Internet marketing adalah metode pemasaran produk barang atau jasa dengan memanfaatkan internet. Mereka yang bekerja pada passion ini disebut internet marketer. Agar dapat dijalankan dengan baik bukanlah hal sulit, namun untuk dapat sukses bisa dibilang tidak mudah, biasanya tergantung dari usaha dan niat yang sungguh sungguh. Dibutuhkan pengetahuan yang cukup, belajar dari cara sukses pelaku atau para profesional.

Internet Marketing

Dengan semakin pesatnya perkembangan internet saat ini, belajar pemasaran online atau internet marketing bukanlah hal yang sulit didapat, bahkan bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Literatur dan pelatihan tentang itu cukup banyak untuk dapat diakses. Memanfaatkan internet untuk belajar hingga mampu memasarkan produk juga hanya membutuhkan sedikit biaya, sehingga modal yang dikeluarkan juga tidak sebesar apabila berbisnis pada dunia nyata.

Untuk menjadi seorang internet marketer yang sukses kita dituntut untuk selalu belajar dan bekerja dengan cerdas, agar kita tidak ketinggalan informasi terbaru dan bisa dijadikan sebagai referensi dalam berbisnis secara online, sehingga waktu dan tenaga yang kita keluarkan dalam menerapkan ilmu internet marketing tidak terbuang sia-sia. Bagi pemula dan baru terjun dalam dunia internet marketing, ada beberapa senjata wajib agar usaha bisa memberikan penghasilan sesuai dengan rencara:

1. E-mail
Email merupakan senjata utama seorang internet marketer sebagai media komunikasi, wajib dimiliki. Melalui email, kita dapat melakukan promosi gratis, mengirimkan pesan email dan hal penting lainnya yang masih berhubungan dengan kelangsungan bisnis, dikenal dengan email marketing. Cara menjalankannya beragam, bisa secara otomatis, atau dilakukan manual (konvensional).

2. Social Media
Social media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lainnya sering digunakan oleh para internet marketer untuk menjangkau  pasar yang lebih luas, karena di dalam Social Media kita dapat menemukan pasar potensial dengan berbagai minat dan ketertarikan yang dapat dimanfaatkan untuk bisa memperoleh penghasilan. Para profesional melakukannya dengan memasang iklan resmi di Facebook dan Twitter dengan target yang dapat dirancang sedemikian rupa.

3. Website atau Blog
Website atau blog dapat diibaratkan sebagai toko virtual untuk para pemasar online. Apabila dalam bisnis di dunia nyata calon pelanggan baru melakukan pembelian setelah mendatangi toko fisik, berbisnis di internet pelanggan dapat melakukan kontak atau hubungan setelah mereka mengunjungi Website atau Blog bisnis. Agar dapat menarik pelanggan untuk datang ke Website maupun Blog pemilik situs harus membuatnya semenarik mungkin serta mengoptimasinya dengan Search Engine Optimazion (SEO) agar mudah ditemukan melalui situs pencari hingga mampu mengalahkan situs yang telah eksis sebelumnya. Ada baiknya memahami teknik dasar SEO untuk pemula, atau cari Master SEO Indonesia untuk mengalahkan pesaing tangguh.

4. Niat Jelas
Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang internet marketer, sebaiknya memikirkannya dengan matang, apabila diawali niat setengah-stengah, hasil yang didapat juga tidak akan maksimal. Oleh karena itu agar dapat sukses, harus diawali dengan niat yang jelas, fokus, terencana dengan baik dan memahami dunia pemasaran online dengan baik.

5. Konsistensi
Konsistensi, semangat dan pantang menyerah merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang internet marketer untuk bisa mencapai kesuksesan. Konsisten dimaksudkan agar ritme kerja dapat selalu terjaga dengan baik, mampu menghindari rasa bosan dan jenuh, ciptakan tantangan yang sejalan dengan usaha yang sedang dilakoni, kalahkan pesaingmu.

6. Mencintai  Pekerjaan
Dengan menjadikan segala kegiatan dalam internet marketing sebagai sebuah ketertarikan diri selayaknya hobi, maka secara tidak langsung anda akan mencintai pekerjaan ini. apabila hal ini telah dapat dilakukan dengan baik, jangan sampai terjebak di zona nyaman, jangan terlena, tetaplah berkreasi.

7. Terus Belajar
Seorang internet marketer juga termasuk seorang entrepreneur, sehingga kita dituntut untuk selalu belajar dan mengikuti perkembangan terbaru, agar dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang dapat menunjang bisnis. Banyak sumber informasi yang bisa dipelajari mulai dari tips belajar internet untuk pemula hingga tingkat mahir

8. Sekarang atau Tidak
Apabila anda mengalami kegagalan maka pilihannya hanya ada 2, yaitu memulai dari awal atau tidak sama sekali. Kegagalan dalam suatu bisnis merupakan hal wajar, yang penting harus tetap bisa bangkit kembali. Belajar dengan baik, jeli dan tepat sasaran serta konsisten adalah kunci sukses.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.