Bulan Agustus merupakan bulan dimana di seluruh bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan, tepatnya di tanggal 17 Agustus 2016 nanti. 71 tahun yang lalu kita telah memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945. Ikut dalam memeriahkan kemerdekaan RI, di Malang sebuah Hotel bernama Horison Ultima menyediakan menu andalan yang tak biasa bagi konsumennya.

Jika kebanyakan hotel yang mewah atau restoran-restoran seringkali didominasi dengan menu yang kebarat-baratan,  pada bulan yang khusus ini sebuah hotel di Malang menyediakan menu utama dengan makanan khas kuliner Indonesia sendiri. Menu yang mungkin tidak banyak orang mengenalnya, apa menu khas tersebut?


Rujak Cingur, Menu Makanan Khas Surabaya

Indonesia merupakan Negara dengan banyak wilayah di dalamnya, mulai dari Sabang sampai Merauke. Indonesia merupakan Negara dengan kebudayaan yang sangat beragam, Meski begitu bukan hanya budaya saja yang beragam namun wisata kuliner di masing-masing wilayah juga sangat beragam dan tentunya memiliki rasa yang khas Indonesia.

Di bulan Agustus ini, ada satu hari dimana bangsa Indonesia merayakan sebuah momen yang paling bersejarah yakni momen kemerdekaan Indonesia. Tidak terasa, sejak terlepas dari penjajahan Belanda dan Jepang sudah 71 tahun lamanya Indonesia merdeka. Momen kemerdekaan ini tentunya dirayakan oleh seluruh bangsa Indonesia, dalam berbagai cara yang unik dan beragam.

Di salah satu hotel dengan nama Horison Ultima yang berada di Malang, momen kemerdekaan ini ditandai dengan penyediaan menu khas dari salah satu daerha yang ada di Indonesia. Menu yang diberi nama Rujak Cigur ini merupakan menu khas Surabaya, namun disajikan di hotel Horison Ultima Malang. Mengapa menu khas Surabaya ini disajikan di Horison Ultima Malang?

Alasan utama yang membuat Horison Ultima menyajikan menu makanan Khas Surabaya di Malang, hal ini dikarenakan pihak Horison menginginkan masyarakat yang ada di Malang secara umum dapat mengenal warisan kuliner dari berbagai daerah dan bukan hanya dari daerahnya sendiri. Dengan mengenal warisan kuliner dari berbagai daerah, tentunya masyarakat diingatkan untuk terus melestarikan makanan tradisional yang ada di wilayah Indonesia.

Rujak Cigur dijadikan sebagai menu utama / menu andalan pada bulan Agustus ini, Anda dapat menemukannya di Hotel Ultima Malang. Bagus Sumargono selaku Executive Chef Horison Ultim Malang, beliau menyampaikan bahwa rujak cigur ini berisi dari berbagai bahan khas Indonesia seperti sayuran, lontong, tempe, tahu, cingur, dan juga ada beberapa irisan buah-buahan lokal produk Indonesia.

Biasanya rujak cigur ini dikonsumsi dengan makanan pendamping lainnya, seperti kerupuk. Di hotel Horison Ultima memiliki menu pendamping yang berbeda, sebagai pendamping rujak cigur disediakan pula makanan khas malang dengan nama keripik tempe yang memiliki rasa gurih serta crispy.

Untuk harganya sendiri, rujak cigur ini dibanderol dengan harga yang terjangkau yakni Rp.35.000 saja. Selain menjadikan rujak cigur sebagai menu andalan, Horison ultima Malang dalam rangka HUT RI yang ke 71 ini juga mengadakan lomba untuk menghias tumpeng dengan ukuran mini. Lomba ini diselenggarakan pada tangga 21 Agustus 2016, dengan jumlah anggota dalam kelompok adalah 3 orang. Untuk mengikuti lomba, peserta dikenakan biaya Rp. 50.000.

Acara yang diselenggarakan oleh Horison Ultima Malang ini bekerjasaman dengan Radio Kosmonita dan juga Toeng Market, tentunya pihak panitia mengharapkan agar hasil yang dicapai dapat menguatkan semangat gotong royong serta mencintai budaya negeri Indonesia sendiri. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.