SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha dalam meningkatkan posisi di mesin pencari untuk mendapatkan trafik berkualitas dari sebuah Website melalui berbagai teknik, atau kata lainnya SEO adalah strategi yang dapat dilakukan untuk membuat situs mudah ditemukan dalam pencarian di search engine sehingga dapat menghasilkan ranking.  Semakin awal urutan Website yang dihasilkan pada mesin pencari, maka akan semakin banyak pengguna internet berkunjung ke situs tersebut. Artikel ini disajikan bagi pengunjung BENHIL berita bisnis Indonesia untuk memahami teknik dasar SEO untuk pemula.

Teknik Dasar SEO Untuk Pemula

Pada dasarnya teknik SEO dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu teknik On Page SEO dan teknik Off Page SEO. Teknik On Page SEO yaitu yang selalu dilakukan dari dalam Website seperti memaksimalkan kata kunci dan deskripsi supaya lebih mudah diraba mesin pencari atau search engine. Sedangkan teknik offpage menggunakan pemanfaatan ruang diluar Website. Teknik ini sangat efektif untuk mendongkrak popularitas sebuah Website.

Memahami Teknik Dasar SEO On Page dan Off Page

Teknik SEO On Page

On Page SEO bertujuan supaya mesin pencari memahami dan mengenali Website apakah memang relevan dengan yang dicari oleh pengguna internet dan benar-benar mempunyai kualitas terbaik. Oleh sebab itu, kunci dari suksesnya On Page SEO ada 2 hal yaitu, relevansi dan kualitas. Jika tidak memenuhi keduanya, sangat sulit untuk mendapatkan peringkat satu ataupun 10 besar di mesin pencari. Inti dari On Page SEO sangat sederhana, yaitu:
  • Bermanfaat bagi pengunjung, dan relevan dengan apa yang mereka cari
  • Memudahkan pengunjung Blog atau Website dalam melakukan eksplorasi
  • Buatlah pengunjung Blog atau Website merasa betah
  • Usahakan mesin pencari memahami struktur dari Website

Teknik SEO Off Page

Mengoptimasi Website dari dalam atau SEO on page saja tidak cukup untuk bisa mendapatkan peringkat pencarian di mesin pencari. Terutama untuk Website yang belum punya pengunjung tetap atau situs Web baru, kecuali jika kata kunci yang dibidik memiliki tingkat persaingan yang rendah. Oleh karena itu, off page SEO dibutuhkan untuk mendongkrak peringkat Website.

Mesin pencari mempunyai sebuah bot yang bertugas melakukan crawling di internet. Search engine bot bergerak dari semua Website melalui link yang terdapat di setiap halaman dari Website tersebut. Dari keseluruhan data yang dikumpulkan search engine bot, maka disusunlah index serta urutan dari peringkat Website. Karena search engine bot menggunakan link untuk navigasinya, maka Website yang mempunyai link dari luar bisa mendapatkan prioritas yang tinggi. Semakin tinggi kualitas pranala (link) dan semakin banyak banyak maka semakin bagus juga peringkat dari Website tersebut. Hal inilah yang menyebabkan mengapa back link dari Website lain memegang peranan yang sangat penting dalam mengoptimasi Website dan itu sebabnya situs bisnis cenderung bekerjasama dengan agency atau ahli SEO, profesional dibidangnya.

Link building sebagai penunjang konten Website harus mempunyai konten yang unik dan berkualitas, tanpa mempunyai konten yang berkualitas, sebaiknya jangan melakukan link-building. Selain percuma, malahan hasilnya bisa berupa penalty dari Google atau dari mesin pencari lainnya. Proses link building yang benar bukan melalui spamming atau penggunaan software otomatis, akan tetapi biasanya berhubungan dengan pemasaran atau content marketing. Adapun bentuk back link yang sangat tidak disukai mesin pencari adalah sebagai berikut:
  • Bertukar link
  • Membeli link dan menggunakan jasa back link
  • Komentar di Blog dan Forum
  • Auto-approve link
  • Menggunakan software bot
  • Private Blog network
  • Spam, dalam cara apapun tidak dapat memberikan manfaat yang positif untuk Website
Link yang kita dapatkan dengan cara dan teknik seperti di atas hanya akan memberikan kualitas yang rendah. Terkadang Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimum dengan menggunakan teknik diatas, Website bisa saja berperingkat tinggi tetapi biasanya hanya jangka pendek saja, dan efek terpahitnya terkena penalti Google. Gunakanlah back link yang berkualitas dan se-natural mungkin untuk mendapatkan efek positif pada Website.

Bagi pemilik situs bisnis, sebaiknya menggunakan penyedia jasa SEO profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimum, Master SEO Indonesia mampu melakukan itu dengan baik. Sebaiknya hindari menggunakan penyedia jasa SEO abal-abal denga harga murah meriah, atau yang menawarkannya melalui forum forum seperti jasa SEO Kaskus atau bahkan yang mengiklankan layanannya melalui Google AdWords, sementara Website mereka sendiri sulit ditemukan di situs pencari. Ajak mereka diskusi dan mintakan portfolio yang mampu bersaing pada niche yang menjadi saingan utama pada halaman pencarian Google, Bing atau Yahoo.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.