Revitalisasi Pasar Bendungan Hilir Jakarta


Salah satu unit usaha milik Perusahaan Daerah DKI dikenal dengan nama PD Pasar Jaya di Jakarta Pusat Pasar Benhil terletak di Kecamatan Tanah Abang didirikan di era Soeharto tahun 1974. Saat ini diapit oleh gedung gedung pencakar langit diantara Jl. Jend Sudirman, Gatot Subroto. Pasar rakyat yang dikelola Pemda DKI dengan cara konvensional, mirip di berbagai daerah di Indonesia, terkesan kumuh, faslitas yang minim, cenderung kotor, sanitari jelek, 


Pedagang yang melakukan bisnis disana cenderung dianggap menjajakan harga produk yang dijual relatif murah, bila dibandingkan dengan mal dan pusat niaga lainnya yang banyak di beberapa wilayah ibukota. Kondisi yang cukup parah ini, semakin mendorong Pemerintah Daerah Khusus Ibukota, Jakarta melaksanakan rencara revitalisasi Pasar Benhil, yang akan dikerjakan oleh pengembang PT Kurnia Realty Jaya

Pasar
 Pasar Benhil - Antara
"Kondisi pasar tradisional itu (Pasar Benhil) saat ini sudah cukup parah. Maka, kita ada rencana untuk merenovasinya. Tentu pekerjaan ini akan berada di bawah koordinasi PD Pasar Jaya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2013.
Modernisasi Pasar Benhil sudah dimulai, walau ada pro dan kontra diantara pedagang yang telah berusaha di sana selama puluhan tahun, termasuk salah satu toko yang sangat terkenal di kalangan fotografer bursa kamera profesional. Tidak ada pilihan, program kerja dan kesepakatan telah ditanda tangani, Gubernur Jakarta, Joko Widodo mempersiapkan anggaran sebesar 1 Trilyun rupiah untuk menyulap pasar tradisonal ini menjadi pasar modern terpada pada proyek Benhil Central. Membangun hotel dan perkantoran 40 tingkat diatasnya dan menjadi salah satu pusat transit MRT di Jakarta. Pemda DKI membangun terowongan serta fasilitas umum yang manusiwi, akan dikerjakan mulai 2014 secara bertahap hingga rampung total 4 tahun kemudian.

Slah seorang warga jakarta yang sering berkunjung kesana, melakukan aktifitas sebagai pengusaha bengkel las dengan spesialis kanopi mengatakan revitalisasi tersebut akan memberi potensi akan terjadi pergeseran besar besaran dari pemukiman menjadi pusat bisnis. Lokasi yang sangat strategis menjadi inceran pebisnis properti untuk melakukan investasi. Bila terjadi penggusuran, kedua belah pihak cenderung merasa beruntung, harga tanah yang sangat tinggi tentu dapat dimanfaatkan pemilik lahan untuk mendapatkan kapital.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.