http://www.benhil.net/search/label/Kesehatan
Peredaran darah dalam tubuh manusia merupakan alur penting dalam memberikan asupan dan zat lain yang dbutuhkan bagi tubuh. Di dalam darah akan dialirkan sejumlah oksigen dan mineral penting lainnya. Sistem peredaran darah manusia tersusun atas jantung sebagai pusat peredaran darah, pembuluh-pembuluh darah, dan darah itu sendiri.


Artikel ini disajikan oleh penasehat finansial ynag bergabung dengan perusahaan asuransi kesehatan AXA Mandiri di Jakarta, semoga bermanfaat bagi pengunjung situs berita bisnis BENHILNET.

Kesehatan peredaran darah yang terganggu menyebabkan berbagai penyakit, baik itu ringan hingga menimbulkan risiko meninggal dunia. Gangguan pada peredaran darah misalnya anemia (kekurangan sel darah merah), hipertensi (tekanan darah tinggi), bisa membawa pada kondisi stroke. Dalam mengurangi kemungkinan berbahaya tersebut, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan peredaran darah yang perlu diikuti

Cara 1: Meningkatkan Aktivitas Fisik
• Melakukan gerakan tubuh terus menerus mampu melancarkan peredaran darah Anda. Berjalanlah secara teratur, kurangi penggunaan eskalator maupun lift. Selain itu berjalan-jalan kecil setelah makan dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu sistem pencernaan Anda dalam mengedarkan berbagai nutrisi ke seluruh tubuh. Anjuran yang paling baik lainnya adalah berjalan paling sedikit 30 menit setiap hari.

• Lakukan olahraga dengan rutin. Cobalah untuk berolahraga untuk mendukung kebugaran yang akan meningkatkan sirkulasi darah Anda. Beberapa olahraga yang disarankan adalah latihan kardiovaskular khususnya untuk menjaga kesehatan jantung, seperti berenang, bersepeda, berlari, melakukan permainan olahraga, dll. Selain itu senam aerobik mampu meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah.

• Lakukan pemijatan. Kegiatan pijat memiliki manfaat hampir sama seperti olahraga dalam meningkatkan sirkulasi lokal dengan merangsang aliran darah pada jaringan halus. Banyak penelitian menunjukkan adanya keefektifan pemijatan dalam merangsang penyembuhan.

Cara 2: Membuat Perubahan Gaya Hidup
• Mulai sekarang makanlah makanan sehat dan hindari makanan yang tidak sehat. Makanan bernutrisi yang diperlukan tubuh seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat (misalnya pada minyak ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan). Kurangi makanan yang telah diproses termasuk berbagai makanan cepat saji, makanan dengan gula dan garam yang berlebih, dan makanan dengan lemak yang tidak sehat (lemak jenuh).

• Minum air putih yang cukup sepanjang hari agar organ-organ Anda tidak harus berjuang terlalu keras untuk menghasilkan energi dan menjalankan fungsi utamanya sehari-hari. Anda tidak harus minum berlebihan, namun selalu biasakan untuk langsung minum air ketika Anda haus. Paling baik untuk minum 8-10 gelas per hari, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cobalah untuk minum air hangat, sebab air dingin ternyata mempersempit pembuluh darah Anda.

• Batasi konsumsi kafein. Asupan kafein berlebih bisa mengganggu kelancaran peredaran darah Anda. Jika Anda biasanya minum dua cangkir kopi pada pagi hari, sebagai gantinya minumlah satu cangkir saja dan tambahkan porsi air putih. Cara menjaga kesehatan peredaran darah yang baik lainnya adalah dengan membatasi minuman beralkohol dan minuman manis sejenis. Soda dan minuman yang terlalu manis bisa menyebabkan terganggunya peredaran darah.

• Mandi dengan air hangat atau lakukan perawatan lainnya yang berhubungan dengan suhu panas. Anda bisa melakukan relaksasi dengan berendam di air hangat (tambahkan garam mineral yang baik untuk kesehatan sesuai keinginan Anda) dan bersantailah selama 20 sampai 30 menit. Kegiatan ini dipercaya mampu meningkatkan aliran darah.

Cara 3: Kunjungan dokter berkala
Suatu saat mungkin Anda mengalami tanda-tanda yang menunjukkan peredaran darah tidak lancar seperti: kesemutan pada kaki dan tangan, tangan dan kaki yang bersuhu dingin, kulit berwarna kebiruan, penyembuhan luka yang relatif lama. Menangani hal ini maka Anda perlu membicarakannya dengan dokter tentang kemungkinan meningkatkan sirkulasi darah melalui suplemen.

Cara menjaga kesehatan peredaran darah yang benar harus dimulai sesegera mungkin untuk mengurangi serangan penyakit kronis. Terapkan selalu gaya hidup sehat untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.