lakukan Peregangan Di Sela-Sela Istirahat

Selain mengalihkan perhatian mata ke arah lain, regangkan jari-jemari, leher dan pinggang selama beberapa menit di sela-sela istirahat. Regangkan leher serileks mungkin dan anggukkan kepala beberapa kali. Keluar sebentar dari ruangan kerja perlu dilakukan secara periodik untuk menghirup udara segar sambil memandang tanaman yang berwarna hijau bisa mengembalikan semangat anda.
Olahraga minimal 2 kali dalam seminggu perlu dilakukan untuk mengimbangi kegiatan harian anda yang selalu berada di depan komputer sehingga berat badan tetap terjaga.

Jaga Selalu Kerapian, Kebersihan Dan Juga Ketenangan Ruangan

Ruang kerja yang rapi, bersih dan tenang mampu membuat anda merasa nyaman di dalamnya. Jika anda bekerja dengan suasana tenang maka pikiran akan lebih rileks sehingga beban kerja terasa berkurang.

All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.